√ Benua Australia : Pengertian, Asal Mula dan Karakteristik Terlengkap

Diposting pada

√ Benua Australia : Pengertian, Asal Mula dan Karakteristik Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Benua Australia.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Benua Australia? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Benua Australia : Pengertian, Asal Mula dan Karakteristik Terlengkap
√ Benua Australia : Pengertian, Asal Mula dan Karakteristik Terlengkap

 


Pengertian Benua Australia

Benua Australia merupakan salah satu benua terkecil di dunia karena hanya memiliki satu negara saja yakni negara australia. Negara ini memiliki luas 7.683.300 km dengan letak astronomi pada 113° BT – 154° BT dan 10° LS – 44° LS.

Australia ibu kotanya Canberra tetapi memiliki Kota terbesar Sydney. Australia mengunakan Bahasa resmi Inggris hal ini dikarenakan Australia merupakan salah satu negara persemakmuran Inggris (Commonwelth).

 


Asal Mula Benua Australia

Salah satu benua yang ada dibelahan bumi ini yaitu benua Australia. Australia ini merupakan benua yang terakhir kali ditemukan di belahan bumi selatan dan merupakan benua yang terkecil.

Penemuan benua Australia di dasarkan pada pendapat yang disampaikan oleh Ptolomeous yang telah menyebut adanya Terra Australis Incognita. Artinya adalah daratan selatan yang belum dikenal.

Kemudian, pendapat yang disampaikan oleh Ptolomeous ini direspon oleh seorang pelaut dari Eropa.

Pelaut Eropa tersebut sedang berpetualang mencari daratan atau benua di benua selatan tersebut, dan sekaligus penemu benua Australia.

Benua ini ditemukan oleh James Cook. James Cook merupakan seorang laki – laki berkebangsaan Inggris, dan telah menemukan benua Australia pada tahun 1770. Kala itu, James Cook sedang singgah di benua Australia.

Baca Juga :  √ 25 Pengertian Kearifan Lokal Menurut Para Ahli Terlengkap

James Cook yang semula tidak berminat pada benua ini, dia hanya menjadikan benua Australia sebagai tempat pengasingan narapidana dari Inggris.

Namun kondisi tersebut berubah. Ketika James Cook menemukan tambang emas pada tahun 1850. Banyak orang – orang Inggris yang mulai berdatangan ke Australia.

Mereka bahkan melakukan tindakan kekerasan. Mereka merebut wilayah – wilayah milik penduduk pribumi dengan menggunakan kekerasan.

Kemudian, pada tahun 1844, Abel Tasman merupakan orang Belanda singgah di Pulau Tasmania. Pada saat itu kondisi Australia masih sangat primitif. Namun, memiliki kekayaan alam yang luar biasa.

Kekayaan alam yang luar biasa menjadikan Australia dan Tasmania dijadikan sebagai kerajaan Inggris. Namun, karena orang – orang Inggris itu pula, kondisi Australia menjadi berubah.

Pada tahun 1901, orang – orang Inggris mulai membentuk pemerintahan sendiri di Australia. Australia sebenarnya merupakan negara yang merdeka, namun tetap mempunyai hubungan yang khusus dengan kerajaan Inggris.

Karena memiliki hubungan dengan Inggris. Maka, menempatkan Australia sebagai wilayah kekuasaan kerajaan Inggris. Ratu inggris berperan sebagai kepala negara di Australia.

Sedangkan, untuk menjalankan pemerintahan yang ada di Australia dalam kehidupan sehari – hari, maka dipilih seorang perdana menteri. Perdana menteri dipilih melalui pemilu.

Kemudian, badan legislatif atau perwakilan rakyat dipegang oleh parlemen. Penjelasan di atas memberikan gambaran tentang asal usul ditemukannya benua Australia.

Benua yang ditemukan oleh pelaut dari Inggris ini merupakan benua yang terkecil di dunia dan sekaligus merupakan negara persemakmuran atau commontwealth of australia.

Lebih lanjut, pembahasan di bawah ini akan memberikan pemaparan tentang luas wilayah dan batas wilayah yang dimiliki oleh benua Australia.

 


Batas Benua Australia

  • Sebelah Utara berbatasan dengan Indonesia, Timor Leste, laut Arafuru, dan Papua Nugini.
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik, Laut Koral, Laut Tasman, dan Selandia Baru.
  • Sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Hindia
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Selandia Baru
Baca Juga :  √ Mineral : Pengertian, Fungsi, Klasifikasi dan Jenis Terlengkap

 


Karakteristik Benua Australia

 

1. Bentang Alam Benua Australia

  • Pada bagian timur memiliki jajaran pegunungan yang membentang dari Tanjung York di utara hingga Pulau Tasmania. Pegunungan ini di sebut dengan Great Dividing Range. Selain itu di sekitarnya terdapat beberapa pegunungan seperti Pegunungan New England Range dan Pegunungan Alpen. Memiliki titik tertinggi yakni di bagian Gunung Kosciusco dengan ketinggian sekitar 2.230 m di bagian selatan.
  • Pada bagian barat terdapat wilayah dataran tinggi dengan julukan Perisai Australia. Di bagian ini lebih dominan gurun seperti Victoria dan Gurun Gibson. Adapun pegunungan seperti Pegunungan Macdonnel dan Pegunungan Musgrave.
  • Di bagian timur dan barat terdapat lembah Murray Darling dan dataran rendah Danau Eyre
  • Di bagian timur laut terdapat batu karang dan pulau kecil yakni Great Barrier Reef ynag biasanya di jadikan objek wisata.

 

2. Iklim Benua Australia

  • Iklim Subtropis yang dapat ditemui di wilayah Australia bagian selatan.
  • Iklim Tropis yang dapat ditemui di wilayah Australia bagian utara.
  • Iklim Gurun yang dapat ditemui di daerah – daerah gurun yang terdapat di benua Australia.
  • Iklim Laut Sedang yang dapat ditemui di wilayah bagian selatan Victoria dan Tasmania.

 

3. Sosial Budaya Benua Australia

 

Penduduk Asli Australia

  • Bangsa yang ada di autralia ialah bangsa aborigin. Umumnya bangsa ini terdesak oleh para pendatang sehingga 80% tinggal di kota.

 

Agama Penduduk Australia Mayoritas

  • Agama di benua ini adala agama kristen seperti Anglikan, Katolik Roma, Ortodoks dan lain sebagainya.

 

Bahasa Resmi

  • Penggunaan bahasa resmi negara ini adalah bahasa inggris yakni american dan bristish dengan perbedaan dari segi aksen dan lafalnya.
Baca Juga :  √ Sepak Bola : Pengertian, Sejarah, Teknik Dasar, Peraturan & Formasinya Lengkap

 

4. Perekonomian Benua Australia

  • Memiliki hasil pertanian dominan seperti yaitu gandum, kapas, oat, sorghum, buah-buahan, dan sebagainya.
  • Memiliki hasil peternakan seperti domba, biribiri, dan hewan ternak besar lainnya
  • Berubah dari agraris menjadi industr karea banyak penemuan mengenai tambang dan cadangna energi. Beberapa hasil tambangnya seperti emas, intan, tembaga, bijih besi, minyak bumi, nikel, dan bauksit.
  • Memiliki hasil industri seperti mesin berat, tekstil, elektronika, mobil, dan kapal.

 


Ciri – Ciri Benua Australia

  • Australia merupakan negara benua, artinya hanya ada satu negara di Benua Australia, yaitu negara Australia.
  • Benua Australia memiliki gugusan terumbu karang terluas di perairan sebelah Timurnya yang dikenal dengan sebutan The Great Barrier Reef.
  • Benua Australia memiliki batuan monolith terbesar, yaitu Ayer’s Rock dengan tinggi 348 m dan panjang 31 km.
  • Benua Australia sebagian besar wilayahnya berupa kawasan gurun.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Benua Australia : Pengertian, Asal Mula dan Karakteristik Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :