√ Kebijakan : Pengertian, Jenis dan Tingkatan Terlengkap

Diposting pada

√ Kebijakan : Pengertian, Jenis dan Tingkatan Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kebijakan.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kebijakan? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Kebijakan : Pengertian, Jenis dan Tingkatan Terlengkap
√ Kebijakan : Pengertian, Jenis dan Tingkatan Terlengkap

 


Pengertian Kebijakan

Kebijakan merupakan salah satu aturan tertulis yang merupakan keputusan formal organisasi yang memiliki sifat mengikat anggota yang terkait dengan organisasi tersebut.

Sehingga bisa mengatur perilaku dengan tujuan menciptakan tatanilai baru didalam masyarakat.

 


Jenis – Jenis Kebijakan

 

1. Kebijakan Keuangan

Uang ialah suatu hal penting didalam suatu kehidupan manusia. Uang merupakan salah satu penggerak ekonomi masyarakat suatu negara.

Uang ini suatu benda yang sudah disepakati bersama ialah sebagai alat perantara tukar menukar didalam suatu hal perdagangan. Terdapat banyak sekali fungsi uang yang sudah kita ketahui.

Selain uang ternyata ada juga yang sering kita dengar yakni inflasi. Inflasi merupakan kecenderungan naik turunnya suatu barang serta jasa secara terus-menerus yang diakibatkan dari tidak adanya keseimbangan arus barang serta juga arus uang.

 

2. Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter merupakan salah satu kebijakan yang diambil oleh pemerintah untuk menambah maupun mengurangi jumlah uang yang beredar di masyarakat.

Kebijakan moneter ini biasanya digunakan sebagai kebijakan ekonomi didalam jangka pendek. Kebijakan moneter ini juga penting didalam pemerintah, sebab hal tersebut juga dapat mempengaruhi perekonomian.

Baca Juga :  √ Mediasi : Pengertian, Tujuan, Kelebihan, Kekurangan, Tahapan dan Jenis Terlengkap

 

3. Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal yaitu sebuah kebijakan yang mengatur tentang penerimaan serta juga pengeluaran negara. Sumber-sumber penerimaan negara diantaranya yakni pajak, penerimaan bukan pajak, dan juga bantuan ataupun pinjaman dalam serta luar negeri.

Sedangkan pengeluaran ini dibagi menjadi dua kelompok, yakni pengeluaran bersifat rutin, contohnya yaitu membayar gaji pegawai, belanja ataupun juga pengeluaran yang sifatnya itu pembangunan.

Oleh sebab itu kebijakan fiskal ini memang sangat penting bagi suatu pemerintahan. Untuk itu kebijakan fiskal ini memang harus diperhatikan dengan benar.

 


Tingkatan Kebijakan

 

1. Kebijakan Umum

Kebijakan umum ialah sebuah kebijakan yang menjadi pedoman atau juga petunjuk pelaksanaan baik yang memiliki sifat positif ataupun yang bersifat negatif yang melingkupi keseluruhan wilayah atau juga instansi yang bersangkutan.

 

2. Kebijakan Pelaksanaan

Kebijakan pelaksanaan yaitu suatu kebijakan yang menjabarkan kebijakan umum. Untuk tingkat pusat, peraturan pemerintah mengenai pelaksanaan suatu undang-undang.

 

3. Kebijakan Teknis

Kebijakan teknis yakni semua kebijakan operasional yang berada dibawah kebijakan pelaksanaan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Kebijakan : Pengertian, Jenis dan Tingkatan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :