√ Merchandise : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ Merchandise : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Merchandise.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Merchandise? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Merchandise : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh Terlengkap
√ Merchandise : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh Terlengkap

 


Pengertian Merchandise

Merchandise merupakan salah satu bentuk media promosi yang menampilkan sebuah logo atau merek dari sebuah perusahaan yang digunakan sebagai media promosi pada umumnya pernak-pernik yang sering dijumpai dan dipakai oleh banyak orang diberbagai kesempatan.

 


Tujuan Merchandise

  • Menyebarkan informasi produk kepada target pasar potensial
  • Untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit/laba
  • Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetiaan pelanggan
  • Untuk menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi lesu pasar
  • Membedakan serta mengunggulkan produk dibanding produk pesaing
  • Membentuk citra produk di mata konsumen sesuai dengan yang diinginkan.
  • Mengubah tingkah laku dan pendapat konsumen.

 


Fungsi Merchandise

  • Sebagai Branding Produk Atau Perusahaan. Sebagai contoh adalah jam meja promosi, cangkir promosi yang disablon dengan logo perusahaan. Ketika pelangga meletakkan di meja atau menggunakannya untuk minum akan bisa mengingatkan perusahaan yang memberikan barang promosi tersebut. Agar lebih menarik selain logo yang ditampilkan, maka motto perusahaan juga harus ditulis agar konsumen selalu ingat kepada perusahaan.
  • Sebagai tanda terima kasih atas kehadiran dalam momen atau event tertentu. Biasanya ini dilakukan ketika sebuah perusahaan mengadakan sebuah acara, untuk membuat terkesan dihati para tamu atau konsumen maka digunakanlah merchandise berupa topi, kotak tisu atau bolpoin yang setiap hari digunakan.
  • Sebagai penarik atau magnet agar orang mau berkumpul dan mampir ke stand pameran/boot yang sedang dibuka. Ini biasanya dilakukan di sebuah pusat keramaian seperti mall, seminar, pengobatan, hingga pameran dan lainnya.
  • Sebagai media pembeda dengan perusahaan lain. Untuk meningkatkan kepercayaan konsumen, perusahaan berusaha membuat mind brand atau memasukkan brand didalam hati konsumen melalui merchandise. Biasanya berupa souvenir promosi yang diberikan secara gratis.
  • Sebagai senjata pemasaran dari satu client ke calon client yang baru. Seperti merchandise kertas note yang di cetak offset/ atau post it biasanya digunakan client dalam menulis catatan. Ini akan mengingatkan client tentang produk atau jasa sebuah perusahaan.
Baca Juga :  √ Sistem Informasi Geografis (SIG) : Pengertian, Manfaat, Tujuan, Komponen, Karakteristik, Ciri & Ruang Lingkupnya Lengkap

 


Jenis – Jenis Merchandise

 

1. Kaos Promosi

Kaos ialah salah satu jenis pakaian terpopuler di kalangan masyarakat serta disukai oleh berbagai jenis usia dari anak-anak, remaja sampai dewasa.

Selain menjadi alat penutup tubuh, kaos sebagai fashion yang mencerminkan gaya hidup seseorang (lifestyle).

Kaos bisa dimanfaatkan untuk kegiatan promosi perusahaan, caranya dengan menampilkan logo perusahaan ditambah dengan gambar atau teks pendukung yang menarik untuk menjadi souvenir yang kadang dibagi-bagikan dengan gratis maupun secara Cuma-Cuma di event tertentu.

Jenis kaos promosi beragam, untuk yang terpopuler dan sering digunakan yakni kaos oblong (t-shirt) promosi serta kaos polo.

Melalui kaos oblong inilah perusahaan bisa menampilkan logonya menggunakan teknik sablon atau bordir menggunakan bahan yang nyaman dan enak digunakan.

 

2. Tas Promosi

Media lainnya yang bisa dipakai untuk aktivitas branding perusahaan yakni tas promosi. Tas adalah media yang paling banyak manfaatnya.

Selain menjadi alat untuk menyimpan benda/ barang, juga menjadi media promosi yang efektif. Pada suatu event perusahaan, tas promosi ini sering digunakan untuk berbagai jenis dan bervariasi bahannya.

Bahan-bahan dari tas promosi ini yang banyak menggunakan harga terjangkau seperti tas goodie bag berbahan spunbound, kain blacu, flexi, furing dan kain kanvas.

Goodie bag ialah bagian dari jenis tas promosi yang terpopuler sebab sangat praktis dan kuat membawa barang banyak. Jenis promosi lainnya ialah paper bag berbahan utama kertas kraft atau art carton dan Samson.

 

3. Jam Promosi

Fungsi utama jam ialah menjadi penunjuk waktu yang menempel di dinding, diguanakan di tangan dan diletakkan di meja.

Sebab mempunyai fungsi yang paling vital, maka jam dapat digunakan sebagai media promosi efektif.

Baca Juga :  √ Insentif : Pengertian, Tujuan, Indikator, Prinsip dan Jenis Terlengkap

Secara umum, jam promosi yang biasa digunakan adalah jam meja dan jam dinding dengan menampilkan logo perusaan pada bagian dalamnya.

Jam promosi memiliki berbagai varian bentuk terunik dan menarik untuk hiasan maupun dekorasi ruangan.

Model-model jam promosi dapat kalian pilih dan pastinya menyesuaikan dari seleran serta budget pemasarannya.

 

4. Flashdisk atau USB Promosi

Di dalam dunia perkantoran, bisnis ataupun pendidikan, banyak sekali manfaatnya alat penyimpanan data berbentuk kecil ini. flashdisk/ USB sering digunakan dalam berbagai kesempatan khususnya yang berhubungan dengan kegiatan penyimpanan/ transfer data.

Dengan bentuk yang cenderung kecil ini membuat flasdisk mudah disimpan serta dibawa kemana saja.

Mereka yang menggunakan flasdisk ialah audiens yang sering memakai laptop/ computer dalam melaksanakan kegiatan seharinya. Seperti diperkantoran, flasdisk adalah media yang tidak dapat terlupakan.

Oleh karenanya, flasdisk merupakan media promosi efektif untuk para audiens yang dilatarbelakangi profesi menjadi pekerja kantoran, pekerja professional, serta anak sekolah maupun mahasiswa.

 

5. Kipas Promosi

Kipas promosi yang menjadi media alternative untuk aktivitas promosi perusahaan. Jenis kipas tersebut adalah kipas tangan ringan dan dapat dibawa kemana saja.

Tidak hanya menjadi alat yang dapat menghasilkan angin, namun kipas promosi adalah media yang dapat dipakai di event-event perusahaan.

Kipas promosi menggunakan bahan berkualitas yang mempunyai beragam bentuk dan model unik, seperti plastic hand fan dengan bahan dasar plastic sangat ringan. Jenis kipas promosi lainnya yaitu folded hand fan yang berbahan kertas dapat dilipat.

 

6. Gantungan Kunci Promosi

Media promosi berbentuk gantungan kunci yang fungsinya menjadi dekorasi/ hiasan.

Desain gantungan kunci dapat bervariasi yang berbahan besi, karet dan akrilik. Secara umum, gantungan kucni promosi bisa dipesan dengan jumlah ratusan guna menghemat biaya produksi.

Baca Juga :  √ Kebugaran Jasmani : Pengertian, Sejarah, Manfaat, Tujuan, Unsur, Komponen, Prinsip & Contohnya Lengkap

 


Contoh Merchandise

  • Pulpen
  • Mug
  • Tote Bag
  • Kaos Oblong
  • Payung
  • Gantungan Kunci
  • Topi
  • Kipas Tangan

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Merchandise : Pengertian, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :