√ Otak Kanan : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerja Terlengkap

Diposting pada

√ Otak Kanan : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerja TerlengkapHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Otak Kanan.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Otak Kanan? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Otak Kanan : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerja Terlengkap
√ Otak Kanan : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerja Terlengkap

 


Pengertian Otak Kanan

Otak Kanan disebut juga sebagai Right helisphere merupakan salah satu bagian yang secara anatomi berada pada belahan kanan dari otak besar yang berfungsi untuk mengatur serta juga bertanggung jawab pada seluruh aktifitas serta juga kesehatan tubuh bagian kanan.

Oleh sebab itu, terkadang terdapat penyakit lumpuh atau struk pada sebagian belahan tubuh, hal itu terjadi karena tiap bagian diatur oleh bagian otak yang berbeda pula.

Tetapi bukan sekedar itu saja tugas otak kanan melainkan juga berbagai akifitas dan ekspresi yang berhubungan dengan emosi.

 


Fungsi Otak Kanan

  • Berfungsi didalam perkembangan kecerdasan emosi atau EQ (emotional quotient) seperti pengendalian emosi serta sosialisasi.
  • Kemampuan didalm interaksi dengan manusia lain, intuitif, kemampuan merasakan serta memadukan.
  • Ekspresi tubuh seperti misalnya menyanyi, menari, serta melukis.
  • Melakukan tugas matematika mengenai perbandingan serta estimasi.
  • Membantu dalam membayangkan visual dengan secara lengkap serta mengekspresikan apa yang dilihat.
  • Berperan di dalam kemampuan berbahasa sebab memiliki kemampuan memori jangka panjang.
  • Berhubungan juga dengan segala sesuatu yang membutuhkan kreatifitas di dalam pelaksanannya.
Baca Juga :  √ Politik Etis : Pengertian, Latar Belakang, Dampak, Manfaat, Isi dan Tujuan Terlengkap

 


Cara Kerja Otak Kanan

Sel-sel yang ada pada fungsi otak kanan cenderung menggunakan kreatifitas untuk memecahkan suatu masalah.

Sel-sel tersebut dapat berfikir sangat cepat, apabila 1 detik saja otak kanan berhenti bekerja maka akan terjadi kerusakan pada seluruh bagian tubuh.

Otak kanan bekerja dengan menggunakan kemampuan long term memory sehingga saat melihat suatu gambar atau yang lainnya akan terekam lama dalam ingatan.

Misalnya saat melihat suatu lukisan, tentu saja kita tidak akan langsung melupakannya namun kita akan mampu membayangkan teksturnya, bentuknya, warnanya, gelap terangnya, serta perkiraan seberapa besar dan juga maknanya.

Hal ini terjadi karena sistem kerja otak kanan yang mampu mengolah memori dalam jangka panjang.

Ribuan sel yang ada pada otak kanan sudah dibentuk sejak manusia dalam kandungan untuk mampu bekerja dengan mengandalkan kreatifitas dan ingatan.

Hal ini yang mendukung dan menjurus pada berbagai fungsi otak kanan yang sangat berpengaruh dalam kecerdasan emosi seseorang.

 


Struktur Otak Kanan

Struktur otak kanan terdiri dari jutaan jaringan dan jutaan syaraf yang membentuk seperti setengah lingkaran yang agak pipih dan memiliki dua jenis sel, yaitu glia dan neuron.

Glia berfungsi untuk menunjang dan melindungi neuron, sedangkan neuron berfungsi untuk membawa informasi, keduanya saling berkomunikasi dan mengirimkan berbagai bahan kimia ke seluruh tubuh yang disebut dengan neurotransmiter.

Pada bagian dalam strukturnya terdapat bagian berwarna putih yang disebut dengan basal nuclei yang berfungsi untuk perencanaan dan pembelajaran yang bertugas untuk memberikan perintah kepada sel tubuh yang lain.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Otak Kanan : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerja Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga :  √ Gunung Meletus : Pengertian, Penyebab, Dampak, Cara Mengatasi, Contoh dan Tanda Terlengkap

 

Baca Juga Artikel :