√ Minat : Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap

Diposting pada

√ Minat : Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Minat.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Minat? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Minat : Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap
√ Minat : Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap

 


Pengertian Minat

Minat merupakan salah satu dorongan atau keinginan dalam diri seseorang pada objek tertentu.

Minat ini memiliki sifat pribadi (individual) yaitu setiap orang memiliki minat yang dapat saja berbeda dengan minat orang lain. Minat diawali oleh perasaaan senang dan juga sikap positif.

 


Fungsi Minat

  • Untuk memilih dan melakukan berbagai kegiatan dibandingkan aktivitas yang lain karena ada perhatian, rasa senang dan pengalaman.
  • Sebagai pendorong yang kuat dalam keterlibatan yang jauh lebih besar dari objek yang bersangkutan di dalam melakukan berbagai kegiatan.

 


Jenis – Jenis Minat

 

1. Minat Primitif atau Biologis

Minat yang timbul dari berbagai kebutuhan – kebutuhan jasmani berkisar pada soal makanan, comfort, dan aktifitas.

Ketiga hal ini meliputi kesadaran tentang kebutuhan yang terasa akan sesuatu yang dengan langsung dapat memuaskan dorongan untuk mempertahankan organisme.

 

2. Minat Kultural atau Sosial

Minat yang berasal dari suatu perbuatan belajar yang lebih tinggi tarafnya. Orang yang benar – benar terdidik ditandai dengan adanya minat yang benar – benar luas terhadap hal – hal yang bernilai.

Baca Juga :  √ Nomina : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh Terlengkap

 


Proses Minat

  • Motif (alasan, dasar, pendorong).
  • Perjuangan motif yang sebelum mengambil keputusan pada batin terdapat beberapa motif yang bersifat hukum dan rendah dan disini harus dipilih.
  • Keputusan inilah yang sangat penting yang berisi pemilihan antara motif – motif yang ada dan meninggalkan kemungkinan yang lain sebab tidak sama mungkin seseorang mempunyai berbagai jenis keinginan pada waktu yang sama.
  • Bertindak sesuai dengan keputusan yang diambil.

 


Faktor yang Mempengaruhi Terbentuknya Minat

 

1. Faktor Dorongan

Faktor dorongan merupakan suatu faktor yang paling dekat dengan diri kita, dimana faktor tersebut memang timbul atau hadir dari diri kita sendiri.

Faktor ini dianggap paling penting karena tanpa adanya faktor ini, minat seperti apapun tidak akan pernah muncul ataupun diwujudkan.

Contohnya ketika kita ingin meredakan stress maka kita akan melakukan kegiatan seperti jalan-jalan atau bermain. Hal ini muncul dari diri sendiri.

 

2. Faktor Motif Sosial

Faktor motif sosial yaitu yang menjadi hal selanjutnya yang bisa mempengaruhi minat, faktor ini merupakan faktor untuk melakukan suatu aktivitas agar dapat diterima dan diakui oleh lingkungannya.

Minat ini semacam kompromi pihak individu dengan lingkungan sosialnya. Misalnya minat pada studi karena ingin mendapatkan penghargaan dari sekolah dan orang tua.

 

3. Faktor Emosional

Faktor emosional ini hubungannya sangat erat sekali dengan emosi, karena faktor ini termasuk yang kompleks dengan menyertai seseorang yang berhubungan dengan objek dan minatnya.

Kesuksesan seseorang pada aktivitas disebabkan karena aktivitasnya tersebut menimbulkan perasaan suka ataupun puas, sedangkan jika kegagalan menghampiri maka mengurangi minat seseorang terhadap kegiatan yang bersangkutan.

 


Karakteristik Minat

  • Minat dapat menimbulkan sikap positif dari suatu objek.
  • Minat yaitu sesuatu yang menyenangkan dan juga timbul dari suatu objek.
  • Minat ini juga mengandung unsur penghargaan, mengakibatkan suatu keinginan, dan juga kegairahan untuk mendapat sesuatu yang diinginkan.
Baca Juga :  √ Kelenjar Saliva (Air Ludah) : Pengertian, Fungsi, Jenis dan Struktur Terlengkap

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Minat : Pengertian, Karakteristik, Fungsi, Jenis dan Faktor yang Mempengaruhi Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :