√ 6 Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ 6 Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Diskriminasi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Diskriminasi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 6 Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli dan Contoh Terlengkap
√ 6 Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli dan Contoh Terlengkap

 


Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli

 

1. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Diskriminasi yaitu sebuah perbedaan perlakuan terhadap sesama warna negara yang dilakukan berdasarkan warna kulit, golongan, suku, ekonomi, agama, dan sebagainya.

 

2. Sears, Freedman dan Peplau

Diskriminasi yakni salah satu perilaku yang menunjukkan penolakan terhadap individu atau kelompok semata-mata karena keanggotaan seseorang di dalam kelompok.

 

3. Fulthoni, et.al

Diskriminasi ialah suatu perlakuan yang tidak adil dan tidak seimbang yang dilakukan untuk membedakan perorangan, atau kelompok, berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal, atau atribut-atribut khas, seperti berdasarkan ras, kesukubangsaan, agama, atau keanggotaan kelas-kelas sosial.

 

4. Theodorson & Theodorson

Diskriminasi merupakan segala perlakuan yang tidak seimbang terhadap perorangan atau kelompok berdasarkan sesuatu, biasanya bersifat kategorikal atau atribut khas seperti ras, suku, agama atau keanggotaan kelas-kelas sosial.

 

5. Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

Disriminasi adalah berbagai bentuk perilaku dan tindakan yang dilakukan berdasarkan perbedaan dalam kategorisasi yang dibuat oleh alam atau masyarakat, yang tidak ada hubungannya dengan kemampuan individu atau jasanya.

 

6. Wikipedia

Diskriminasi merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, dimana layanan ini berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut.

Baca Juga :  √ Imperialisme : Pengertian, Jenis, Tujuan, Sebab dan Akibat Terlengkap

 


Upaya Mengurangi Diskriminasi

  • Menumbuhkan semangat religius.
  • Menumbuhkan semangat nasionalisme.
  • Menumbuhkan semangat pluralisme.
  • Menumbuhkan semangat humanisme.
  • Mengadakan dialog antar-umat beragama.
  • Membangun pola komunikasi untuk interaksi maupun konfigurasi hubungan antar agama, media massa dan harmonisasi dunia.
  • Keterbukaan, kedewasaan sikap pemikiran global yang bersifat inklusif.
  • Kesadaran kebersamaan dalam mengurangi sejarah.

 


Contoh Diskriminasi

  • Diskriminasi Gender – Menetapkan gaji yang lebih rendah kepada tenaga kerja wanita dibanding pria meskipun tugas dan tanggungjawabnya sama.
  • Diskriminasi Ras – Menutup peluang kerja suatu jenis pekerjaan bagi ras tertentu sehingga tidak ada kesetaraan pada jenis pekerjaan tersebut.
  • Diskriminasi Agama – Mempersulit atau menghambat proses kegiatan keagamaan lain di suatu daerah dengan alasan mayoritas penduduk di daerah tersebut adalah agama yang berbeda.
  • Diskriminasi Sosial – Pelayanan berbeda atas fasilitas umum (misalnya fasilitas kesehatan) terhadap masyarakat yang kaya dan masyarakat yang kurang mampu.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 6 Pengertian Diskriminasi Menurut Para Ahli dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :