√ Brainware : Pengertian, Komponen, Jenis, Contoh, Fungsi dan Tugas Terlengkap

Diposting pada

√ Brainware : Pengertian, Komponen, Jenis, Contoh, Fungsi dan Tugas Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Brainware.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Brainware? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Brainware : Pengertian, Komponen, Jenis, Contoh, Fungsi dan Tugas Terlengkap
√ Brainware : Pengertian, Komponen, Jenis, Contoh, Fungsi dan Tugas Terlengkap

 


Pengertian Brainware

Brainware merupakan salah satu perangkat intelektual yang memiliki tugas untuk mengoperasikan komputer, mengembangkan komputer baik itu dari sisi hardware maupun software.

Brainware sering juga disebut sebagai perangkat intelektual yang memakai dan menjelajahi kemampuan hardware (perangkat keras) ataupun software (perangkat lunak).

 


Fungsi Brainware

  • Programer : Seorang yang punya kemampuan dalam bahasa pemorograman, sering berperan sebagai membuat program yang diperlukan pada sistem komputerisasi.
  • Administrator : Setiap orang yang bertugas mengelola sebuah sistem operasi dan program yang digunakan pada komputer atau jaringan komputer.
  • Operator : Seseorang yang menjalankan sistem operasi dan program dalam perangkat komputer, misalnya merawat sistem operasi komputer, menyiapkan data untuk diakses, dan lain sebagainya.

 


Tugas Brainware

  • Sebagai administrator sistem ialah dapat menerima laporan leaver, stayer, dugaan cheater (MH, bugs, dll) dari users yang berada di channel dan memproses baned sesuai dengan bukti yang ada. Biasanya brainware seperti ini berada di sebuah sistem yang besar seperti layanan sosial media yang mengawasi para penggunanya, dan melakukan tindakan represif jika terjadi pelanggaran aturan yang berlaku.
  • Menjaga ketertiban atau keteraturan sistem, seorang brainware yang bertugas sebagai administrator akan menjadi penanggung jawab atas segala yang terjadi, jika terjadi suatu konflik di sebuah diskusi sosial media, maka seorang administrator akan melakukan tindakan yang keras seperti banned dan mematikan komentar. Sehingga bisa menghentikan kekacauan yang terjadi, karena jika hal seperti ini marambah ke dunia nyata, maka pihak kepolisian akan mengejar administrator untuk di jadikan tersangka pertama.
  • Mencegah flooding yakni seorang brainware akan melakukan atau mencegah kejadian flooding yaitu terjadinya pengulangan kata yang sama dalam waktu bersamaan, sehingga dapat mencegah terjadinya penumpukan data yang akan memberatkan disk penyimpanan pada server.
  • Mencegah flaming ialah seperti yang telah disebutkan tadi, jika terjadi kericuhan pada sebuah diskusi di sosial media, maka seorang admin harus bertanggung jawa atas segala sesuatu yang terjadi, jadi seorang admin harus mencegah flaming atau penggunaan kata-kata yang memancing terjadinya emosi berlebihan.
Baca Juga :  √ Informasi : Pengertian, Ciri, Tujuan, Jenis, Manfaat & Contohnya Lengkap

 


Contoh Brainware

 

1. Netter

Netter ialah seseorang, individu, organisasi yang akan menggunakan, menjelajah internet untuk dapat mencari suatu informasi.

Contohnya browsing mencari situs-situs yang tedapat di Internet sehingga disebut dengan surfing. serta dengan kata lain bisa disebut dengan sebutan penjelajah kata kunci/ keyword.

Misalnya Anda akan menjelajah menggunakan Google dengan mengetikkan kata kunci tertentu. seperti baju maka akan menampilkan situs-situs mengenai baju dan itulah yang juga disebut surfing atau juga menjelajah.

 

2. EDP Departement

Pengolah Data Elektronik ini akan mengacu pada penggunaan metode otomatis untuk dapat mengolah data komersial.

Biasanya juga, ini akan menggunakan relatif sederhana, aktifitas ini akan berulang untuk memproses volume besar informasi serupa.

Sebuah EDP Manager mencari setelah Departement EDP. EDP berarti Pengolahan Data Elektronik.

Umumnya pada dasarnya di dalam seluruh perusahaan terdapat departement yang terlihat setelah seluruh pekerjaan komputer.

Terdapat Beberapa perusahaan yang menyebutnya ialah sebagai Departement IT serta beberapa perusahaan lain menyebut dengan departement ini sebagai EDP Departement.

 

3. Network System

Sebuah jenis sistem operasi yang akan ditujukan dalam menangani pada jaringan. Pada Umumnya, sistem operasi tersebut terdiri atas banyak layanan atau juga service yang ditujukan untuk melayani pengguna.

Seperti layanan berbagi berkas, layanan berbagi alat pencetak, DNS Service, HTTP Service, atau juga lain sebagainya. Istilah ini sempat populer di akhir dekade 1976-an hingga awal dekade 1987-an.

 


Jenis – Jenis Brainware

 

1. Operator Komputer

Bertanggung jawab dalam mengolah data dengan melalui sistem yang bisa berhubungan dengan komputer.

Operator tersebut harus mengikuti langkah instruksi yang sudah ditetapkan di dalam runbook yang sudah disusun oleh Programmer.

Baca Juga :  √ Pungutan Liar (Pungli) : Pengertian, Faktor Penyebab, Tindakan Kejahatan dan Pelaporan Terlengkap

Disini perlu adanya sebuah pembatasan supaya Operator tersebut tidak dapat memodifikasi program sebelum atau juga selama program tersebut sedang berjalan.

 

2. Teknisi

Yaitu seorang yang bertanggung jawab di dalam maintenance mengenai segala hal/jenis permasalahan komputer.

Seorang Teknisi tersebut harus mempunyai skill pengetahuan luas tentang troubleshooting serta lain sebagainya.

 

3. Trainer

Yakni seorang Brainware yang memiliki pengetahuan ilmu lebih banyak di banding yang lainnya, atau Brainware ini juga bertanggung jawab untuk bisa mendidik atau mengajar di bidangnya.

 

4. Konsultan

Ialah seorang brainware yang akan bertanggung jawab layaknya seorang pemandu yang handal di dalam bidangnya.

 

5. Project Manager

Merupakan salah satu brainware yang akan bertanggung jawab ialah sebagai pemimpin atau juga komando di suatu project tertentu.

 

6. Programmer

Bertugas untuk dapat membuat aplikasi komputer sehingga bisa akan memudahkan kinerja manusia dengan melalui program yang sudah dibuatnya.

 

7. Graphic Designer

Seorang Brainware yang berpengetahuan skill di dunia Design Grafis atau juga mahir di dalam hal membuat suatu objek animasi.

 


Komponen Brainware

 

1. Sistem Analis

Yaitu seseorang yang memiliki tanggung jawab kepada perencanaaan dan penelitian terhadap perangkat lunak dan juga keutuhan yang sesuai dengan organisasi bisnis dan perusahaan.

Seorang analis harus mempunyai keahlian dalam manajerial, teknis, analisis dan interpersonal.

 

2. Administrator

Ialah setiap orang yang memiliki tugas dan kemampuan untuk melakukan pengolahan suatu sistem operasi dan juga program yang dijalankan di suatu komputer ataupun jaringan dalam perusahaan atau organisasi.

 

3. Project Manajer

Yakni semua orang yang pemimpin atau komando dalam sebuah project tertentu. Dalam suatu bisnis tentu saja terdapat beberapa project yang dipimpin oleh seorang project manajer.

Baca Juga :  √ Extranet : Pengertian, Komponen, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

Komponen ini dibutuhkan sebagai bentuk untuk mengendalikan dan mengawasi.

 

4. Programmer

Merupakan salah seorang yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam penguasan salah satu atau lebih bahasa pemrograman di bidang komputerisasi.

Programmmer bekerja untuk membuat dan menyiapkan aplikasi/program yang bisa mendukung sistem kompute ryang sudah dirancang atau dibuat.

 

5. Konsultan

Sebagai seorang yang memiliki pengetahuan dalam bidang komputerisasi tetan seringkali tidak berperan untuk mengangani sercara langsung. Hanya sebagai penasehat yang handal.

Bisnis atau perusahaan membutuhkan komponen ini dalam mencari solusi yang berhubungan dengan sistem informasi yang tepat dan meminimalisir terjadinya data yang tidak dikelola dengan baik.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Brainware : Pengertian, Komponen, Jenis, Contoh, Fungsi dan Tugas Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :