√ Plakat : Pengertian, Fungsi, Jenis, Bahan dan Teknik Terlengkap

Diposting pada

√ Plakat : Pengertian, Fungsi, Jenis, Bahan dan Teknik Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Plakat.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Plakat? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Plakat : Pengertian, Fungsi, Jenis, Bahan dan Teknik Terlengkap
√ Plakat : Pengertian, Fungsi, Jenis, Bahan dan Teknik Terlengkap

 


Pengertian Plakat

Plakat merupakan salah satu jenis benda yang terbuat dari bahan dan biasanya digunakan sebagai souvenir atau hadiah yang diberikan kepada seseorang pada momen spesial tertentu.

 


Fungsi Plakat

  • Dapat digunakan sebagai ucapan ulang tahun,
  • Dapat digunakan sebagai bentuk ucapan pernikahan
  • Dapat digunakan sebagai bentuk ucapan terima kasih
  • Dapat digunakan sebagai bentuk piala penghargaan, trofi wisuda dan trofi perlombaan.

 


Jenis – Jenis Plakat

 

1. Plakat Akrilik

Plakat Akrilik merupakan salah satu kerajinan modern yang banyak diminati oleh konsumen.

Selain proses pembuatanya yang mudah, plakat ini memiliki daya tahan bagus baik terhadap benturan maupun cuaca. harga plakat ini sangat terjangkau dan recomended jika anda memiliki dana yang terbatas.

 

2. Plakat Kayu

Plakat Kayu yaitu sebuah kerajinan yang terbuat dari kayu pilihan untuk menjaga kualitas plakat yang dihasilkan agar lebih awet, kuat dan tahan lama.

Akan tetapi karna proses pembuatanya sedikit rumit dan susah dalam pengukiranya ,tak heran jika harga plakat kayu termasuk mahal.

 

3. Plakat Fiber

Plakat Fiber yakni suatu kerajinan yang terbuat dari bahan-bahan yang diracik kemudian dicetak menggunakan cetakan yang sesuai dengan pesanan.

Desain plakat fiber juga terkesan modern dan lebih masa kini serta bisa dibentuk menjadi miniatur, trophy, maupun bentuk yang lebih simpel.

Baca Juga :  √ Paru-Paru : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Terlengkap

Plakat fiber yang berkualitas dan elegan tentunya juga ditentukan dengan pemilihan bahanya.

 

4. Plakat Resin

Plakat Resin ialah berbagai kerajinan yang terlihat elegan dan sangat indah, bahan yang jernih namun tidak seperti kaca, sifat bening crystal namun mudah dibentuk.

Proses pembuatan plakat resin hampir sama dengan plakat fiber yaitu dengan cara dicetak menggunakan cetakan yang telah dipersiapkan.

 

5. Plakat Logam

Plakat Logam adalah semua bentuk kerajinan yang terbuat dari kuningan, almunium, stainlis, dan berbagai macam bahan logam lainnya.

Pada dasarnya kegunaan kerajinan logam ini digunakan sebagai ornamen untuk menghiasi suatu tempat atau bisa juga digunakan untuk menghiasi suatu ruangan karna dengan warna logam yang mewah dan memiliki kesan yang elegan dan lebih tahan lama.

Teknik plakat yakni dengan cara membuat tampilan sebuah warna agar terlihat mencolok , tegas dan tebal dengan menggunakan media cat air, cat minyak dan lain lain

 


Bahan Plakat

Plakat ini dapat dibuat menggunakan bahan seperti akrilik, kayu, mermer, fiber glass, dan kaca.

Diperhatikan juga saat proses designnya, agar tercipta hasil design yang sesuai antara plakat dan acaranya.

 


Teknik Melukis Plakat

 

1. Teknik Seni Lukis Cat Minyak

 

  • Teknik Basah

Teknik basah ialah suatu teknik melukis dengan cara mengencerkan cat minyak dengan menggunakan linseed oil atau minyak cat.

Setelah cat diencerkan dalam kekentalan tertentu, barulah di poleskan di atas permukaan kanvas. Kuas yang biasa digunakan dalam teknik ini adalah kuas dengan bulu panjang.

 

  • Teknik Kering

Kebalikan dengan teknik basah, teknik kering berarti melukis tanpa menggunakan linseed oil atau minyak cat.

Kuas yang digunakan pada teknik kering haruslah dalam keadaan kering serta tidak berminyak. Untuk teknik ini disarankan menggunakan cat yang baru keluar dari dalam tube.

Baca Juga :  √ Baliho : Pengertian, Ciri, Fungsi, Jenis dan Ukuran Terlengkap

Teknik kering cocok digunakan untuk melukis dengan kesan volume serta keruangan, seperti naturalism, realism dan surelism.

 

  • Teknik Campuran

Teknik ini yakni sebuah kombinasi antara teknik basah dan teknik kering. Dengan teknik campuran kita bisa saling menutupi kekurangan dari teknik basah dan teknik kering.

Teknik ini diawali dengan menggunakan teknik kering terlebih dahulu baru kemudian disusul teknik basah, dengan cara memblok warna sambil menambahkan intensitas minyak cat secara perlahan hingga sampai tahap akhir lukisan.

 

2. Teknik Seni Lukis Aquarel

Teknik aqurel ialah salah satu teknik melukis dengan menggunakan cat air (aquarel) dengan sapuan warna yang tipis, sehingga lukisan yang dihasilkan bernuansa transparan.

Agar menghasilkan sapuan yang tipis dan ringan, alangkah baiknya kamu menggunakan cat yang sedikit encer.

 

3. Teknik Seni Lukis Spray

Teknik spray yaitu suatu teknik melukis dengan cara menyemprotkan cat ke media lukis.

Tujuan menggunakan teknik ini yakni untuk menghasilkan lukisan yang lebih halus dan tampak lebih visual.

 

4. Teknik Seni Lukis Pointilis

Pointilis, teknik pointilis atau titik-titik adalah sebuah cara melukis yang dalam membuat gelap terangnya gambar atau pencampuran warna dengan membuat titik-titik untuk menghasilkan lukisan yang menawan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Plakat : Pengertian, Fungsi, Jenis, Bahan dan Teknik Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :