√ Download : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara Kerja dan Software Terlengkap

Diposting pada

√ Download : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara Kerja dan Software Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Download.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Download? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Download : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara Kerja dan Software Terlengkap

 


Pengertian Download

Download atau pengunduhan merupakan salah satu kegiatan untuk dapat menerima sebuah data dari sistem yang jauh seperti server web , server, FTP, server email ataupun sistem serupa lainnya.

 


Tujuan Download

  • Memudahkan untuk mendapatkan sebuah data dari pihak lain.
  • Dapat menghemat waktu dan tenaga.
  • Untuk mempermudah pekerjaan kita dalam bertukar data dari komputer klien satu dengan lainnya.
  • Mencari atau menerima file yang diinginkan untuk digunakan sebagai mana mestinya.

 


Fungsi Download

  • Dapat memperoleh informasi yang kita butuhkan.
  • Mendapatkan berbagai data untuk keperluan.
  • Mempermudah dalam mencari informasi.

 


Sistem dan Cara Kerja Download

Kegiatan download itu dapat dijalankan dengan jalan mentransfer file yang ada di komputer lain dengan menggunakan jaringan internet.

Oleh sebab itu, etika seorang pengguna komputer ingin mendownload data tersebut dari halaman web seseorang, maka jadi orang tersebut setidaknya harus melalui langkah berikut ini diantaranya ialah :

Terhubung ke jaringan internet – Buka halaman website – Menuju ke halaman cloud storage – Proses pengunduhan akan melalui jaringan internet.

 

Baca Juga :  √ Topologi Star : Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

Software Downloader

  • Internet Download Manager – Merupakan suatu software downloader premium yang telah terbukti dapat menstabilkan proses download yang sedang berlangsung pada suatu perangkat komputer. Salah satu kelebihan IDM dibandingkan dengan downloader lainnya adalah fitur pengunduh video dari situs populer Youtube.
  • BitTorrent – Yaitu salah satu software downloader khusus yang hanya dapat digunakan untuk mengunduh file – file berekstensi torrent. Jika dibandingkan dengan downloader lainnya, BitTorrent cenderung jauh lebih aman dari sisi kemungkinan terjadinya kerusakan data. Meskipun begitu, proses pengunduhan dengan menggunakan software BitTorrent biasanya cenderung jauh lebih lama dibandingkan dengan proses pengunduhan dengan software downloader lainnya.
  • Orbit Downloader – Yakni sebuah software downloader yang sangat mirip dengan sistem kerja Internet Download Manager. Bedanya software Orbit Downloader memiliki kelebihan berupa kestabilan download dan juga dapat diunduh secara gratis.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Download : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Cara Kerja dan Software Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :