√ 15 Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 15 Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Geografi Sosial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Geografi Sosial? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 15 Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 15 Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli

 

1. Buttimer

Geografi sosial ialah sebuah studi pola keruangan serta hubungan fungsional kelompok masyarakat dalam konteks lingkungan sosial mereka, struktur internal serta eksternal dari kegiatan penduduk beserta berbagai jalur komunikasinya.

 

2. Johnston et al.

Geografi sosial sebagai suatu studi tentang relasi sosial dan struktur keruangan. Kajian ini menempatkan manusia sebagai pokok kajian (meliputi aspek kependudukan, ekonomi, politik dan sosial budaya).

 

3. Jones

Geografi Sosial adalah salah satu ilmu yang bertugas mengetahui pola-pola yang timbul dari kelompok masyarakat yang memanfaatkan ruang, dan mengetahui proses pembentukan dan proses perubahan pola-pola tersebut.

 

4. Bintarto

Geografi sosial yaitu berbagai ilmu yang mempelajari antara hubungan serta pengaruh timbal balik antara penduduk dengan keadaan alam demi kemakmuran serta kesejahteraan.

 

5. Nursid Sumaadmadja

Geografi Sosial yakni semua cabang geografi manusia yang bidang studinya aspek keruangan yang karakterisik dari penduduk, organisasi, organisasi sosial, dan unsur kebudayaan serta kemasyarakatan.

 

6. Watson

Geografi Sosial sebagai sebuah identifikasi daerah atau region yang berdasarkan himpunan gejala sosial hubungannya dengan lingkungan secara keseluruhan.

 

7. Eyless

Geografi sosial sebagai berbagai analisis pola dan proses sosial yang timbul dari persebaran dan keterjangkauan sumber daya yang langka.

 

8. Gregory & Urry

Geografi sosial memperhatikan analisa spatial dalam menganalisa permasalahan sosial.

Baca Juga :  √ Ruang Lingkup Geografi : Pengertian, Macam & Penjelasannya Lengkap

Geografi sosial memperhatikan pentingnya ruang sebagai tempat kehidupan dan interaksi sosial, struktur sosial serta relasi sosial.

 

9. Phal

Geografi Sosial merupakan salah satu ilmu studi tentang pola dan proses sosial penduduk dalam ruang tertentu.

 

10. Harvey & Soja

Geografi sosial memperhatikan aspek ruang dalam teori sosial. Kajian ini menjadi ciri studi geografi modernism dan postmodernism.

 

11. Maurice Le Lannou

Geografi sosial yakni berbagai kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi.

 

12. Preston e James

Geografi sosial yaitu sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan karena banyak bidang ilmu pengetahuan selalu mulai dari keadaan muka bumi untuk beralih pada studinya masing-masing.

 

13. Ullman

Geografi sosial merupakan salah satu interaksi antar ruang.

 

14. Paul Claval

Geografi sosial ialah beberapa gejala – gejala dari segi hubungan keruangan.

 

15. Wikipedia

Geografi sosial adalah sebuah cabang geografi yang memelajari fenomena sosial yang berkaitan dengan geografi dan sosiologi.

 


Contoh Geografi Sosial

  • Membahas mengenai berbagai hal yang berkenaan dengan unsur tradisi, adat-istiadat, komunitas, kelompok masyarakat dan lembaga-lembaga sosial.
  • Membahas mengenai sesuatu hal mengenai dengan unsur pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, industri, perdagangan, transportasi dan pasar
  • Membahas hal tentang sebuah unsur pendidikan, agama, bahasa dan kesenian.
  • Membahas dari beberapa unsur kepemerintahan yang terjadi dalam kehidupan di masyarakat.
  • Mempelajari tentang lanskap atau bentang lahan manusia (budaya), misalnya komponen-komponen buatan manusia seperti jalan, saluran air, permukiman, pusat kegiatan, dan bangunan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 15 Pengertian Geografi Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga :  √ Geografi Sosial : Pengertian, Ciri, Ruang Lingkup, Unsur, Fungsi dan Konsep Terlengkap

 

Baca Juga Artikel :