√ 9 Pengertian Aktualisasi Diri Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 9 Pengertian Aktualisasi Diri Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Aktualisasi Diri.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Aktualisasi Diri? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 9 Pengertian Aktualisasi Diri Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 9 Pengertian Aktualisasi Diri Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Aktualisasi Diri Menurut Para Ahli

 

1. Chaplin

Aktualisasi diri ialah suatu kecenderungan untuk mengembangkan bakat dan kapasitas diri sendiri atau disebut self realization, pemenuhan atau penyelesaian potensialitas individu sendiri, seperti aktualisasi dari bakat, kecerdasan, ketangkasan sendiri dan seterusnya.

 

2. Maslow

Aktualisasi diri yaitu salah satu penggunaan dan pemanfaatan secara penuh bakat, kapasitas-kapasitas, potensi-potensi yang dimiliki oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan diri tersebut.

 

3. Schultz

Aktualisasi diri merupakan sebuah kebutuhan individu untuk mewujudkan dirinya sebagai apa yang ada dalam kemampuannya atau kebutuhan individu untuk menjadi apa saja menurut potensi yang dimilikinya.

 

4. Ritandiyono dan Retnaningsih

Aktualisasi diri yakni berbagai proses menjadi diri sendiri dan mengembangkan sifat-sifat dan potensi psikologis yang unik.

Aktualisasi diri akan berubah sejalan dengan perkembangan hidup seseorang. Ketika mencapai usia tertentu seseorang akan mengalami pergeseran aktualisasi diri dari fisiologis ke psikologis.

 

5. Robbins dan Coulter

Aktualisasi diri adalah semua kebutuhan seseorang untuk mampu menjadi apa yg diinginkan sesuai dengan potensi yg dimiliki. Misalnya seorang musisi harus bermain musik, seorang profesor harus mengajar, dan sebagainya. Maslow mengatakan bahwa “What a man can be, he must be”.

 

6. Patioran

Aktualisasi diri sebagai sebuah proses menjadi diri sendiri dan mengembangkan bakat, sifat-sifat dan potensi- potensi psikologis yg unik.

Baca Juga :  √ Hemoglobin (Hb) : Pengertian, Fungsi, Penyebab dan Struktur Terlengkap

 

7. Perfilyeva

Aktualisasi diri yaitu semua proses implementasi seorang individu dari minat, kreativitas, keinginan untuk berkembang, kemampuan untuk bertanggung jawab dan kemandirian.

 

8. Omifolaji

Aktualisasi diri merupakan salah satu proses usaha seseorang dalam mengaktualisasikan potensi, kemampuan, dan bakat yang dimilikinya.

 

9. Jerome

Aktualisasi diri yakni sebuah tahapan dalam pencapaian oleh seorang manusia terhadap apa yg mulai disadarinya ada dalam dirinya.

 


Cara Mengembangkan Aktualisasi Diri

 

1. Mengenali Potensi dan Bakat Unik yang Ada Dalam Diri

Jangan pernah menyembunyikan bakat karena bakat diciptakan untuk digunakan. Oleh karena itu kita harus dan wajib mengenali bakat dan potensi unik yang ada dalam diri.

Ia adalah anugerah Tuhan yang tidak ternilai. Yakinilah masing-masing kita terlahir dengan bakat dan potensi yang luar biasa. Tugas kitalah untuk memahami, mendeteksi dan mengenali bakat dan potensi apa sajakah yang kita miliki.

 

2. Mengasah Kemampuan Unik Setiap Hari

Orang sukses ialah seseorang yang senantiasa mengasah kemampuan unik yang ada dalam dirinya, yang membedakan dirinya dengan orang-orang lainnya.

Tidak perlu malu, kemampuan sekecil apapun yang anda miliki sekarang adalah modal untuk menciptakan kesuksesan di masa depan.

Petuah bijak mengatakan Lakukanlah hal-hal kecil yang tidak anda sukai dengan disiplin tinggi, sehingga kelak dapat menikmati hal-hal besar yang sangat disukai.

 

3. Buat Diri Menjadi Berbeda

Kita semua terlahir berbeda dan diciptakan untuk membuat perbedaan hidup. Yakinilah anda adalah maha karya Tuhan yang luar biasa. Anda adalah tambang emas dan berlian yang tidak ternilai harganya.

Maka buatlah diri berharga dengan menjadi yang berbeda dan bukan asal beda, tetapi harus unik. Berikanlah perbedaan besar dalam hidup sehingga hidup anda merupakan berkah dan anugerah bagi orang lain.

Baca Juga :  √ NPWP : Pengertian, Fungsi, Syarat dan Arti Kode Terlengkap

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 9 Pengertian Aktualisasi Diri Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :