√ 18 Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 18 Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Hipotesis.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Hipotesis? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 18 Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 18 Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli

 

1. William Zikmund

Hipotesis yaitu sebuah premis atau asumsi yang belum benar dan masih bersifat tentatif menggambarkan fakta ataupun fenomena serta jawaban yang memungkinkan atas pertanyaan-pertanyaan suatu riset penelitian.

 

2. Suharsimi Arikunto

Hipotesis yakni salah satu jawaban yang bersifat sementara terhadap suatu permasalahan penelitian sampai terbukti melalui data-data yang terkumpul.

 

3. C.R Kothari

Hipotesis ialah suatu statement prediksi yang menghubungkan independent variable terhadap dependent variable. Biasanya research hypothesis berisi minimal satu independent variable dan satu dependent variable.

 

4. Piergiorgio Corbetta

Hipotesis merupakan berbagai proporsi yang menunjukkan hubungan di antara dua atau lebih konsep atau interkoneksi di antara konsep.

 

5. Fred N. Kerlinger

Hipotesis adalah semua afirmasi berupa dugaan hubungan dua variabel atau lebih.

 

6. Prof. Dr. S. Nasution

Hipotesis merupakan segala perkiraan mengenai apa yang kita amati dalam upaya untuk kita pahami.

 

7. Erwan Agus Purwanto dan Diah Ratih Sulistyastuti

Hipotesis ialah suatu dugaan sementara terhadap masalah penelitian yang kebenarannya perlu untuk diuji secara empiris.

 

8. Mundilarso

Hipotesis adalah salah satu pernyataan yang kebenarannya masih lemah dan perlu untuk diuji lagi dengan teknik tertentu.

Baca Juga :  √ Hipotesis : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis, Syarat dan Contoh Terlengkap

 

9. Sugiyono

Hipotesis yakni berbagai jawaban sementara terhadap rumusan masalah penelitian, dimana rumusan masalah penelitian telah dinyatakan dalam bentuk pertanyaan. Hipotesis dikatakan sementara karena jawaban yang diberikan baru didasarkan pada teori.

 

10. Margono

Hipotesis yaitu semua pendapat atau kesimpulan yang sifatnya masih sementara. Hipotesis merupakan suatu kemungkinan jawaban dari masalah yang diajukan.

 

11. Suryabrata

Hipotesis ialah sebuah deduksi dari teori ilmiah (pada penelitian kuantitatif) dan kesimpulan sementara sebagai hasil observasi untuk menghasilkan teori baru (pada penelitian kualitatif).

 

12. Dantes

Hipotesis sebagai praduga atau asumsi yang harus diuji melalui data atau fakta yang diperoleh dengan jalan penelitian.

 

13. Sudjana

Hipotesis adalah semua asumsi atau dugaan sementara mengenai suatu hal yang dibuat untuk menjelaskan suatu hal yang sering dituntut untuk melakukan pengecekan.

 

14. Good dan Scates

Hipotesis merupakan berbagai taksiran atau referensi yang dirumuskan dan diterima hanya untuk sementara serta dapat menerangkan fakta-fakta ataupun kondisi-kondisi yang diamati dan digunakan sebagai petunjuk untuk langkah-langkah selanjutnya.

 

15. Muri Yusuf

Hipotesis sebagai kesimpulan sementara yang belum final atau suatu jawaban yang sifatnya sementara dan merupakan konstruk peneliti terhadap masalah penelitian, yang menyatakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Kebenaran dugaan tersebut harus dibuktikan dengan cara penyelidikan ilmiah.

 

16. Bruce W. Tuckman

Hipotesis yaitu segala ekspektasi tentang berdasarkan generalisasi dari hubungan yang diasumsikan antara variabel.

 

17. Best, John W, Kahn dan James V

Hipotesis yakni suatu pernyataan afirmatif formal yang memprediksi hasil penelitian tunggal, penjelasan sementara atau hubungan antara dua atau lebih variabel.

 

18. Nanang Martono

Hipotesis ialah semua jawaban sementara yang kebenarannya harus diuji atau rangkuman kesimpulan secara teoritis yang diperoleh melalui tinjauan pustaka.

Baca Juga :  √ Wayang Orang : Pengertian, Ciri, Unsur, Tujuan dan Fungsi Terlengkap

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 18 Pengertian Hipotesis Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :