√ 12 Pengertian Reliabilitas Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 12 Pengertian Reliabilitas Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Reliabilitas.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Reliabilitas? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 12 Pengertian Reliabilitas Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 12 Pengertian Reliabilitas Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Reliabilitas Menurut Para Ahli

 

1. Sukadji

Reliabilitas yaitu seberapa besar derajat tes mengukur secara konsisten sasaran yang diukur. Reliabilitas dinyatakan dalam bentuk angka, biasanya koefisien.

 

2. Nursalam

Reliabilitas ialah satu kesamaan hasil pengukuran atau pengamatan jika fakta atau kenyataan hidup tadi diukur atau diamati berulang kali dalam waktu yang berlainan.

 

3. Sugiono

Reliabilitas yakni serangkaian pengukuran atau serangkaian alat ukur yang memiliki konsistensi jika pengukuran yang dilakukan dengan alat ukur itu dilakukan secara berulang.

 

4. Suryabrata

Reliabilitas merupakan sejauh mana hasil pengukuran dengan alat tersebut dapat dipercaya.

 

5. Anastasia dan Susana

Reliabilitas adalah segala sesuatu yang merujuk pada konsistensi skor yang dicapai oleh orang yang sama ketika mereka diuji dengan tes yang sama pada kesempatan yang berbeda, atau dengan seperangkat butir-butir ekuivalen (equivalent items) yang berbeda, atau dibawah kondisi pengujian yang berbeda.

 

6. Walizer

Reliability (Reliabilitas) merupakan suatu keajegan pengukuran.

 

7. Soegeng.A.Y

Reabilitas ialah suatu tingkat konsistensi, untuk mengukur apapun. Makin bervariasi hasil pengukuran dengan sebuah alat ukur maka semakin tidak reliabel alat ukur tersebut.

 

8. Neuman

Reliabilitas yakni berbagai keandalan atau konsistensi. Hal ini menunjukkan bahwa pengukuran atribut yang sama diulang akan memberikan hasil kondisi yang identik atau sangat mirip.

Baca Juga :  √ Storyboard : Pengertian, Fungsi, Sejarah, Cara Membuat dan Tujuan Terlengkap

 

9. Anastasi dan Urbina

Reliabilitas merujuk pada konsistensi skor yang dicapai oleh orang yang sama ketika mereka diuji-ulang dengan tes yang sama pada kesempatan yang berbeda, atau dengan seperangkat butir-butir ekuivalen yang berbeda, ataupun dibawah kondisi pengujian yang berbeda.

 

10. Brennan

Reliabilitas ialah salah satu karakteristik skor, bukan tentang tes ataupun bentuk tes.

 

11. Sumadi Suryabrata

Reliabilitas menunjukkan sejauhmana hasil pengukuran dengan alat tersebut dapat dipercaya.

Hasil pengukuran harus reliabel dalam artian harus memiliki tingkat konsistensi dan kemantapan.

 

12. Azwar

Reliabilitas berasal dari kata reliability yang berarti sejauh mana hasil suatu pengukuran memiliki keterpercayaan, keterandalan, keajegan, konsistensi, kestabilan yang dapat dipercaya.

Hasil ukur dapat dipercaya apabiladalam beberapakali pengukuran terhadap kelompok subjek yang sama diperoleh hasil yang relatif sama.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 12 Pengertian Reliabilitas Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :