√ 21 Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 21 Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Propaganda.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Propaganda? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 21 Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 21 Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli

 

1. Lasswell

Propaganda yaitu sebuah teknik untuk dapat mempengaruhi kegiatan manusia dengan memanifulasikan representasinya “representasi dalam hal ini berarti kegiatan atau berbicara untuk suatu kegiatan kelompok”.

 

2. Qualter

Propaganda ialah suatu usaha yang dilakukan secara sengaja oleh beberapa individu atau kelompok untuk membentuk, mengawasi atau mengubah sikap dari kelompok-kelompok lain dengan menggunakan media komunikasi dengan tujuan bahwa pada setiap situasi yang tersedia, reaksi dari mereka yang dipengaruhi akan seperti yang diinginkan oleh si propaganda.

 

3. Ralph D. Casey

Propaganda yakni berbagai usaha yang dilakukan secara sengaja dan sadar untuk menetapkan suatu sikap atau mengubah suatu pendapat yang berkaitan dengan suatu doktrin atau program dan dipihak lain merupakan suatu yang sadar dari lembaga-lembaga komunikasi untuk menyebarkan fakta dalam semangat obyektivitas dan kejujuran.

 

4. Barnays

Propaganda merupakan semua usaha yang bersifat konsisten dan terus menerus untuk menciptakan atau membentuk peristiwa-peristiwa guna mempengaruhi hubungan publik terhadap suatu penguasa atau kelompok.

 

5. Drs. R. Roekomy

Propaganda adalah sesuatu usaha mempengaruhi orang lain berdasarkan faktor-faktor psikologis tentang sesuatu yang baru atau belum diakui kebenarannya agar terbuat sesuai dengan yang diharapkan.

 

6. Drs. R.A Santoso Sastropoetro

Propaganda sebagai penyebaran pesan yang terlebih dahulu telah direncanakan secara teliti untuk mengubah sikap, padangan, pendapat dan tingkah laku dari penerima komunikasi sesuai dengan pola yang telah ditetapkan oleh komunikator.

 

7. William Albig

Propaganda didasarkan pada komunikasi dari mulut ke mulut dan media cetak yang mencapai keompok kecil.

Baca Juga :  √ Hati : Pengertian, Bagian, Fungsi & Jenis Penyakitnya Terlengkap

 

8. Prof. Dr. Mar’at

Propaganda yakni sebuah teknik cara usaha yang sistematis serta sungguh-sungguh dipikirkan secara mendalam dimana teknik atau cara atau usaha ini dilakukan baik oleh seseorang maupun sekelompok orang untuk mempengaruhi pendapat atau sikap orang lain atau kelompok lain.

 

9. Prof. Onong Uchyna Efendi

Propaganda yaitu salah satu komunikasi yang dilakukan secara berencana, sistematis dan berulang-ulang untuk mempengaruhi seseorang, khalayak atau bangsa agar melaksanakan kegiatan tertentu dengan kesadaran sendiri tanpa paksa atau dipaksa.

 

10. Prof. DR.H.C.J Duyker

Propaganda dapat menyebarkan pesan-pesan mempunyai keinginan untuk mengubah sikap, pendapat, tingkah laku dari sesama manusia sebagai objeknya.

 

11. Jacques Ellul

Propaganda ialah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah, partai politik, dan kepentingan untuk mencapai tujuan politik (strategis dan taktis) dengan pesan-pesan yang lebih khas yang lebih berjangka pendek.

 

12. Heryanto dan Farida

Propaganda yakni sebuah komunikasi yang digunakan oleh suatu kelompok terorganisasi yang ingin menciptakan partisipasi aktif atau pasif dalam tindakan-tindakan suatu massa yang terdiri atas individu- individu, dipersatukan secara psikologis melalui manipulasi psikologis dan digabungkan di dalam suatu organisasi.

 

13. Irawanto

Propaganda yaitu sebuah seni permainan kata-kata dalam berkomunikasi yang rumusan pesannya dirangkai tanpa pertimbangan benar atau salah, yang disebarkan secara sistematis dengan metode dan teknik tertentu serta rencana yang matang melalui berbagai alat komunikasi untuk memengaruhi pendapat, sikap, dan perilaku masyarakat atau massa.

 

14. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Kata propaganda berarti penerangan (paham, pendapat, dan sebagainya) yang benar atau yang salah, yang dikembangkan dengan tujuan meyakinkan orang banyak agar menganut suatu aliran paham, sikap atau arah tindakan tertentu; biasanya disertai dengan janji yang muluk-muluk).

 

15. Enclyclopedia International

Propaganda merupakan berbagai jenis komunikasi yang berusaha mempengaruhi pandangan dan reaksi, tanpa mempedulikan tentang nilai benar atau tidak benarnya pesan yang disampaikan.

Baca Juga :  √ Primordialisme : Pengertian, Ciri, Dampak dan Jenis Terlengkap

 

16. Enclyclopedia Everyman’s

Propaganda adalah semua seni sebagai penyebaran dan meyakinkan suatu kepercayaan, khususnya suatu kepercayaan agama atau politik.

 

17. Carl I. Hovlan

Propaganda sebagai salah satu usaha untuk merumuskan secara tegar azas-azas penyebaran informasi serta pembentukan opini dan sikap.

 

18. Ferdinan Tonnies

Propaganda yaitu sebuah kegiatan untuk menggerakkan (mobilisize) pendapat secara umum (mass opinion) secara besar-besaran yang bertujuan menyebarkan suatu ide tanpa memperdulikan kecocokan dan kebenarannya.

 

19. Wikipedia

Propaganda yakni serangkaian pesan yang bertujuan untuk memengaruhi pendapat dan kelakuan masyarakat atau sekelompok orang.

 

20. Garts Jowet and Victoria O’Donnell

Propaganda ialah berbagai usaha dengan sengaja dan sistematis, untuk membentuk persepsi, memanipulasi pikiran, dan mengarahkan kelakuaan untuk mendapatkan reaksi yang di inginkan penyebar propaganda.

 

21. Leonard W. Dobb

Propaganda merupakan semua usaha-usaha yang dilakukan oleh individu-individu yang berkepentingan untuk mengontrol sikap kelompok termasuk dengan cara menggunakan sugesti, sehingga berakibat menjadi kontrol terhadap kegiatan kelompok tersebut.

 


Teknik – Teknik Propaganda

 

1. Name Calling

Teknik ini memberi cap buruk pada individu, kelompok, bangsa, ras, kebijakan-kebijakan, para praktisi, kepercayaan, dan cita-cita tertentu.

Tujuan dari teknik ini adalah agar pembaca atau pendengar dapat menolak atau mengutuk objek dari propaganda tersebut. Propagandisnya berusaha membangkitkan kebencian dan ketakjuban masyarakat terhadap sesuatu.

 

2. Glittering Generalities

Yaitu dengan menyamakan sesuatu yang dipropagandakan dengan tujuan-tujuan mulia, luhur, dan biasanya selalu menggunakan pernyataan-pernyataan yang mengesankan kebajikan.

Pelaku propaganda berusaha membangkitkan perasaan cinta, keikhlasan, dan perasaan terlibat langsung kepada hati masyarakat terhadap program atau kepentingan tertentu.

 

3. Testimonial

Yakni suatu kesaksian mengenai kebaikan atau keburukan sesuatu. Dengan memberikan kesaksian yang dimaksudkan tujuannya untuk memengaruhi massa agar mengikutinya.

Baca Juga :  √ Kesetimbangan Kimia : Pengertian, Ciri, Jenis, Syarat dan Contoh Terlengkap

 

4. Transfer

Dengan menggunakan sebuah pengaruh dari seseorang tokoh yang paling berwibawa di lingkungan tertentu.

Teknik ini memanfaatkan wibawa, kesepakatan, dan kehormatan sebagai sarana untuk memperkuat penerimaan masyarakat dalam propaganda.

 

5. Card Stacking

Ialah dengan mengarahkan masyarakat kepada keadaan pemikiran yang dikehendaki. Dalam teknik ini digunakan seni mengelabui demi kepentingan kelompok, bangsa, perbuatan, kepercayaan, atau cita-cita.

 

6. Plain Folkz

Merupakan sesuatu hal yang dilakukan dengan usaha merakyat dan menyederhana guna merebut kepercayaan masyarakat.

 

7. Band Wagon Technique

Teknik ini bertujuan untuk bisa membuat orang agar mengikuti tindakan banyak orang yang sudah sesuai dengan kehendak pembuat propaganda.

 

8. Reputable Mouthpiece

Teknik yang dapat dilakukan dengan mengemukakan sesuatu yang tidak sesuai kenyataan. Teknik ini biasanya digunakan oleh seorang yang menyanjung pemimpin, akan tetapi tidak tulus.

 

9. Using All Form of Persuations

Teknik yang bisa digunakan untuk membujuk orang lain dengan rayuan, himbauan, dan iming-iming. Teknik propaganda ini sering digunakan dalam pemilu.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 21 Pengertian Propaganda Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :