√ Peroksisom : Pengertian, Struktur, Ciri dan Fungsi Terlengkap

Diposting pada

√ Peroksisom : Pengertian, Struktur, Ciri dan Fungsi Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Peroksisom.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Peroksisom? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Peroksisom : Pengertian, Struktur, Ciri dan Fungsi Terlengkap
√ Peroksisom : Pengertian, Struktur, Ciri dan Fungsi Terlengkap

 


Pengertian Peroksisom

Peroksisom merupakan salah satu organel yang terbungkus oleh membran tunggal dari lipid dilapisi dan mengandung protein pencerap (reseptor).

Peroksisom ini bertugas dalam menurunkan (oksigen) yang ada di dalam sel serta melakukan reaksi oksidatif.

Peroksisom juga mengandung enzim-enzim yang mentransfer hidrogen dari berbagai substrat menuju oksigen, menghasilkan hidrogen peroksida sebagai produk sampingan, yang kemudian menjadi sumber nama organel tersebut.

 


Fungsi Peroksisom

  • Sebagai penghasil enzim katalase dan oksidase, yaitu berfungsi untuk memindahkan hidrogen dari substrat agar bisa bereaksi dengan oksigen dan dapat menghasilkan hidrogen peroksida atau H2O2 sebagai penghasil lainnya.
  • Sebagai bahan bakar respirasi sel yang dihasilkan dari perpecahan asam lemak menjadi bentuk molekul kecil.
  • Dalam sel hati, fungsi ini dapat menetralisir racun yang ditimbulkan oleh alkohol dan senyawa kimia berbahaya lainnya.
  • Untuk menyederhanakan asam lemak yang panjang melalui betaoksidasi.

 


Ciri – Ciri Peroksisom

  • Peroksisom yaitu suatu organel yang bisa ditemukan di hampir seluruh sel yang bersifat eukariotik.
  • Memiliki ciri dilindungi atau dibungkus dengan membran tunggal.
  • Di dalam peroksisom sendiri terdapat banyak enzim yang terkandung, dan enzim ini berjumlah sekitar 50 enzim.
  • Enzim-enzim tersebut selain katalase berfungsi mengoksidasi substrat untuk menghasilkan hydrogen peroksida (H2O2).
Baca Juga :  √ 25 Pengertian Epidemiologi Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Struktur Peroksisom

Teknik sentrifugasi gradient kepadatan (isodensity gradient centrifugation) tidaklah memadai karena relative kecilnya perbedaan kepadatan antara lisosom dan peroksisom.

Untuk itu dilakukan injeksi dengan deterjen Triton WR- 1339 dilanjutkan dengan penggunaan mikroskop electron (Kleinsmith dan Kish, 1988; Sheeler dan Bianchii, 1980).

Hasilnya menunjukkan bahwa peroksisom mengkonfirmasikan identitas yang unik. Bentuknya kecil seperti bola kasar, berukuran antara mitokondria dan ribosom.

Karena ukuran yang kecil inilah (0.2 – 2 µm), bersama-sama dengan glioksisom maka peroksisom digolongkan dalam benda­-benda mikro.

Peroksisom mempunyai struktur yang terdiri dari kristal-kristal padat dan pekat yang terbungkus oleh satu lapis membran unit.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Peroksisom : Pengertian, Struktur, Ciri dan Fungsi Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :