√ Hardware : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ Hardware : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Hardware.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Hardware? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Hardware : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap
√ Hardware : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap

 


Pengertian Hardware

Hardware merupakan salah satu piranti atau komponen dari sebuah komputer yang sifatnya bisa dilihat secara kasat mata dan bisa diraba secara langsung.

 


Fungsi Hardware

 

1. Memberikan Output

Setiap output atau keluaran dari komputer yang sudah dilihat oleh pengguna akan ditampikan oleh hardware.

Setelah di proses di dalam komputer hardware akan menampilkan output itu. Contohnya adalah monitor.

 

2. Menerima Input

Karena hardware dapat memberikan output maka otomatis hardware bisa untuk menerima input juga.

Setelah data inputan diterima oleh komputer melalu hardware kemudian data itu akan diproses menjadi informasi yang baru.

 

3. Menyimpan Data Atau Informasi

Untuk menyimpan data atau informasi hardware nya tidak hanya dipasang di dalam komputer namun ada juga yang berada di luar komputer.

 

4. Mengolah Data Atau Informasi

Untuk mengolah atau memproses input menjadi suatu informasi yang baru dilakukan oleh hardware – hardware tertentu yang memiliki fungsi khusus.

 


Jenis – Jenis Hardware

 

1. Perangkat Masukan (Input Device)

Perangkat masukan atau input device ialah sebuah perangakat keras (hardware) yang berfungsi untuk memasukkan data atau informasi ke sebuah komputer. Data atau informasi yang dimasukan bisa berupa teks, gambar, audio maupun video.

Baca Juga :  √ Rekayasa Perangkat Lunak : Pengertian, Tujuan, Sejarah, Kriteria, Ruang Lingkup dan Faktor Pendukung Terlengkap

 

2. Perangkat Pemrosesan (Process Device)

Process device (unit pemrosesan) yaitu suatu perangkat komputer yang fungsinya untuk memproses atau mengolah berbagai macam data dan informasi yang dimasukkan ke dalam komputer.

Process device bisa disebut sebagai otak komputer, hal itu karena bisa memproses informasi yang dimasukkan ke dalam komputer.

 

3. Perangkat Keluaran (Output Device)

Perangkat keluaran atau output device yakni salah satu perangkat dalam komputer yang fungsinya untuk menampung serta menghasilkan data-data di dalam komputer yang selanjutnya dikeluarkan lewat perangkat lainnya yang terhubung dengan komputer.

Misalkan data atau informasi yang dikeluarkan berbentuk teks, gambar, audio dan video. Perangkat yang merupakan output device adalah monitor komputer, printer, proyektor dan lain-lain.

 

4. Perangkat Penyimpanan (Storage Unit)

Perangakat penyimpanan atau storage unit adalah segala hardware yang bisa menyimpan data dan informasi, baik baik itu perangkat di dalam maupun di luar komputer (hardisk eksternal).

 

5. Perangakt Tambahan (Periferal)

Perangkat tambahan atau periferal merupakan semua hardware yang fungsinya untuk membantu komputer dalam menjalankan perintah dari penggunanya.

 


Contoh Hardware

 

1. Contoh Hardware Input Device

  • Keyboard : Perangkat ini berfungsi untuk membantu pengguna memasukkan simbol, angka ke dalam komputer. Bentuknya seperti papan dan terdapat berbagai tombol huruf, angka, dan simbol.
  • Mouse : Perangkat yang berfungsi untuk menggerakkan kursor pada layar komputer dan memudahkan memilih menu yang ada di komputer.
  • Scanner : Hardware ini berperan untuk mengubah dokumen hard copy menjadi soft copy. Perangkat keras ini sangat penting untuk mengarsipkan dokumen-dokumen yang sudah dibubuhi stempel dan tandatangan.

 

2. Contoh Hardware Process Device

  • CPU : Ialah otak komputer yang mengontrol semua proses kerja pada komputer, mulai dari intruksi, pengolahan, hingga menghasilkan output.
  • VGA : Merupakan hardware yang berfungsi untuk memproses atau mengolah data grafis dan hasil prosesnya ditampilkan pada layar monitor komputer.
  • RAM : Random Access Memory (RAM) merupakan perangkat keras pada komputer yang sangat menentukan kecepatan akses komputer.
Baca Juga :  √ Asuransi : Pengertian, Macam, Tujuan, Fungsi & Manfaatnya Lengkap

 

3. Contoh Hardware Output Device

  • Monitor : Mengacu dari pengertian hardware, maka seringkali yang terlintas pertama kali dalam benak kita adalah komponen monitor. Monitor merupakan komponen primer yang harus dimiliki setiap perusahaan untuk melakukan berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan data dan dokumen.
  • Printer : Seperti yang telah dijelaskan dalam pengertian hardware sebelumnya sebagai komponen output atau bentuk realisasi dari perintah. Printer berfungsi untuk mencetak segala macam dokumen yang dibutuhkan.
  • Proyektor LCD : Proyektor LCD berfungsi untuk membantu menampilkan gambar atau video dari komputer ke layar LCD. Dengan menggunakan proyektor LCD maka berbagai presentasi dapat disampaikan dengan lebih jelas.

 

4. Contoh Hardware Storage Device

  • Harddisk : Untuk menyimpan data atau informasi pada komputer dengan kapasitas yang besar. Selain di dalam komputer, harddisk saat ini ada juga yang bentuknya portable, atau sering disebut dengan harddisk eksternal.
  • Flashdisk : Sebagai alat menyimpan data dari komputer dan memiliki konektor USB untuk menghubungkannya ke komputer atau media lainnya. Biasanya Flashdisk digunakan untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya.
  • Optical Disk : Sebuah media penyimpanan data yang dapat ditulis/dibaca oleh cahaya laser. Media penyimpanan data Optical Disk misalnya seperti Compact Disk (CD) dan Digital Versatile Disk (DVD).

 

5. Contoh Hardware Periferal

  • Modem : Yakni suatu hardware yang berfungsi sebagai alat komunikasi yang dapat mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, ataupun sebaliknya. Modem dapat memungkinkan komputer terhubung ke internet.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Hardware : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :