√ 22 Pengertian Sampah Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 22 Pengertian Sampah Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Sampah.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Sampah? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 22 Pengertian Sampah Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 22 Pengertian Sampah Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Sampah Menurut Para Ahli

 

1. UU No 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah

Sampah merupakan semua sisa kegiatan sehari hari manusia atau proses alam yang berbentuk padat atau semi padat berupa zat organik atau anorganik bersifat dapat terurai atau tidak dapat terurai yang dianggap sudah tidak berguna lagi dan dibuang kelingkungan.

 

2. Azwar

Sampah yaitu sebagian dari sesuatu yang tidak digunakan, tidak disenangi, atau sesuatu yang harus dibuang yang umumnya berasal dari kegiatan yang dilakukan manusia (termasuk kegiatan industri) tetapi bukan biologis karena kotoran manusia (human waste) tidak termasuk kedalamnya.

 

3. Basriyanta

Sampah yakni berbagai material yang tidak lagi dipakai sehingga dibuang oleh pemiliknya, akan tetapi sampah masih dapat digunakan jika didaur ulang menjadi sesuatu yang baru.

 

4. Wijaya Jati

Sampah adalah salah satu konsekuensi sisa dari selurih kegiatan (aktivitas) manusia.

 

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sampah ialah semua barang yang dibuang oleh pemiliknya karena tidak terpakai lagi atau tidak dinginkan lagi, misalnya kotoran, kaleng minuman, daun-daunan, kertas, dan lain sebagainya.

 

6. Tanjung

Sampah merupakan salah satu barang yang tidak berguna lagi sehingga dibuang oleh pemiliknya.

Baca Juga :  √ Sistem Satuan Internasional : Pengertian, Macam, Konversi & Tabelnya Lengkap

 

7. Bahar

Sampah yakni sebuah barang yang harus bersifat padat yang tidak lagi dipergunakan dan dibuang, sehingga barang tersebut tidak bisa diuraikan dengan sempurna oleh alam yang akhirnya mengakibatkan kerusakan.

 

8. World Health Organization (WHO)

Sampah yaitu berbagai barang yang berasal dari kegiatan manusia yang tidak lagi digunakan, baik tidak dipakai, tidak disenangi, ataupun yang dibuang.

 

9. Juli Soemirat

Sampah adalah segala barang padat yang dihasilkan dari kegiatan manusia yang tidak lagi dikehendaki.

 

10. Prof. W. Radyastuti

Sampah sebagai segala sesuatu sumber daya yang tidak siap pakai.

 

11. Darmadi

Sampah ialah semua produk-produk buangan yang berbentuk padat dengan komposisi yang terdiri dari bahan organik dan bahan anorganik.

 

12. Notoatmojo

Sampah merupakan sebuah benda atau bahan tersebut tidak dipakai lagi.

 

13. Rie G. S

Sampah yaitu segala barang yang kita miliki tetapi sama sekali tidak pernah ada gunanya.

 

 

14. Manik

Sampah yakni berbagai benda yang tidak digunakan atau tidak dikehendaki dan harus dibuang yang dihasilkan oleh kegiatan manusia.

 

15. Tchobanoglous

Sampah sebagai semua buangan yang dihasilkan dari aktivitas manusia atau hewan yang tidak diinginkan atau digunakan lagi, baik berbentuk padat atau setengah padat.

 

16. Kodoatie

Sampah ialah sebuah limbah atau barang buangan yang bersifat padat ataupun setengah padat, yang berasal dari hasil dari kegiatan perkotaan atau siklus kehidupan makhluk hidup.

 

17. Ecolink

Sampah adalah semua bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis.

 

18. Slamet

Sampah merupakan segala sesuatu yang tidak dikehendaki oleh yang punya dan bersifat padat, ada yang mudah membusuk, ada juga yang tidak mudah membusuk.

Baca Juga :  √ 38 Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli Terlengkap

 

19. Mustofa

Sampah yakni semua bahan yang sudah tidak berharga dalam pemakaian, barang cacat atau rusak.

 

20. Setyo Purwendro

Sampah ialah semua bahan yang padat telah dibuang dari aktivitas rumah, tangga, hotel, pasar, industri, dan aktivitas manusia lainnya sehingga sampah juga dapat diartikan sebagai sampingan dari aktivitas manusia yang tidak terpakai.

 

21. Kamus Lingkungan

Sampah yaitu segala bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk digunakan secara biasa atau khusus dalam produksi atau pemakaian; barang rusak atau cacat selama manufaktur; atau materi berlebihan atau buangan.

 

22. Leonardo

Sampah sebagai salah satu bentuk limbah yang terdapat di lingkungan masyarakat, yang dikenal juga dengan istilah sampah. Sampah memang memiliki kesamaan dengan contoh limbah yang berbentuk padat.

 


Pengelolaan Sampah Dengan Konsep 3R

  • Reuse (Menggunakan Kembali) yaitu suatu penggunaan kembali sampah secara langsung,baik untuk fungsi yang sama maupun fungsi lain.
  • Reduce (Mengurangi) yakni sebuah teknik mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah.
  • Recycle (Mendaur Ulang) ialah untuk dapat memanfaatkan kembali sampah setelah mengalami proses pengolahan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 22 Pengertian Sampah Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :