√ Kekuasaan : Pengertian, Sifat, Sumber, Sudut Pandang, Jenis dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ Kekuasaan : Pengertian, Sifat, Sumber, Sudut Pandang, Jenis dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kekuasaan.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kekuasaan? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Kekuasaan : Pengertian, Sifat, Sumber, Sudut Pandang, Jenis dan Contoh Terlengkap
√ Kekuasaan : Pengertian, Sifat, Sumber, Sudut Pandang, Jenis dan Contoh Terlengkap

 


Pengertian Kekuasaan

Kekuasaan merupakan salah satu kewenangan yang didapatkan seseorang atau kelompok guna menjalankan kewenangan tersebut sesuai dengan kewenangan yang diberikan, kewenangan tidak boleh dijalankan melebihi kewenangan yang diperoleh.

 


Sifat Kekuasaan

  • Position Power – Kekuasaan yang ada pada suatu posisi seseorang pada sebuah organisasi
  • Personal Power – Kekuasaan yang ada pada beberapa pribadi orang sebagai hubungan sosialnya.

 


Sumber Kekuasaan

  • Sarana paksaan fisik
  • Keahlian
  • Hukum normatif
  • Status sosial
  • Harta kekayaan
  • Popularitas
  • Jabatan
  • Massa yang terorganisir

 


Sudut Pandang Kekuasaan

 

1. Kekuasaan Bersifat Positif

Merupakan salah satu kemampuan yang dianugrahkan oleh tuhan pada individu sebagai pemegang kekuasaan tertinggi yang bisa mempengaruhi dan mengubah pemikiran orang lain atau kelompok untuk melakukan tindakan yang diinginkan pemegang kekuasaan dengan sungguh-sungguh dan bukan karena paksaan baik secara fisik maupun mental.

Di dalam kekuasaan, tidak semua yang berkuasa memiliki kewenangan karena kewenangan bersifat khusus.

 

2. Kekuasaan Bersifat Negatif

Yaitu suatu sifat atau watak seseorang yang bernuansa arogan, egois fan juga apatis dalam memengaruhi orang lain atau kelompok untuk melakukan tindakan yang diinginkan pemegang kuasa dengan cara paksaan atau tekanan baik secara fisik maupun mental.

Baca Juga :  √ VGA CARD : Pengertian, Fungsi, Kekurangan, Kelebihan, Bentuk dan Jenis Terlengkap

 


Perbedaan Kekuasaan dan Kepemimpinan

  • Kekuasaan tidak menuntut kompatibilitas sasaran, melainkan sekedar menuntut ketergantungan. Sedangkan kepemimpinan menuntut kompatibilitas antara sasaran pemimpinnya dengan para pengikutnya.
  • Kekuasaan dapat digunakan oleh individu atau kelompok untuk mengendalikan individu atau kelompok lain. Sedangkan kepemimpinan hanya berfokus pada pengaruh ke bawah (bawahan), dan meminimalkan pola pengaruh ke samping atau sejajar dan ke atas.
  • Untuk memperoleh kepatuhan, kekuasaan menekankan pada taktik yang digunakan. Sedangkan kepemimpinan lebih menekankan pada gaya interpersonal.

 


Jenis – Jenis Kekuasaan

  • Kekuasaan memberi suatu penghargaan
  • Kekuasaan yang dapat memaksa
  • Kekuasaan yang sah
  • Kekuasaan memberi sebuah referensi
  • Kekuasaan ahli sumber kekuatan jika dikaitkan dengan kegunakan.

 


Bentuk – Bentuk Kekuasaan Negara

 

1. Monarki dan Tirani

Secara etimologi, monarki berasal dari kata monarch yang berarti raja. Monarki adalah jenis kekuasaan politik di mana saja atau ratu sebagai pemegang kekuasaan dominan Negara (kerajaan).

Biasanya pendukung monarki mengajukan pendapat bahwa jenis kekuasaan dipegang oleh satu tangan yang lebih efektif dalam menciptakan stabiltias atau consensus dalam proses pembuatan kebijakan.

Perbebatan yang bertele-tele, pendapat yang beragam atau persaingan antar kelompok dikurangi karena hanya terdapat satu kekuasaan dominan.

Negara yanng menerapkan jenis kekuasaan monarki diantaranya seperti Inggris, Belanda, Swedia, Luxemburg, Norwegia, Denmark, Muangthai, Belgia, Jepang dan Spanyol.

Tirani yaitu salah satu bentuk pemerintahan yang buruk di dalam satu tangan.

Tiran-tiran kejam yang pernah muncul dalam sejarah politik dunia seperti Kaisar Nero, Caligula, Hitler, Stalin, atuapun Pol Pot di Kamboja.

Tirani biasanya memiliki sifat brutal baik terhadap rakyat sendiri maupun juga sebagai lawan politik.

 

2. Aristokrasi dan Oligarki

Aristokrasi merupakan suatu pemerintahan oleh sekelompok elit (few) dalam masyarakat, di mana mereka memiliki status sosial, kekayaan dan juga kekuasaan politik yang besar.

Baca Juga :  √ Flyer : Pengertian, Ciri, Fungsi, Ukuran, Kelebihan dan Kekurangan Terlengkap

Ketiga hal tersebut dinikmati secara turun temurun atau diwariskan orang tua kepada anaknya. Kekuasaan aristokrasi disebut juga dengan kekuasaan kaum bangsawan.

 

3. Demokrasi dan Mobokrasi

Jenis kekuasaan dipegang oleh seluruh rakyat, bukan oleh suatu yang dikatakan mono atau few, melainkan jenis kekuasaan yang disebut demokrasi.

Dalam sejarah politik, jenis kekuasaan demokrasi dikenal terdiri dari dua jenis, yaitu demokrasi langsung (Direct democracy) dan demokrasi perwakilan (Representative democracy).

 

4. Timokrasi

Timokrasi ialah sebuah jenis kekuasaan yang pernah disebutkan oleh Socrates, seorang filsuf Yunani. Pengertian timokrasi dirujuk Socrates dalam menggambarkan suatu resim pemerintahan Negara-kota Sparta.

Timokrasi terletak pada posisi tengah antara aristokrasi dan oligarki. Timokrasi adalah aristokrasi yang mengalami kemerosotan ke arah jenis kekuasaan oligarki.

 

5. Otokrasi

Otokrasi yakni segala situasi negara dalam anarki massa. Pemerintahan demikian tidak legal dan konstitusional namun karena terdapat kelompok massa yang disebut memiliki senjata atau massa yang besar, maka mereka memerintah memanfaatkan rasa takut.

 

6. Plutokrasi

Plutokrasi adalah berbagai jenis kekuasaan di mana negara disetir oleh orang kaya.

Plutokrasi mirip dengan oligarki. Namun, plutokrasi bisa terjadi jika tercipta suatu kondisi ekstrem ketimpangan antara yang kaya dan yang miskin di dalam suatu Negara.

Plutokrat (penguasa dalam plutokrasi) ini tidak hanya menguasai sumber dari ekonomi dan politik, namun juga sumber militer (pasukan, senjata, teknologi).

Plutocrat pada umumnya secara de facto lebih berkuasa dibandingkan dengan pemerintah resmi.

 

7. Kleptokrasi

Kleptokrasi yaitu segala jenis kekuasaan di mana pejabat publik menggunakan kekuasaannya di publik. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan mencuri kekayaan negara atau disebut korupsi otomatis.

Kleptokrasi juga disebut dengan korupsi yang dilakukan oleh aparat atau pejabat tingkat tinggi bahkan dilakukan secara sistematis dengan diuntungkan dari posisinya dengan cara mengalirkan dana publik ke dalam kantong pribadinya.

Baca Juga :  √ 9 Pengertian Keterampilan Menurut Para Ahli Terlengkap

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Kekuasaan : Pengertian, Sifat, Sumber, Sudut Pandang, Jenis dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :