√ 20 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 20 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Assessment.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Assessment? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 20 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 20 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Assessment Menurut Para Ahli

 

1. James A. Mc.

Assessment ialah salah satu proses dengan sistematika pada mengumpulan data dengan memiliki fungsi supaya dapat melihat kemampuan seseorang pada saat itu dengan demikianlah dapat juga untuk menentukan program pembelajaran yang objektif.

 

2. Lidz

Assessment merupakan sebuah proses dengan pengumpulan dari berbagai informasi tentang psikologis anak dengan melakukan penelitian dari hasil intensitasnya.

 

3. Robert M Smith

Assessment yaitu suatu bentuk dari penilaian degan komprehensif sehingga dapat melibatkan tim dengan mengetahui beberapa kelemahan atau kekuatan yang dapat digunakan demi pelayanan terhadap pendidikan yang akan dibutuhkan dalam rancangan pembelajaran.

 

4. Bomstein

Assessment yakni

  • Salah satu agar dapat mengevaluasi hasil ketepatan belajar.
  • Untuk memilih serta dapat juga mendesain sebuah program.
  • Untuk dapat mengukur dari dampak secara terus menerus dari hasil pembelajaran.
  • Supaya dapat mengidentifikasi sebuah masalah.

 

5. James A. Mc. Lounghlin & Rena B Lewis

Assessment sebagai proses sistematika dalam mengumpulkan data seseorang anak yang berfungsi untuk melihat kemampuan dan kesulitan yang dihadapi seseorang saat itu, sebagai bahan untuk menentukan apa yang sesungguhnya dibutuhkan.

 

6. Boyer & Ewel

Assessment adalah segala proses yang menyediakan informasi tentang individu siswa, tentang kurikulum atau program, tentang institusi atau segala sesuatu yang berkaitan dengan system institusi.

Baca Juga :  √ Negara Hukum : Pengertian, Unsur, Tipe, Ciri & Prinsipnya Lengkap

 

7. Gronlund

Assessment yaitu sebuah proses sistematik pengumpulan, penganalisaan, dan penafsiran informasi untuk menentukan sejauh mana siswa mencapai tujuan.

 

8. Nana Sudjana

Assessment ialah beberapa proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu.

 

9. Suchman

Assessment yakni sebuah proses menentukan hasil yang telah dicapai beberapa kegiatan yang direncanakan untuk mendukung tercapainya tujuan.

 

10. Eko Putro Widoyoko

Assessment atau penilaian sebagai kegiatan menafsirkan data hasil pengukuran berdasarkan kriteria maupun aturan-aturan tertentu.

 

11. The Task Group on Assesment and Testing (TGAT)

Assessment merupakan semua cara yang digunakan untuk menilai unjuk kerja individu atau kelompok.

 

12. Worthen dan Sanders

Assessment adalah segala Kegiatan mencari sesuatu yang berharga tentang sesuatu, dalam mencari sesuatu tersebut, juga termasuk mencari informasi yang bermanfaat dalam menilai keberadaan suatu program, produksi, prosedur serta alternatif strategi yang diajukan untuk dapat mencapai tujuan yang sudah ditentukan.

 

13. AS Hornby

Assessment merupakan beberapa upaya untuk menentukan nilai atau jumlah.

 

14. Djadja Rahadja

Assessment ialah suatu proses dalam pengumpulan informasi dengan mempergunakan alat dan teknik yang sesuai, untuk membuat suatu keputusan pendidikan berkenaan dengan penempatan dan program pendidikan bagi siswa tertentu.

 

15. Richard I. Arends

Assessment yaitu sebuah proses pengumpulan informasi tentang siswa dan kelas untuk maksud-maksud pengambilan keputusan instruksional.

 

16. Palomba dan Banta

Assessment yakni salah satu pengumpulan, reviu, dan penggunaan informasi secara sistematik tentang program pendidikan dengan tujuan meningkatkan belajar dan perkembangan siswa.

 

17. Terry Overtun

Assessment ialah berbagai proses pengumpulan suatu informasi untuk memonitor kemajuan dan bila disebutkan dalam definisi saya tentang tes, suatu penilaian ini bisa saja terdiri dari tes, atau bisa juga terdiri dari berbagai metode seperti obsevasi, wawancara, monitoring tingkah laku, dan sebagainya.

Baca Juga :  √ Assessment : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap

 

18. Mardapi

Assessment atau penilaian adalah semua kegiatan menafsirkan atau mendeskripsikan hasil pengukuran.

 

19. Suharsimi Arikunto

Assessment atau penilaian merupakan untuk dapat mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik buruk. Penilaian bersifat kulitatif.

 

20. Hargrove dan Poteet

Assessment sebagai proses mengumpulkan informasi, dengan menggunakan alat dan teknik yang layak.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 20 Pengertian Assessment Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :