√ Delta : Pengertian, Syarat Terbentuk, Morfologi dan Jenis Terlengkap

Diposting pada

√ Delta : Pengertian, Syarat Terbentuk, Morfologi dan Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Delta.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Delta? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Delta : Pengertian, Syarat Terbentuk, Morfologi dan Jenis Terlengkap

 


Pengertian Delta

Delta merupakan salah satu pengendapan terbentuk karena suatu aktivitas sungai dan muara sungai yang menghasilkan progradasi tidak beraturan pada garis pantai.

Sedimentasi yakni suatu tenaga eksogen yang dapat membuat muka baru dipermukaan bumi.

 


Pengertian Delta Menurut Para Ahli

 

1. Boggs

Delta merupakan suatu endapan yang dibentuk oleh adanya proses sedimentasi fluvial memasuki kawasan air yang tenang.

 

2. Coleman, Scott dan Fischer

Delta ialah sebuah pengendapan yang terbentuk karena akibat adanya aktivitas sungai dan muara sungai.

Di mana setiap kegiatan ini berakibat pada munuculnya endapan sedimentasi menghasilkan progradasi yang tidak teratur dan hal ini terjadi pada garis pantai.

 

3. Elliot dan Allen

Delta yakni semua bagian dari pantai yang lebih menjorok kelaut. Dimana pada bagian ini terbentuk dari adanya sebuah endapan sedimentasi sungai yang memasuki danau, laguna, laut dan sedimentasi ini memiliki volume yang besar dair kemampuan pendistribusian itu kembali.

 


Syarat Terbentuknya Delta

  • Ada sungai yang menuju ke laut atau danau
  • Lautnya dangkal
  • Dari waktu ke waktu material batuan yang diendapkan di dalam laut atau juga danau cukup besar
  • Gelombang atau juga arus laut yang ada sangat kecil
  • Tidak terdapat gerakan tektonik yang menyebabkan penurunan dasar laut atau juga danau di tempat muara sungai tersebut
  • Arus pasang surut tidak kuat
Baca Juga :  √ Pelapukan : Pengertian, Faktor Terjadinya, Jenis & Contohnya Lengkap

 


Jenis – Jenis Delta

  • Delta Lobben merupakan suatu bentukan delta yang menyerupai kaki burung. Delta yang satu ini mempunyai tingkat pembentukan yang cukup cepat. Sebab proses Sedimantasinya sendiri cukup cepat.
  • Delta Tumpul yaitu sebuah delta jenis ini mempunyai bentuk yang menyerupai busur selain itu bentukan dari delta ini akan cinderung tidak berubah atau stagnan.
  • Delta Runcing yakni pada salah satujenis delta yang satu ini mempunyai bentuk seperti sebuah kerucut. Seiring dengan perkembangannya maka semakin lama akan semakin sempit
  • Delta Estuaria ialah berbagai jenis delta ini bagian rendah dari muara sungai yang sering kita temukan.

 


Morfologi Delta

 

1. Delta Plain

Delta plain merupakan salah satu kawasan delta yang di dominasi oleh endapan serta sedimen yang berasal dari daratan daripada dari laut. Kawasan daratan terdekant yang disebut delta plain.

Delta plain ini kemudian berubah menjadi daerah kawasan rawa dan biasanya kawasan ini lebih didominasi dengan butiran material yang halus seperti serpihan organik dan batubara.

Delta plain merupakan kawasan aliran sungai tepatnya aliran sebelum masuk ke dalam kawasan laut. Hal ini termasuk daerah payau yang merupakan kawasan pertemuan air laut dan sungai.

 

2. Delta Front

Delta front yaitu suatu kawasan delta yang cukup aktif terjadinya pengendapan dengan didominasi oleh pasir. Selain itu delta front adalah salah satu kawasan yang bersinggung langsung dengan segala aktivitas dari laut.

Dalam pembentukannya delta front ini juga membutuhkan waktu yang tidak singkat dengan proses yang cukup lama.

Kawasan ini biasanya dapat ditemui di daerah sekitar masuknya air sungai dan air laut. Perlu diketahui delta front ini masih satu bagian dari delta plain.

Baca Juga :  √ Tanjung : Pengertian, Ciri, Manfaat dan Contoh Terlengkap

 

3. Prodelta

Daerah prodelta ialah sebuah daerah yang sangat jauh diantara delta lainnya. Kawasannya hampir dikatakan lebih menjorok ke dalam kawasan laut.

Agar dapat mengetahui kawasan dari prodelta maka memerlukan beberapa contoh atau sample dari lapisan bawah laut yan berada disekitar delta.

Karena kawasan prodelta memilki materi yang sangat halus sehingga sulit mengetahuinya tanpa menggunakan sample.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Delta : Pengertian, Syarat Terbentuk, Morfologi dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :