√ 18 Pengertian Paradigma Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 18 Pengertian Paradigma Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Paradigma.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Paradigma? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 18 Pengertian Paradigma Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 18 Pengertian Paradigma Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Paradigma Menurut Para Ahli

 

1. Robert Friedrichs

Paradigma yaitu sekumpulan tata nilai yang membentuk pola pikir seseorang sebagai titik tolak pandangannya dan membentuk citra subjektif seseorang terhadap realita sehingga dapat menentukan cara menangani realita tersebut.

 

2. Robert Cohenn

Paradigma merupakan salah satu acuan atau dasar pikiran yang sifatnya filosofis dalam pelaksanaan suatu motif atau tujuan.

 

3. Thomas Kuhn

Paradigma yakni segala sesuatu landasan berpikir, konsep dasar, atau landasan berpikir yang digunakan atau dianut sebagai model atau konsep dasar para ilmuan dalam melakukan studinya.

 

4. Egon G. Guba

Paradigma adalah sekumpulan dari keyakinan dasar yang membimbing tindakan manusia dalam kehidupannya.

 

5. C. J. Ritzer

Paradigma ialah semua pandangan mendasar para ilmuan mengenai hal-hal yang menjadi pokok permasalahan yang seharusnya dipelajari oleh cabang ilmu pengetahuan tertentu.

 

6. George Ritzer

Paradigma merupakan salah satu cara pendekatan investigasi, pada suatu objek atau titik awal dalam menggunakan point of view, formulasi dalam sebuah teori, dan mendesain pertanyaan atau refleksi yang sederhana.

 

7. Cessilia

Paradigma yaitu berbagai sesuatu yang identik dengan bentuk atau model untuk menjelaskan sebuah proses ide dengan cara yang jelas.

Baca Juga :  √ 16 Pengertian Siswa Menurut Para Ahli Terlengkap

 

8. Capra

Paradigma yakni sekumpulan konsep, nilai, persepsi dan praktik yang dimiliki bersama oleh sebuah komunitas yang membentuk visi realitas yang menjadi landasan bagaimana komunitas tersebut mengatur dirinya sendiri.

 

9. Departemen Kesehatan RI

Paradigma ialah suatu hubungan teori yang membentuk susunan, yang mengukur teori tersebut yang berkaitan dengan satu dan yang lainnya hingga mampu menimbulkan hal yang harus diselidiki.

 

10. Longman

Paradigma adalah semua dari sesuatu yang identik dengan bentuk atau model untuk menjelaskan sebuah proses ide dengan cara yang jelas.

 

11. Ferguson

Paradigma yaitu sebuah pola pikir dalam memahami serta menjelaskan sebuah aspek tertentu pada setiap kenyataan.

 

12. Patton

Paradigma yakni semua pandangan dunia, sebuah sudut pandang umum, atau cara untuk menguraikan kompleksitas dunia nyata.

 

13. Harmon

Paradigma adalah berbagai cara mendasar untuk memahami, berpikir, menilai dan melakukan yang berkaitan dengan sesuatu yang khusus tentang realitas.

 

14. Bogdan

Paradigma ialah suatu kumpulan longgar sejumlah asumsi, konsep, atau proposisi logis terkait, yang mengarahkan cara berpikir dan penelitian.

 

15. Biklen

Paradigma merupakan semua kumpulan longgar sejumlah asumsi, konsep, atau proposisi logis terkait, yang mengarahkan cara berpikir dan penelitian.

 

16. Baker

Paradigma sebagai seperangkat aturan yang menetapkan atau mendefinisikan batas-batas dan menjelaskan bagaimana sesuatu harus dilakukan dalam batas-batas itu untuk berhasil.

 

17. Emzir

Paradigma yaitu suatu pembentukan tuntutan pengetahuan (klaim pengetahuan), prosedur umum penyelidikan (strategi penyidikan) dan prosedur jaringan dan analisis data dan pelaporan (metode penelitian).

 

18. Manion

Paradigma merupakan sebagai semua studi filosofis pelaksanaan tujuan atau motif.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 18 Pengertian Paradigma Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga :  √ Tenis Meja : Pengertian, Sejarah, Peraturan, Teknik Dasar, Ukuran Lapangan, Sarana & Prasarananya Lengkap

 

Baca Juga Artikel :