√ 18 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 18 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Tradisi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Tradisi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 18 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 18 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli

1. WJS Poerwadaminto

Tradisi yaitu segala sesuatu yang menyangkut kehidupan dalam masyarakat yang dilakukan secara terus menerus, seperti adat, budaya, kebiasaan dan juga kepercayaan.

2. Bastomi

Tradisi yakni roh dari sebuah kebudayaan, dengan tradisi sistem kebudayaan akan menjadi kokoh. Jika tradisi di hilangkan maka ada harapan suatu kebudayaan akan berakhir saat itu juga.

3. Wikipedia

Tradisi merupakan suatu tradisi atau kebiasaan adalah sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu atau agama yang sama.

4. Funk dan Wagnalls

Tradisi adalah semua ilmu pengetahuan, doktrin, kebiasaan, praktek dan lain-lain yang dipahami sebagai pengetahuan yang telah diwariskan secara turun-temurun termasuk cara penyampai doktrin dan praktek tersebut.

5. Mardimin

Tradisi ialah salah satu kebiasaan yang turun temurun dalam suatu masyarakat dan merupakan kebiasaan kolektif dan kesadaran kolektif sebuah masyarakat.

6. Shils

Tradisi sebagai sesuatu yang disalurkan atau diwariskan dari masa lalu ke masa kini. Kriteria tradisi bisa lebih dibatasi dengan mempersempit cakupannya.

7. Harapandi Dahri

Tradisi yaitu sebuah kebiasaan yang teraplikasikan secara terus menerus dengan berbagai simbol dan aturan yang berlaku pada sebuah kominitas.

Baca Juga :  √ Tradisi : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Penyebab Perubahan dan Contoh Terlengkap

8. Soerjono Soekamto

Tradisi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok masyarakat dengan secara langgeng (berulang-ulang).

9. Van Reusen

Tradisi yakni semua warisan atau norma adat istiada, kaidah-kaidah, harta-harta. Tetapi tradisi bukan suatu yang tidak bisa dirubah.

Tradisi justru perpaduan dengan beragam perbuatan manusia dan di angkat dalam keseluruhannya.

10. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Tradisi ialah segala adat kebiasan turun temurun (dari nenek moyang) yang masih dijalankan oleh masyarakat; penilaian atau anggapan bahwa cara-cara yang telah ada merupakan yang paling baik dan benar.

11. Hasan Hanafi

Tradisi adalah serangkaian warisan masa lampau yang masuk pada kita dan masuk kedalam kebudayaan yang sekarang berlaku.

12. Khazanah Bahasa Indonesia

Tradisi sebagai semua sesuatu seperti adat, kebiasaan, ajaran, dan sebagainya, yang turun temurun dari nenek moyang.

13. Piotr Sztompka

Tradisi yaitu satu dari keseluruhan benda material dan gagasan yang berasal dari masa lalu namun benar-benar masih ada kini, belum dihancurkan, dirusak atau dilupakan.

14. Coomans, M

Tradisi merupakan seluruh gambaran sikap dan perilaku manusia yang sudah berproses dalam watktu lama dan dilakukan secara turun temurun dimulai dari nenek moyang.

Dan tradisi yang sudah membudaya akan menjadi sumber dalam berakhlak dan berbudi pekerti seseorang.

15. M Abed Al Jabri

Tradisi ialah segala sesuatu yang diwarisi manusia dariorang tuanya, baik itu yang jabatan, harta pusaka maupun keningratan.

16. Imtima

Tradisi yakni sebuah rumusan, cara, atau konsep yang pertama kali lahir yang dipergunakan oleh banyak orang pada masanya.

17. Ensiklopedia

Tradisi adalah semua dari sesuatu hal yang telah dilakukan sejak lama dan terus menerus menjadi bagian dari kehidupan kelompok masyarakat hingga sekarang.

Baca Juga :  √ Peradaban : Pengertian, Ciri, Perbedaan dan Contoh Terlengkap

18. Cannadine

Tradisi sebagai lembaga baru didasari dengan daya pikat kekunoan yang melanggar zaman, namun menjadi karya yang mengagumkan.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 18 Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga Artikel :