√ 12 Pengertian Minat Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 12 Pengertian Minat Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Minat.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Minat? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 12 Pengertian Minat Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 12 Pengertian Minat Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Minat Menurut Para Ahli

 

1. Sardiman

Minat akan terlihat dengan baik apabila mereka dapat menemukan objek yang disukai dengan tepat sasaran dan juga berkaitan langsung dengan keinginan tersebut.

Minat tersebut juga harus memiliki objek yang jelas untuk dapat mempermudah kemana arahnya seseorang tersebut harus bersikap dan juga menuju objek yang tepat.

 

2. Crow and Crow

Minat yaitu sesuatu hal yang memiliki hubungan dengan daya gerak yang akan mendukung seseorang untuk tertarik pada sebuah benda, pada aktivitas atau kegiatan tertentu.

Bisa juga berupa pengalaman yang cukup efektif yang mungkin saja dimulai dari kegiatan atau aktivitas itu sendiri. Minat tersebut bisa dimulai dari kebiasaan yang sering dilakukan.

 

3. Shaleh Abdul Rahman

Minat yakni salah satu kecenderungan untuk dapat memberikan perhatian serta juga bertindak terhadap orang, aktivitas atau situasi yang menjadi objek dari minat tersebut dengan disertai perasaan senang atau juga gembira.

 

4. Bimo Walgito

Minat ialah sebuah keadaan yang mana seseorang memiliki perhatian terhadap sesuatu dan juga disertai keinginan untuk mengetahui dan juga mempelajari ataupun membuktikan lebih jauh lagi apa yang mereka dapat dan apa yang mereka pelajari.

Baca Juga :  √ Imigrasi : Pengertian, Faktor Pendorong, Dampak dan Jenis Terlengkap

 

5. Slameto

Minat merupakan salah satu rasa suka yang berlebih dan juga adanya rasa keterikatan terhadap sesuatu hal atau kegiatan, tanpa ada yang menyuruh.

 

6. Witherington

Minat adalah berbagai kesadaran seseorang terhadap suatu objek, seseorang, suatu soal atau juga situasi tertentu yang mengadung sangkut paut dengan dirinya atau dipandang ialah sebagai sesuatu yang sadar.

 

7. Sobur

Minat memiliki keinginan erat dengan perhatian yang dimiliki di mana perhatian tersebut dapat menimbulkan kehendak pada seseorang.

Selain dari itu kehendak tersebut juga memiliki hubungan erat dengan kondisi fisik seperti sakit, capai, lesu atau juga sebaliknya sehat dan bugar.

Begitupun juga dengan kondisi psikis seperti senang, tidak senang, tegang, bergairah dan lain sebagainya.

 

8. Rast, Harmin dan Simon

Minat ialah

  • Adanya ketertarikan juga terhadap objek tertentu.
  • Adanya aktivitas atas objek tertentu.
  • Memiliki kecenderungan untuk memiliki sifat lebih aktif
  • Objek aktivitas tersebut dipandang fungsional dalam kehidupan dan,
  • Kecenderungan memiliki sifat mengarahkan dan juga mempengaruhi tingkah laku individu.

 

9. Syaiful Bahri Djamarah

Minat sebagai suatu aktivitas maka mereka dapat menyukai serta juga memperhatikan aktivitas tesebut dengan rasa senang.

Minat yang sangat besar tersebut tentu akan mempengaruhi cara dan juga tingkat kemalasan seseorang.

 

10. Decroly

Minat merupakan suatu pernyataan suatu kebetulan yang tidak terpenuhi. Kebutuhan tersebut timbul dari dorongan hendak memberi kepuasan kepada suatu insting.

Minat juga tidak hanya berasal dari satu sumber saja, melainkan anak-anak dapat mendapatkan minat dari sumber lainnya.

 

11. Heri P.

Minat yakni salah satu fungsi jiwa untuk dapat mencapai sesuatu yang merupakan kekuatan di dalam dan tampak di luar sebagai gerak – gerik.

Baca Juga :  √ Kata Baku Dan Tidak Baku : Pengertian, Fungsi, Ciri & Contohnya Lengkap

 

12. Sumandi

Minat ialah salah satu kecenderungan dalam diri individu untuk tertatik pada sesuatu objek atau menyenangi sesuatu objek.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 12 Pengertian Minat Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :