√ Otak Kiri : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerja Terlengkap

Diposting pada

√ Otak Kiri : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerja Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Otak Kiri.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Otak Kiri? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Otak Kiri : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerja Terlengkap
√ Otak Kiri : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerja Terlengkap

 


Pengertian Otak Kiri

Otak Kiri merupakan salah satu organ terpenting pada bagian tubuh yang berperan dalam mengontrol seluruh pusat sistem syaraf dan juga struktur sel saraf yang memiliki fungsi untuk regulasi sebagian tindakan yang dilakukan tubuh dan mengatur fungsi dari berbagai organ.

 


Struktur Otak Kiri

Struktuk otak kiri ini juga sangat kompleks, memiliki jutaan sel sistem saraf pada manusia serta neuron yang saling bekerja sama dalam melakukan tugasnya.

Bentuknya ini separuh dari bagian otak besar yang berhubungan saling berhubungan pada syaraf serta juga jaringan di otak kanan.

Apabila memiliki otak kiri yang sehat, tentu hal tersebut akan mendorong kesehatan serta memaksimalkan fungsi dalam berfikir.

Antara neuron satu dengan yang lain itu saling terikat, sehingga akan terlihat seperti rantai yang tidak pernah terputus.

Neuron yang satu itu membawa informasi ke neuron lainnya serta juga membawa bahan kimia yang yang disebut dengan neurotransmitter.

Ratusan juta neuron yang saling terkait di dalam struktur otak kiri itu yang bertugas di dalam membawa segala macam informasi ke otak.

Baca Juga :  √ Past Future Perfect Continuous Tense : Pengertian, Fungsi dan Rumus Terlengkap

 


Fungsi Otak Kiri

 

1. Pengontrolan

Mengontrol tubuh bagian kiri, seluruh organ tubuh berada dalam kontrol otak kiri, bila terjadi kerusakan otak kiri dampaknya ialah gangguan kesehatan seperti syaraf mati atau lumpuh pada tubuh bagian kiri.

 

2. Keterampilan Angka Angka

Otak kiri berperan dalam segala materi atau bidang pembelajaran yang berhubungan dengan perhitungan.

Otak kiri mampu menganalisa atau menghitung dengan sangat matang, misalnya ialah dalam pembelajaran matematika, fisika, kimia, dan sains.

Orang yang menguasai bidang tersebut ialah orang yang otak kirinya lebih dominan atau lebih berperan.

 

3. Sebagai Pengambil Tindakan yang Mengandalkan Logika dan Rasio

Berperan dalam membuat pertimbangan, dalam memberi kekuatan dan tekad untuk disiplin, serta berfikir secara teknis dan penuh aturan.

Otak kiri mempengaruhi pikiran bawah sadar manusia untuk berbuat dan melakukan sesuatu secara sistematis dengan mengandalkan logika dan rasio.

 

4. Pusat Inteligent Quotient (IQ)

Pusat IQ yaitu pusat kecerdasan yang mencakup sifat pikiran yang berhubungan dengan kemmapuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berfikir abstrak, dan memahami bahasa. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan kognitif masing – masing individu.

 

5. Obyektifitas

Orang yang lebih dominan menggunakan otak kiri umumnya memilih alasan untuk segala sesuatu yang lain dengan menggunakan logika rasional untuk mengidentifikasi penyebab masalah dan kemudian berfikir cara mengatasinya, intinya orang tersebut ialah orang yang detail oriented.

 

6. Menulis dan Membaca

Kemampuan menulis dan membaca yaitu berbagai kegiatan yang memerlukan pemikiran dan konsentrasi untuk menyusun dan memahami berbagai kata yang nantinya akan terekam dalam ingatan dan menjadi bahan untuk berfikir selanjutnya secara logis sesuai ilmu atau pandangan yang didapat sebelumnya.

Baca Juga :  √ Presiden : Pengertian, Tugas, Wewenang, Hak dan Kewajiban Terlengkap

Membaca dan menulis merupakan kecerdasan yang ditanamkan sejak kecil dan nantinya akan mengalami perkembangan sesuai kemampuan masing masing individu. Kemampuan tersebut dipengaruhi dan dijalankan fungsinya oleh otak kiri.

 


Cara Kerja Otak Kiri

Jika sedang berfikir, bagaimana dan seperti apa cara kerja otak kiri sehingga dapat menghasilkan kecerdasan yang baik dan berbeda pada tiap orangnya.

Cara kerja dari otak kiri yaitu dengan menggunakan daya ingat yang memiliki sifat jangka pendek. Sehingga dapat berpengaruh pada berbagai fungsi seperti berbahasa, berbicara, sains dan menghitung.

Dengan jutaan sel dalam otak kiri dapat memproses berbagai informasi yang memiliki sifa lineal, rasional dan logis.

Otak kiri juga memproses sesuatu berdasarkan realitas yang menghasilkan gambaran abstrak secara simbolis. Sehingga mampu melakukan tugas tersebut secara teratur dengan fakta serta detail.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Otak Kiri : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Cara Kerja Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :