√ Propaganda : Pengertian, Tujuan, Contoh, Metode, Sifat dan Jenis Terlengkap

Diposting pada

√ Propaganda : Pengertian, Tujuan, Contoh, Metode, Sifat dan Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Propaganda.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Propaganda? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Propaganda : Pengertian, Tujuan, Contoh, Metode, Sifat dan Jenis Terlengkap
√ Propaganda : Pengertian, Tujuan, Contoh, Metode, Sifat dan Jenis Terlengkap

 


Pengertian Propaganda

Propaganda ini berasal dari bahasa latin, propagare yang mempunyai arti mengembangkan atau memekarkan.

Propaganda merupakan salah satu bentuk komunikasi berupa seni permainan kata-kata yang digunakan oleh suatu kelompok terorganisasi dengan tujuan menciptakan partisipasi aktif atau pasif.

Untuk menyampaikan kebenaran menurut versi sang propagandis dengan menggunakan cara-cara persuasif untuk mengubah atau memengaruhi pendapat, sikap, dan perilaku masyarakat atau massa yang menjadi targetnya, atau memperkenalkan hal-hal baru.

Istilah propaganda berasal dari bahasa Neo Latin, yaitu propagandus atau propagare yang artinya penyebaran, mengembangkan atau memekarkan.

Kata propaganda pertama kali muncul pada tulisan CONGREGATIO DE PROPAGANDA FIDE pada tahun 1622 ketika Paus Gregorius XV mendirikan organisasi yang bertujuan mengembangkan dan memekarkan agama katolik Roma baik di Italia maupun di Negara-negara lain.

 


Unsur – Unsur Propaganda

  • Adanya komunikator
  • Adanya komunikan
  • Kebijaksanaan atau politik propaganda yang menentukan isi dan tujuan yang hendak dicapai
  • Pesan tertentu yang telah di”encode” atau dirumuskan sedemikian rupa agar mencapai tujuannya yang efektif

 


Jenis – Jenis Propaganda

 

1. Jenis Propaganda Berdasarkan Sifat

  • White Propaganda merupakan sejenis propaganda yang dikenal kesahihan serta ketetapan cerita atau berita yang ingin disampaikan. Propaganda jenis ini kebiasaannya akan melalui saluran yang dimonopoli oleh phak pemerintah. Setiap maklumat yang disebarkan akan memberi kelebihan dan menonjolkan kebaikan pihak pemerintah.
  • Black Propaganda yaitu salah satu jenis propaganda tertutup atau tersembunyi, propaganda jenis ini memberikan sumber informasi yang salah atau tidak tepat. Penyebar propaganda ini juga akan menyebarkan informasi palsu dan akan memberi kesan buruk kepada orang atau negara yang dituduh itu.
  • Grey Propaganda yakni suatu bentuk propaganda yang kurang ketepatan tentang informasi atau berita yang disebarkan, propaganda jenis ini biasanya tidak diketahui penyebar yang menyebarkan informasi tersebut. Apabila sesuatu informasi disebarkan, kita jarang mengetahui identitas penyebar maklumat tersebut. Propaganda jenis ini juga kebiasaannya akan menolak sesuatu kekejaman yang dilakukan oleh kuasa-kuasa besar.
  • Ratio Propaganda ialah sebuah jenis propaganda yang bersifat positif, propaganda jenis ini lebih menjurus ke arah perpadua dan mencipta nama yang baik. Selain itu ia mempromosikan ikatan persahabatan dan meningkatkan moral sesuatu perkaa yang disebarkan.
Baca Juga :  √ 16 Pengertian Fisika Menurut Para Ahli Lengkap

 

2. Jenis Propaganda Berdasarkan Media

  • Propaganda Vertikal ialah sebuah propaganda yang dilaksanakan melalui media massa.
  • Propaganda Horizontal yakni suatu propaganda yang dilaksanakan melalui komunikasi interpersonal dan komunikasi organisasi dibanding komunikasi massa.
  • Propaganda Integrasi merupakan salah satu propaganda yang dilakukan dengan menanamkan doktrin.
  • Propaganda Agitasi yaitu sebuah jenis propaganda yang bertujuan agar komunikasi bersedia memberikan pengobrbanan yang besar bagi tujuan yang berlangsung dan mengorbankan jiwa mereka dalam usaha mewujudkan cita-cita.

 

3. Jenis Propaganda Berdasarkan Sumber Isi Pesan

  • Propaganda Tertutup ialah sebuah sumber propaganda ini tertutup sehingga tidak diketahui siapa sumbernya.
  • Propaganda Terbuka yaitu suatu sumber propaganda ini disebutkan dengan jelas dan secara terbuka.
  • Propaganda Tertunda yakni salah satu sumber propaganda ini pada mulanya dirahasiakan, tetapi lambat laun terbuka dan jelas.

 

4. Jenis Propaganda Berdasarkan Metode

  • Coersive Propaganda yaitu sebuah jenis propaganda yang dilancarkan dengan metode ancaman atau kekerasan. Target propagandanya akan melakukan sesuatu sebagai akibat rasa takut, rasa terancam, rasa ngeri. Perasaan yang timbul karena ada sanksi-sanksi tertentu melalui pesan yang diterimanya.
  • Persuasive Propaganda yakni suatu propaganda yang menggunakan metode penyampaian pesan-pesan yang menimbulkan rasa tertarik sehingga target propaganda senang dan rela melakukan sesuatu.

 

5. Jenis Propaganda Berdasarkan Sistem

  • Symbolic Interaction Propaganda yaitu sejenis propaganda yang menggunakan simbol-simbol. Propaganda jenis ini menggunakan lambang-lambang komunikasi yang penuh arti, yaitu bahasa lisan atau tulisan, serta gambar- gambar dan isyarat-isyarat yang telah dirumuskan sedemikian rupa sehingga dapat merangsang jiwa target propaganda untuk menerima pesan dan kemudian memberikan respons seperti yang diharapkan propagandis.
  • Propaganda by The Deed ialah sebuah propaganda yang menggunakan perbuatan nyata untuk memaksa target menerima pesan dan melakukan tindakan sebagaimana yang dikehendaki.

 

6. Jenis Propaganda Berdasarkan Tujuan

  • Propaganda Sosial ialah suatu tipe propaganda ini berlangsung secara berangsur-angsur, sifatnya merembes ke dalam lembaga-lembaga ekonomi, sosial, dan politik. Melalui propaganda orang disuntik dengan suatu cara hidup atau ideologi. Hasilnya, suatu konsepsi umum tentang masyarakat yang dengan setia dipatuhi oleh setiap orang kecuali beberapa orang yang dianggap sebagai penyimpang (deviants).
  • Propaganda Politik merupakan sejenis propaganda yang dilakukan oleh pemerintah, partai politik dan kelompok kepentingan untuk membentuk dan membina opini publik dalam mencapai tujuan politik (strategis atau taktis) dengan pesan-pesan khas yang lebih berjangka pendek. Propaganda politik berupa kegiatan komunikasi politik yang dilakukan secara terencana dan sistematik dengan menggunakan sugesti (mempermainkan emosi) untuk memengaruhi, membentuk, atau membina opini publik.
  • Propaganda Agitasi yakni serangkaian propaganda agitasi berusaha agar orang-orang bersedia memberikan pengorbanan yang besar bagi tujuan yang langsung, mengorbankan jiwa mereka dalam usaha mewujudkan cita-cita dalam tahap-tahap yang merupakan suatu rangkaian. Biasanya propaganda jenis ini diisi dengan sejumlah doktrin bahkan upaya cuci otak guna mendapatkan loyalitas dari target atau sasaran propaganda.
  • Propaganda Integrasi yaitu sebuah propaganda untuk menggalang kesesuaian di dalam mengejar tujuan-tujuan jangka panjang. Melalui propaganda ini orang mengabdikan diri kepada tujuan-tujuan yang mungkin tidak akan terwujud dalam waktu bertahun-tahun. Propaganda ini biasanya berorientasi pada loyalitas jangka panjang. Propaganda ini mirip jenis propaganda sosial yang bekerja tidak dalam hitungan hari atau minggu melainkan dalam suatu rentang yang panjang dan bertahap.
Baca Juga :  √ Lembaga Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Dan Macam Beserta Fungsinya Lengkap

 


Sifat Propaganda

  • Tertutup atau terselubung
  • Terbuka
  • Pada awal tertutup akan tetapi lambat laun mulai terbuka

 


Sistem Propaganda

  • Penggunaan simbol-simbol agar komunikan tidak sadar dengan arah dan tujuan dari keinginan komunikator.
  • Penggunaan fakta sebagai alat pemaksa agar komunikan menerima pesan dan melakukan tindakan seperti apa yang diharapkan oleh komunikator.

 


Tujuan Propaganda

 

1. Mempengaruhi Opini Publik

Propaganda tidak saja sekadar bertujuan untuk mengkomunikasikan fakta-fakta kepada publik, tetapi juga fakta-fakta yang mempengaruhi opini publik terhadap suatu isu tertentu. Perubahan pendapat umum itu bisa positif bisa juga negatif.

 

2. Memanipulasi Emosi

Propaganda dapat dilakukan melalui beberapa teknik manipulasi emosi, bahkan sering dilakukan dengan cara yang membahayakan.

Melalui teknik propaganda para propagandis memanipulasi kata, suara, simbol, pesan non verbal agar dapat membangkitkan emosi audience.


Metode Propaganda

  • Metode Koersif yaitu sebuah komunikasi dengan cara menimbulkan rasa ketakutan bagi komunikan agar secara tidak sadar bertindak sesuai keinginan komunikator.
  • Metode Persuasif yakni suatu komunikasi dengan cara menimbulkan rasa kemauan secara sukarela bagi komunikan agara secar tidak sadar dengan seketika dapat bertindak sesuai dengan keinginan komunikator.
  • Metode Pervasif merupakan salah satu komunikasi dengan cara menyebarluasksn pesan serta dilakukan secara terus menerus atau berulang-ulang kepada komunikan sehingga melakuan imitasi atau menjadi bagian dari yang diinginkan oleh komunikator.

 


Contoh Propaganda

 

1. White Propaganda

RRI dan TVRI kedua media ini dari dahulu sampai sekarang masih sering digunakan untuk alat komunikasi pemerintah untuk menyampaikan informasi tentang kebijakan pemerintah kepada rakyat indonesia secara luas.

 

2. Black Propaganda

Ketika itu ada seorang moderator acara silahturahmi suatu organisasi yang mengatakan bahwa pembicara yang mereka undang tidak bisa datang karena telah diculik oleh BIN “Badan Intelegen Negara” akan tetapi tuduhan tersebut tidak terbukti.

Baca Juga :  √ Abrasi : Pengertian, Dampak, Penyebab, Cara Mengatasi dan Jenis Terlengkap

 

3. Grey Propaganda

Propaganda yang dilakukan oleh partai politik yakni parati NASDEM mengatakan bahwasanya MENDAGRI, Gamawan Fauzi harus mundur dari jabatannya.

Karena beliau tidak mampu menyelesaikan program E-KTP yang akibatnya berujung pada masalah DTP yang masih belum terselesaikan hingga saat ini. Tapi MENDAGRI membantah dan mengatakan bahwa prorgram E-KTP tidak ada hubungannya dengan DPT.

4. Ratio Propagandaa

Pada tanggal 28 oktober yang kita peringati hari sumpah pemuda, sebagai contoh yakni isi sumpah pemuda digunakan untuk mengingatkan dan menyatukan para pemuda di seluruh Indonesia untuk tetap bersatu demi kajayaan bangsa.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Propaganda : Pengertian, Tujuan, Contoh, Metode, Sifat dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :