√ 25 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 25 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Disiplin.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Disiplin? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 25 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 25 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli

 

1. Siswanto

Displin yaitu sebuah sikap menghormati, menghargai , patuh, taat terhadap peraturan-peraturan yangberlau, baik yang tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak mengelak untuk menerima sanksi-sanksinya apabila ia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.

 

2. Sanjaya

Displin yakni segala hal yang sangatlah diperlukan bagi setiap siswa, dengan adanya disiplin belajar, tujuan pendidikan akan lebih mudah tercapai.

 

3. Suharsimi Arikunto

Displin ialah suatu kepatuhan seseorang dalam mengikuti peraturan atau tata tertib karena didorong oleh adanya kesadaran yang ada pada kata hatinya tanpa adanya paksaan dari pihak luar.

 

4. James Drever

Displin merupakan beberapa kemampuan seseorang mengendalikan perilaku yang berasal dari dalam diri seseorang sesuai dengan hal-hal yang telah diatur dari luar atau norma yang sudah ada.

 

5. Malayu S.P. Hasibuan

Displin adalah semua kesadaran dan kesediaan orang-orang untuk mentaati semua peraturan perusahaan dan norma-norma sosial yang berlaku.

 

6. Gary Dessler

Displin sebagai prosedur yang mengoreksi atau menghukum seseorang bahawan karena melanggaru aturan atau prosedur.

 

7. Flippo

Disiplin ialah setiap usaha mengkooordinasikan perilaku seseorang ada masa yang akan datang dengan menggunakan hukum dan ganjaran.

 

8. Depdiknas

Disiplin atau tetib yaitu sebagain suatu sikap konsisten dalam melakukan sesuatu dan sikap yang taat terhadap sesuatu aturan yang menjadi kesepakatan atau telah menjadi ketentuan.

 

9. Zainal

Displin yakni satu aspek kehidupan yang mesti wujud dalam masyarakat. Oleh itu ia hendaklah mendapat perhatian berat dari semua pihak sama ada di sekolah atau di luar sekolah.

 

10. Rachman

Displin merupakan segala upaya mengendalikan diri dan sikap mental individu atau masyarakat dalam mengembangkan kepatuhan dan ketaatan terhadap peraturan dan tata tertib berdasarkan dorongan dan kesadaran yang muncul dari dalam hatinya.

 

11. Sanjaya

Displin adalah berbagai hal yang sangatlah diperlukan bagi setiap siswa, dengan adanya disiplin belajar, tujuan pendidikan akan lebih mudah tercapai.

 

12. Fathoni

Disiplin sebagai pegawai selalu datang dan pulang pada tepat waktu yang ditentukan oleh kepala manejer, pimpinan dari masing-masing instansi.

 

13. Hasibuan

Displin yaitu beberapa sikap menghormati dan menghargai suatu peraturan yang berlaku, baik secara tertulis maupun tidak tertulis serta sanggup menjalankannya dan tidak menolak untuk menerima sanksi-sanksi apabila dia melanggar tugas dan wewenang yang diberikan kepadanya.

 

14. Atmosudirjo

Displin yakni semua bentuk ketaatan dan pengendalian diri erat hubungannya rasionalisme, sadar, tidak emosional.

 

15. Pratt Fairshilf

Disiplin ialah salah satu bentuk disiplin terdiri dari dua bagian, yaitu disiplin dari dalam diri dan juga disiplin sosial.

Keduanya saling berhubungan satu sama lain, sehingga seseorang yang memiliki sikap disiplin adalah orang-orang yang dapat mengarahkan perilaku dan perbuatannya berdasarkan patokan atau batasan tingkah laku tertentu yang diterima dalam kelompok atau lingkup sosial masing-masing.

 

16. Merriam

Displin merupakan berbagai ketertiban pola perilaku serta pengendalian diri terhadap aturan atau sistem aturan yang berlaku.

 

17. Prat

Disiplin adalah sebuah kemampuan individu untuk mengarahkan perilakunya sendiri sesuai dengan kebutuhan diri sendiri dan dengan standar etika.

 

18. Wikipedia

Disiplin yaitu suatu perasaan taat dan patuh terhadap nilai-nilai yang dipercaya merupakan tanggung jawabnya.

 

19. Blaine

Displin sebagai kontrol diri atas kemauan dan keinginan dasar yang lebih. Disiplin pada dasarnya sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan hidup seseorang akan menjadi lebih teratur dan sistematis sesuai dengan aturan dan norma yang berlaku di lingkungan masyarkat.

 

20. Hougton

Displin yakni beberapa pola perilaku yang diharapkan akan menghasilkan karakter tertentu, khususnya menghasilkan peningkatan moral dan mental yang lebih teratur.

 

21. Rivai

Disiplin ialah semua alat yang digunakan para manajer untuk melakukan komunikasi dengan tenaga kerja agar mereka bersedia untuk mengubah suatu perilaku serta sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan kesediaan seseorang mentaati semua peraturan.

 

22. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Displin merupakan suatu tata tertib (disekolah, kemiliteran, dan sebagainya); ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dan sebagainya);bidang studi yang memiliki objek, sistem dan metode tertentu.

 

23. Mangkunegara

Displin adalah berbagai kegiatan manajemen untuk memperteguh pedoman-pedoman organisasional.

 

24. R. F. Olivia

Disiplin merujuk pada autoriti, keadaan kelas yang teratur, program studi yang sitematik, serta cara penetapan peraturan atau hukuman.

 

25. Andrias Harefa

Disiplin sebagai proses pelatihan pikiran dan karakter, yang meningkatkan kemampuan untuk mengendalikan diri sendiri dan menumbuhkan ketaatan atau kepatuhan terhadap tata tertib atau nilai tertentu.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 25 Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :