√ 12 Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 12 Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Peradaban.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Peradaban? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 12 Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 12 Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli

 

1. Oswald Spengler

Peradaban yaitu berbagai tingkat kebudayaan ketika sudah mencapai taraf tertinggi serta kompleks.

Dan tingkat kebudayaan ketika tidak lagi mempunyai aspek produktif, beku dan mengkristal. Kebudayaan terhadap sesuatu yang hidup dan kreatif.

 

2. Prof Dr. Koentjaraningrat

Peradaban yakni sebuah bagian yang halus dan indah seperti seni masyarakat yang sudah maju didalam kebudayaan tertentu artinya mempunyai peradaban yang tinggi.

 

3. Bierens De Hann

Peradaban merupakan segala kehiduapan sosial, ekonomi, politik dan juga teknik. Sehingga, peradaban tersebut mempunyai fungsi praktis dalam hubungan kemasyarakatan.

 

4. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Peradaban adalah salah satu kemajuan (kecerdasan, kebudayaan) lahir batin atau hal yang menyangkut sopan santun, budi bahasa, dan kebudayaan suatu bangsa.

 

5. Alfred Weber

Peradaban ialah suatu pengetahuan praktis dan intelektual serta sekumpulan cara yang bersifat teknis yang fungsinya untuk mengendalikan alam.

 

6. Huntington

Peradaban sebagai identitas terluas dari budaya, yang terindentifikasi bersama dalam unsur-unsur obyektif seperti bahasa, agama, sejarah, institusi, kebiasaan maupun melalui identifikasi diri yang subyektif.

 

7. Arnold Toynbee

Peradaban yaitu beberapa kumpulan semua hasil budi daya manusia, yang meliputi semua aspek kehidupan manusia, baik fisik seperti bangunan, jalan maupun non fisik seperti nilai, tatanan, seni budaya dan iptek.

Baca Juga :  √ Samudera : Pengertian, Proses Terbentuknya, Klasifikasi dan Ciri Terlengkap

 

8. Albion Small

Peradaban yakni salah satu kemampuan manusia dalam mengendalikan dorongan dasar dasar kemanusiannya untuk bisa meningkatkan kualitas hidupnya.

 

9. V. Gordon Childe

Peradaban ialah suatu transformasi elemen-elemen budaya manusia, yang berarti transformasi dalam penguasaan tulis-menulis, metalurgi, bangunan arsitektur monumental, perdagangan jarak jauh, standar pengukuran panjang dan berat, ilmu hitung, alat angkut, cabang-cabang seni dan para senimannya, surplus produksi, system pertukaran atau barter dan penggunaan bajak atau alat bercocok tanam lainnya.

 

10. S. Czarnowski

Peradaban merupakan sebuah taraf tertentu dari kebudayaan, yakni taraf yang tertinggi yang mengandaikan tingkat-tingkat perkembangan secara umum dari umat manusia sebelumnya yang lebih rendah selama prasejarah dan zaman-zaman yang biadab.

 

11. Rene Sedilot

Peradaban adalah khazanah pengetahuan dan kecakapan teknis yang terus meningkat dari satu generasi ke generasi selanjutnya dan sanggup berlanjut secara terus menerus.

 

12. Anne Ahira

Peradaban sebagai segala kebudayaan yang mengalami kemajuan yang tinggi.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 12 Pengertian Peradaban Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :