√ Prosa : Pengertian, Ciri, Jenis dan Perbedaan Terlengkap

Diposting pada

√ Prosa : Pengertian, Ciri, Jenis dan Perbedaan Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Prosa.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Prosa? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Prosa : Pengertian, Ciri, Jenis dan Perbedaan Terlengkap
√ Prosa : Pengertian, Ciri, Jenis dan Perbedaan Terlengkap

 


Pengertian Prosa

Prosa merupakan salah satu karya sastra yang bentuknya tulisan bebas dan tidak terikat dengan berbagai aturan dalam menulis seperti rima, diksi, irama, dan lain sebagainya.

Kata prosa diambil dari bahasa Latin “Prosa” yang artinya “terus terang”. Tulisan di dalam prosa bersifat denotatif atau tulisan yang mengandung makna sebenarnya.

 


Ciri – Ciri Prosa

 

1. Bentuknya Bebas

Seperti apa yang sudah dijelaskan pada pengertian prosa di atas, bentuk prosa tidak terikat oleh baris, bait, suku kata, dan irama.

Pada umumnya bentuk prosa adalah sebuah rangkaian kalimat yang membentuk suatu paragraf, misalnya dongeng, hikayat, dan lain sebagainya. Prosa juga bisa disajikan dalam bentuk tulisan maupun secara lisan.

 

2. Memiliki Tema

Setiap prosa juga pasti memiliki tema yang menjadi dasar dalam sebuah cerita dan merupakan pokok pembahasan di dalamnya.

 

3. Mengalami Perkembangan

Prosa juga dapat mengalami suatu perkembangan karena dipengaruhi oleh perubahan yang ada di masyarakat.

 

4. Terdapat Urutan Peristiwa

Biasanya di dalam prosa juga terdapat alur sebuah cerita yang menjelaskan urutan peristiwa. Alur peristiwa tersebut ada yang berbentuk alur maju, mundur atau campuran.

Baca Juga :  √ NAPZA : Pengertian, Jenis, Contoh dan Pencegahannya Terlengkap

 

5. Terdapat Tokoh di Dalamnya

Seperti layaknya karya sastra lain, di dalam prosa tersebut juga terdapat tokoh, baik itu manusia, hewan, maupun tumbuh-tumbuhan.

 

6. Memiliki Latar

Di dalam prosa tersebut juga terdapat latar pada masing-masing kejadian, baik itu latar tempat, waktu, maupun suasana.

 

7. Terdapat Amanat

Di dalam prosa juga banyak terkandung amanat dan pesan yang ingin disampaikan kepada pembaca atau pendengarnya sehingga dapat mempengaruhi mereka.

 

8. Pengaruh Bahasa Asing

Pada prosa juga dapat dipengaruhi oleh bahasa asing, misalnya bahasa Jepang, atau bisa juga tidak terpengaruh.

 

9. Nama Pengarang

Setiap prosa pasti ada yang mengarangnya. Akan tetapi, nama pengarangnya juga ada tidak selalu dipublikasikan.

 


Jenis – Jenis Prosa

 

1. Prosa Lama

Prosa Lama merupakan salah satu bentuk karya sastra yang belum dipengaruhi oleh kebudayaan barat.

Prosa lama ini mulanya disampaikan secara lisan karena saat itu belum mengenal tulisan. Setelah agama dan kebudayaan islam masuk ke Indonesia, masyarakat mulai mengenal tulisan.

Bentuk – Bentuk Prosa Lama

  • Hikayat ialah suatu karya fiktif ayang tidak masuk akal yang menceritakan tentang kehidupan para peri, pangeran, putri kerajaan, dewiserta raja-raja yang memiliki kekuatan gaib yang luar biasa. Contoh hikayat antara lain Hikayat Hang Jebat, Hikayat Raja Bijak dan lain sebagainya.
  • Sejarah (Tambo) adalah salah satu bentuk prosa lama yang berisi tentang cerita yang diambil dari peristiwa sejarah. Cerita dalam sejarah dapat dibuktikan dengan fakta. Selain berisikan peristiwa sejarah, sejarah juga berisi tentang silsilah raja. Contoh sejarah antara lain: Sejarah Melayu karya datuk Bendahara Paduka Raja alias Tun Sri Lanang yang ditulis tahun 1612.
  • Kisah merupakan sebuah bentuk cerita tentang perrjalan atau pelayaran seseorang dari suatu tempat ke tempat yang lain. Contoh kisah antara lain : Kisah Perjalanan Abdullah ke Negeri Kelantan dan Kisah Abdullah ke Jedah.
  • Dongeng yaitu sebuah bentuk prosa lama yang berisi cerita khayalan masyarakat di jaman dahulu.
  • Cerita Berbingkai yakni salah satu bentuk prosa lama dimana cerita di dalamnya terdapat cerita lagi yang disampaikan oleh tokoh di dalamnya.
Baca Juga :  √ Roman : Pengertian, Ciri, Jenis dan Unsur Terlengkap

 

2. Prosa Baru

  • Riwayat atau Biografi ialah sebuah bentuk prosa berisikan tentang pengalaman hidup sang pengarang sendiri (autobiografi) atau pengalaman hidup orang lain, dari kecil sampai dewasa atau sampai meninggal dunia.
  • Novel yaitu semua bentuk prosa yang menggambarkan sebagian kehidupan peran utamanya hanya yang terpenting, paling menarik, & yang mengandung sebuah konflik.
  • Kritik yakni berbagai bentuk prosa untuk menguraikan suatu pendapat bagus atau buruknya pada suatu karya, dan memberikan suatu alasan tentang isi & bentuk dengan kriteria yang bersifat objektif & menghakimi.
  • Roman sebagai bentuk prosa yang mengkisahkan suatu pelaku utama yang suka dukanya dalam kehidupan.
  • Resensi adalah sebuah bentuk prosa tentang pembicaraan, pertimbangan atau ulasan pada suatu karya sastra.
  • Esai merupakan salah satu bentuk prosa yang sebagai suatu ulasan atau kupasan pada masalah secara sepintas berdasarkan pandangan pribadi pengarang.
  • Cerpen ialah suatu entuk prosa baru yang di dalamnya terdapat kisah tokoh utamanya, konflik serta penyelesaiannya yang ditulis secara ringkas dan padat.

 


Perbedaan Prosa Lama & Prosa Baru

 

1. Prosa Lama

  • Statis, lambat perubahannya.
  • Istana Sentris atau bersifat kerajaan.
  • Bersifat fantastis, bentuknya seperti hikayat & dongeng.
  • Di pengaruhi sastra Hindu & Arab.
  • Tidak dicantumkan nama pengarang.

 

2. Prosa Baru

  • Dinamis, cepat prubahannya.
  • Rakyat Sentris, mengambil cerita dari rakyat sekitar.
  • Realistis, bentuknya seperti roman, novel, cerpen & drama, dsb.
  • Di pengaruhi sastra Barat yaitu Bahasa Inggris, Jepang, dll.
  • Nama pencipta selalu dicantumkan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Prosa : Pengertian, Ciri, Jenis dan Perbedaan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga :  √ 24 Pengertian Perpustakaan Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Baca Juga Artikel :