√ 13 Pengertian Kontrol Diri Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 13 Pengertian Kontrol Diri Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kontrol Diri.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kontrol Diri? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 13 Pengertian Kontrol Diri Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 13 Pengertian Kontrol Diri Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Kontrol Diri Menurut Para Ahli

 

1. Chalhoun dan Acocella

KOntrol diri yaitu berbagai pengaturan proses-proses fisik, psikologis, dan perilaku seseorang, dengan kata lain serangkaian proses yang membentuk dirinya sendiri.

 

2. Chaplin

Kontrol diri yakni suatu kemampuan untuk membimbing tingkah laku sendiri dalam artian kemampuan seseorang untuk menekan atau merintangi impuls-impuls atau tingkah laku impuls.

Kontrol diri ini juga menyangkut seberapa kuat seseorang memegang nilai dan kepercayaan untuk dijadikan acuan ketika bertindak atau mengambil suatu keputusan.

 

3. Goldfried dan Merbaum

Kontrol diri ialah sebuah kemampuan untuk menyusun, membimbing, mengatur dan mengarahkan bentuk perilaku yang dapat membawa individu ke arah konsekuensi positif.

 

4. Skiner

Kontrol diri merupakan salah satu tindakan diri dalam mengontrol variabel-variabel luar yang menentukan tingkah laku.

 

5. Carlson

Kontrol diri adalah segala kemampuan seseorang dalam merespon sesuatu, selanjutnya juga dicontohkan, seorang anak dengan sadar menunggu reward yang lebih sadar dibandingkan jika dengan segera tetapi mendapat yang lebih kecil dianggap melebihi kemampuan kontrol diri.

 

6. Alwilsol

Kontrol diri sebagai tingkah laku dapat dikontrol melalui berbagai cara yaitu menghindar, penjenuhan, stimuli yang tidak disukai, dan memperkuat diri.

Baca Juga :  √ 16 Pengertian Nilai Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap

 

7. Lazarus

Kontrol diri ini menggambarkan sebuah keputusan individu yang melalui pertimbangan kognitif untuk dapat menyatukan perilaku yang telah disusun untuk bisa meningkatkan hasil dan tujuan tertentu yang diinginkan.

 

8. Synder dan Gangestad

Kontrol diri ialah suatu konsep mengenai kontrol diri secara langsung yang sangat relevan untuk dapat melihat hubungan antara pribadi dengan lingkungan masyarakat dalam bersikap dan berpendirian yang efektif.

 

9. Mohoney dan Thoresen

Kontrol diri yaitu sebuah jalinan yang secara utuh yang dapat dilakukan beberapa individu terhadap lingkungannya.

 

10. Rodin

Kontrol diri yakni semua perasaan bahwa seseorang dapat membuat keputusan dan mengambil tindakan yang efektif untuk bisa menghasilkan akibat yang diinginkan dan menghindari akibat yang tidak diinginkan.

 

11. Blackburn

Kontrol diri ialah beberapa kemampuan untuk dapat menunda atau menghalangi suatu respons kekhawatiran dalam semua analisis perkembangan dan belajar.

 

12. Calhoun dan Acocella

Kontrol diri sebagai peraturan proses-proses fisik, psikologi dan perilaku seseorang yang membentuk dirinya sendiri.

 

13. Hurlock

Kontrol diri merupakan berbagai individu yang dapat mengendalikan emosi dan dorongan-dorongan di dalam dirinya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 13 Pengertian Kontrol Diri Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :