√ 18 Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 18 Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Etos Kerja.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Etos Kerja? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 18 Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 18 Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli

 

1. Ndra

Etos kerja merupakan sebuah waktu atau semangat yang menunjukkan kepercayaan, kebiasaan atau perilaku suatu kelompok masyarakat.

 

2. Tanjung

Etos kerja yaitu salah satu jiwa atau watau seseorang dalam melakukan tugasnya yang dipancarkan keluar.

 

3. Mydral

Etos kerja yakni

  • Efisien
  • Kejujuran
  • Sikap tepat waktu
  • Kesederhanaan
  • Kerajinan
  • Mengikuti rasio dalam mengambil keputusan dan tindakan
  • Sikap bekerja sama
  • Sikap bersandar pada kekuatan sendiri
  • Sikap mau bekerja sama
  • Kesediaan untuk berubah
  • Kecepatan dalam menggunakan kesempatan
  • Kesediaan memandang jauh ke depan

 

4. Max Weber

Etos kerja ialah segala perilaku kerja yang etis dan menjadi kebiasaan kerja yang berporos pada etika.

 

5. Sinamo

Etos kerja adalah suatu konsep mengenai kerja atau paradigma kerja yang diyakini seseorang atau kelompok sebagai baik dan benar yang diwujudkan melalui perilaku kerja mereka secara khas.

 

6. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Etos kerja sebagai semua semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok.

 

7. A. Tabrani Rusyan

Etos kerja memiliki fungsi seperti :

  • Pendorong timbulnya perbuatan
  • Penggaiarah dalam aktivitas
  • Pengerak seperti mesin bagi mobil, maka besar kecilnya motivasi yang akan menentukan cepat lambatnya suatu perbuatan

 

8. Gregory

Etos kerja ialah berbagai sejarah menjadi bukti negara yang dewasa ini menjadi negara yang maju, dan terus berpacu dengan teknologi/informasi tinggi pada dasarnya diawali dengan suatu etos kerja yang sangat kuat untuk berhasil.

Sehingga tidak bisa diabaikan etos kerja merupakan bagian yang harus menjadi perhatian dalam keberhasilan suatu perusahaan.

 

9. K.H. Toto Tasmara

Etos kerja merupakan serangkaian totalitas kepribadian dirinya serta caranya mengekspresikan, memandang, meyakini dan memberikan makna ada sesuatu, yang mendorong dirinya untuk bertindak dan meraih amal yang optimal (high performance).

 

10. Toto Tasmara

Etos kerja yaitu totalitas kepribadian dirinya serta caranya mengekspresikan, memandang, meyakini dan memberikan makna ada sesuatu, yang mendorong dirinya untuk bertindak dan meraih amal yang optimal sehingga pola hubungan antara manusia dengan dirinya dan antara manusia dengan makhlk lainnya dapat terjalin dengan baik.

 

11. Wikipedia

Etos kerja yakni salah satu pandangan hidup yang khas dari suatu golongan sosial. Kerja dalam arti luas adalah semua bentuk usaha yang dilakukan manusia, baik dalam hal materi, intelektual dan fisik, maupun hal-hal yang berhubungan dengan keduniaan maupun keakhiratan.

 

12. Anoraga

Etos kerja adalah berbagai pandangan dan sikap suatu bangsa atau seseorang terhadap kerja.

 

13. Geertz

Etos kerja ialah segala sikap mendasar terhadap diri dan dunia yang dipancarkan hidup.

 

14. Usman Pelly

Etos kerja sebagai sebuah sikap yang muncul atas kemauan dan kesadaran sendiri yang didasari sistem orientasi nila budaya terhadap pekerjaan seseorang.

 

15. Tamara

Etos kerja memiliki ciri-ciri seperti tepat waktu, moralitas, kejujuran, komitmen, kuat pendirian, disiplin, tanggung jawab, percaya diri dan kreatif.

 

16. Webber

Etos kerja merupakan suatu keyakinan yang befungsi sebagai panduan tingkah laku bagi seseorang, sekelompok atau sebuah lembaga (guiding belief or a person, group or institution).

 

17. KH. Abdullah Gymnastiar

Etos kerja ialah segala semangat dan juga sikap mental yang selalu berpandangan bahwa kualitas kerja pada hari ini harus lebih baik daripada hari yang kemarin, dan kualitas kerja esok hari harus lebih baik dibanding dengan kualitas kerja hari ini.

 

18. Madjid

Etos kerja yaitu suatu karakteristik dan sikap, kebiasaan, serta kepercayaan dan seterusnya yang bersifat khusus tentang seseorang individu atau sekelompok manusia.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 18 Pengertian Etos Kerja Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :