√ Paradigma : Pengertian, Jenis dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ Paradigma : Pengertian, Jenis dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Paradigma.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Paradigma? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Paradigma : Pengertian, Jenis dan Contoh Terlengkap
√ Paradigma : Pengertian, Jenis dan Contoh Terlengkap

 


Pengertian Paradigma

Istilah “paradigma” diadaptasi bahasa Inggris “paradigm” yang merupakan serapan dari bahasa Latin “paradigma” yang artinya suatu model atau pola.

Dan dalam bahasa Yunani disebut “paradeigma” (para+deiknunai) yang artinya membandingkan, bersebelahan (para), dan memperlihatkan (deik).

Paradigma merupakan salah satu cara pandang seorang individu terhadap dirinya sendiri dan lingkungannya dimana hal tersebut akan mempengaruhi cara berpikir (kognitif), bersikap (afektif), dan bertingkah laku (konatif).

 


Jenis – Jenis Paradigma

  • Paradigma Politik yaitu sebuah pandangan mendasar dan umum yang menuntun seseorang dalam berpikir dan bertindak di bidang politik.
  • Paradigma Ekonomi merupakan suatu pandangan mendasar masyarakat tentang ekonomi dan hal-hal yang berkaitan dengannya yang dapat mengarahkan masyarakat dalam berpikir dan bertindak.
  • Paradigma Sosial dan Budaya ialah berbagai pandangan dasar yang bersifat filosofi yang mengarahkan masyarakatn dalam berpikir dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari.
  • Paradigma Hukum yakni semua pandangan dasar masyarakat terhadap hukum yang berlaku sehingga mengarahkan masyarakat dalam berpikir dan bertindak sesuai hukum.
  • Paradigma Bidang Kehidupan Antar Agama adalah salah satu pandangan dasar dan umum yang mengarahkan masarakat dalam berpikir dan bertindak sesuai dengan ajaran agamanya dan saling menghargai antar agama lain.
Baca Juga :  √ Konvensi : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh Terlengkap

 


Contoh Paradigma

 

1. Pelaksanaan Dan Pengalaman Pancasila

  • Pelaksanaan Pancasila : Tindakan menerapkan nilai-nilai Pancasila yang dilakukan oleh setiap warganegara sebagai sebuah kewajiban dlm kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  • Pengamalan Pancasila : Pelaksanaan nilai-nilai Pancasila yang dilakukan oleh setiap warganegara Indonesia dengan penuh kesadaran dan rasa tanggungjawab dlm kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  • Pelaksanaan Pancasila : Tindakan menerapkan nilai-nilai Pancasila yang dilakukan oleh setiap warganegara sebagai sebuah kewajiban dlm kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

2. Paradigma Rekonstruksi Teori

Paradigma ini didasarkan pada rancangan kembali suatu teori atau pun metode yang telah tersedia dan kembali digunakan dalam penelitian baru namun tetap teori atau metode lama tersebut harus bersifat relevan agar ada kesinambungan yang jelas.

 

3. Paradigma Piramida

Sesuai dengan namanya, paradigma ini memiliki metode atau konsep bertahap sebagaimana piramida dengan banyak macam mulai dari piramida terbalik, berlapis hingga ganda.

 

4. Paradigma Kualitatif

Paradigma kualitatif ini mungkin tidak asing bagi para mahasiswa dengan tugas atau skripsi menggunakan metode kualitatif dimana paradigma digunakan sebagai pandangan awan para pembuat makalah atau skripsi sebagai acuan untuk menentukkan teori apa yang akan digunakan. Intinya paradigma ini digunakan untuk mencari gambaran teori sosial melalui metode induktif.

 

5. Paradigma Siklus Empiris

Paradigma siklus empiris ini memang berwujud sebuah siklus dalam menjelaskan suatu fenomena ilmiah.

 

6. Paradigma Deduksi-Induksi

Paradigma ini difokuskan pada metode kualitatif untuk deduksi sementara kuantitatif untuk induksi dengan tahapan dari pengumpulan data hingga kesimpulan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Paradigma : Pengertian, Jenis dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga :  √ Sistem Ekonomi : Pengertian, Fungsi, Macam, Ciri, Dampak & Contohnya Lengkap

 

Baca Juga Artikel :