√ 16 Pengertian Pengendalian Intern Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 16 Pengertian Pengendalian Intern Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Pengendalian Intern.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Pengendalian Intern? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 16 Pengertian Pengendalian Intern Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 16 Pengertian Pengendalian Intern Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Pengendalian Intern Menurut Para Ahli

 

1. Romney dan Steinbart

Pengendalian intern yaitu sebuah rencana organisasi dan metode bisnis yang dipergunakan untuk menjaga asset, memberikan informasi yang akurat dan andal mendorong dan memperbaiki efisiensi jalannya organisasi, serta mendorong kesesuaian dengan kebijakan yang telah ditetapkan.

 

2. Mulyadi

Pengendalian intern yakni meliputi struktur organisasi, metode dan ukuran yang dikoordinasikan untuk menjaga kekayaan organisasi, mengecek ketelitian dan keandalan data akuntasi, mendorong efisiensi dan mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen.

 

3. Ardiyos

Pengendalian intern ialah segala sesuatu sistem yang disusun sedemikian rupa, sehingga antara bagian yang satu secara otomatis akan mengawasi bagian yang lainnya.

 

4. Hery

Pengendalian intern merupakan seperangkat kebijakan dan prosedur untuk melindungi aset atau kekayaan perusahaan dari segala bentuk tindakan penyalahgunaan, menjadmin tersedianya informasi akuntansi perusahaan yang akurat, serta memastikan bahwa semua ketentuan (peraturan) hukum/undang-undang serta kebijakan manajemen telah dipatuhi atau dijalankan sebagaimana mestinya oleh seluruh karyawan perusahaan.

 

5. Committee of Sponsoring Organization (COSO)

Pengendalian intern sebagai semua sistem, struktur atau proses yang diimplementasikan oleh dewan komisaris, manajemen dan karyawan dalam perusahaan yang bertujuan untuk menyediakan jaminan yang memadai bahwa tujuan pengendalian tersebut dicapai, meliputi efektifitas dan efisiensi operasi, keandalan pelaporan keuangan, dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dapat tercapai.

Baca Juga :  √ Etos Kerja : Pengertian, Ciri, Fungsi, Prinsip dan Faktor Terlengkap

 

6. Sukrisno Agoes

Pengendalian intern adalah salah satu proses yang dijalankan oleh dewan komisaris, manajemen dan personel lain entitas yang didesain untuk memberikan keyakinan memadai tentang pencapaian tiga golongan tujuan, seperti keandalan laporan keuangan, efektifitas dan efisiensi operasi, dan kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.

 

7. Niswonger Warren Reeve Fees

Pengendalian intern merupakan sebuah kebijakan & prosedur yang melindungi aktiva dari penyalahgunaan, memberi kepastian bahwa informasi usaha akurat, dan memastikan bahwa perundang-undangan serta peraturan dipatuhi sebaik mungkin.

 

8. James Hall

Pengendalian intern yaitu sesuatu kewajiban pihak manajemen yang penting. Hal yang mendasar dari tanggung jawab penyediaan informasi pihak manajemen yaitu memberikan jaminan yang sesuai bagi pemegang saham bahwa perusahaan dikendalikan dengan semestinya.

 

9. Nugroho Widjayanto

Pengendalian intern yakni segala sistem yang terjalin dalam sebuah organisasi dengan cara menerapkan metode-metode dan cara atau tolak ukur lainnya dengan tujuan supaya kegiatan berjalan sesuai dengan apa yangtelah digariskan.

 

10. American Institute of Certified Public Accountants (AICPA)

Pengendalian Intern mencangkup struktur organisasi, seluruh metode-metode & berbagai ketentuan yang terkoordinasi yang dianut dalam sebuah perusahaan guna melindungi harta kekayaan, yang terkoordinasi dan dianut dalam suatu perusahaan untuk menjaga harta kekayaan, memeriksa ketelitian.

Serta sudah seberapa jauh data akuntansi bisa dipercaya mengembangkan efisiensi usaha serta mendorong dipatuhi kebijakan perusahaan yang sudah diterapkan.

 

11. Amin Widjaja Tunggal

Pengendalian intern yaitu semua proses yang dijalankan oleh Dewan Komisaris, Manajemen, Personal entitas lain yang didesain untuk memberikan keyanikan memadai.

 

12. Krismiaji

Pengendalian intern yakni salah satu rencana organisasi dan metode yang digunakan untuk menjaga atau melindungi aktiva dan menghasilkan informasi yang akurat dan dapat dipercaya.

Baca Juga :  √ Teori Kendala (Theory of Constraint) : Pengertian, Tujuan, Faktor, Tahapan dan Konsep Dasar Terlengkap

 

13. Valery G. Kumaat

Pengendalian intern ialah sebuah cara untuk mengarahkan, mengawasi dan mengukur sumber daya suatu organisasi. Ia berperan penting untuk mencegah dan mendeteksi penggelapan (fraud) dan melindungi sumber daya organisasi baik yang berwujud maupun tidak (seperti reputasi atau hak kekayaan intelektual seperti merek dagang).

 

14. Boynton, Johnson dan Kell

Pengendalian intern merupakan proses, yang dilaksanakan oleh dewan direksi, manajemen, dan personel lainnya dalam suatu entitas, yang dirancang untuk menyediakan sebuah keyakinan.

 

15. Alvin A. Arens dan James K. Loebecke

Internal contor is a process designed to provide reasonable insurancethe achievement of managements objectives in the following.

 

16. Zaki Baridwan

Pengendalian intern adalah

  • Pengendalian intern dalam arti sempit yaitu pengecekan penjumlahan, baik penjumlahan mendatar (cross footing) maupun penjumlahan menurun (footing).
  • Pengendalian internal dalam arti luas tidak hanya meliputi pekerjaan pengecekan tetapi juga meliputi semua alat-alat yang dipergunakan manajemen untuk mengadakan pengawasan.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 16 Pengertian Pengendalian Intern Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :