√ Brand Ambassador : Pengertian, Peranan, Manfaat dan Karakteristik Terlengkap

Diposting pada

√ Brand Ambassador : Pengertian, Peranan, Manfaat dan Karakteristik Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Brand Ambassador.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Brand Ambassador? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Brand Ambassador : Pengertian, Peranan, Manfaat dan Karakteristik Terlengkap
√ Brand Ambassador : Pengertian, Peranan, Manfaat dan Karakteristik Terlengkap

 


Pengertian Brand Ambassador

Duta Merek atau Brand Ambassador merupakan salah satu individu atau kelompok yang ditunjuk sebagai ikon atau identitas untuk mewakili produk tertentu sebagai representasi citra terbaik dari suatu produk, agar dengan kepupuleran, keahlian dan daya tariknya dapat menarik dan mengajak konsumen untuk membeli atau menggunakan produk tersebut.

 


Pengertian Brand Ambassador Menurut Para Ahli

 

1. Lea Greenwood

Brand ambassador yaitu suatu alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengkomunikasin dan berhubungan dengan publik, dengan harapan mereka dapat meningkatkan penjualan.

 

2. Gita dan Setyorini

Brand ambassador yakni sebuah ikon budaya atau identitas, dimana mereka bertindak sebagai alat pemasaran yang mewakili pencapaian individualisme kejayaan manusia serta komodifikasi dan komersialisasi suatu produk.

 

3. Royan

Brand ambassador ialah seseorang yang dipercaya untuk mewakili produk tertentu. Penggunaan brand ambassador dilakukan oleh perusahaan untuk mempengaruhi atau mengajak konsumen untuk menggunakan sebuah produk, pemilihan brand ambassador biasanya seorang selebriti yang terkenal.

 

4. Doucett

Brand ambassador merupakan salah seorang yang memiliki passion terhadap brand, mau memperkenalkannya, dan bahkan dengan sukarela memberikan informasi mengenai brand.

 

5. Soehadi

Brand ambassador adalah seseorang yang mempresentasikan citra atau potret terbaik suaut produk dan biasanya berasal dari kalangan selebriti atau orang terkenal lainnya.

 

6. Shimp

Brand ambassador sebagai seorang yang mendukung suatu merek dari berbagai tokoh masyarakat populer, selain dari masyarakat populer dapat juga didukung oleh orang biasa dan lebih sering disebut sebagai endorser biasa.

 


Manfaat Brand Ambassador

  • Press Coverage merupakan salah satu brand ambassador dapat memberikan tekanan agar dapat mencitrakan produk dimata konsumen.
  • Changing Perceptions of The Brand yakni sebuah brand ambassador dapat mengubah persepsi produk secara efektif sehingga dapat mendukung citra dan persepsi sebuah produk.
  • Attracting New Customer yaitu yang menarik konsumen agar dapat menggunakan produk sehingga dibutuhkan kesesuaian untuk memilih brand ambassador dengan target pasar.
  • Freshening Up An Existing Campaign ialah suatu brand ambassador berfungsi untuk memudahkan konsumen mengingat kampanye yang dilakukan perusahaan.

 


Tugas Brand Ambasador

  • Memberikan kesaksian (testimonial)
  • Endorsement
  • Menjadi aktor didalam iklan yang diwakilinya
  • Menjadi juru bicara perusahaan

 


Peranan Brand Ambassador

  • Memberikan Kesaksian (Testimonial) – Jika secara personal selebriti menggunakan produk tersebut maka pihak dia bisa memberikan kesaksian tentang kualitas maupun benefit dari produk atau merek yang diiklankan tersebut.
  • Memberikan Dorongan dan Penguatan (Endorsement) – Ada kalanya selebriti diminta untuk membintangi iklan produk dimana dia secara pribadi tidak ahli dalam bidang tersebut.
  • Bertindak Sebagai Aktor dalam Topik (Iklan) yang Diwakilinya – Selebriti diminta untuk mempromosikan suatu produk atau merek tertentu terkait dengan peran yang sedang ia bintangi dalam suatu program tayangan tertentu.
  • Bertindak Sebagai Juru Bicara Perusahaan – Selebriti yang mempromosikan produk, merek atau suatu perusahaan dalam kurun waktu tertentu masuk dalam kelompok peran spoke person. Penampilan mereka akan diasosiasikan dengan merek atau produk yang mereka wakili.

 


Karakteristik Brand Ambassador

  • Transparansi – Saat seorang selebriti mendukung suatu merek yang terkait dengan profesi mereka.
  • Kesesuaian – Konsep kunci pada brand ambassador yakni memastikan adanya kecocokan antara merek dan selebriti.
  • Kredibilitas – Tingkatan dimana konsumen melihat bahwa sumber (ambassador) memiliki pengetahuan keahlian atau pengalaman yang relevan dan sumber (ambassador) tersebut bisa dipercaya untuk memberikan informasi yang objektif dan tidak biasa.
  • Daya Tarik – Tampilan non fisik yang menarik dan bisa menunjang suatu produk maupun iklan.
  • Power – Kharisma yang dipancarkan narasumber untuk mempengaruhi konsumen sehingga konsumen terpengaruh untuk membeli/menggunakan produk.
  • Attractiveness (Daya Tarik) – Ini tidak hanya daya tarik fisik, tetapi juga seperti kecerdasan, sifat-sifat kepribadian, gaya hidup, keatletisan tubuh, dan lain sebagainya.
  • Trustworthiness (Kepercayaan) – Dimana tingkat kepercayaan, ketergantungan, seperti seseorang yang bisa di percaya.
  • Expertise (Keahlian) – Keahlian yang mengacu pada pengetahuan, pengalaman, atau keterampilan yang dimiliki seseorang pendukung yang berhubungan dengan topik yang diwakilinya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Brand Ambassador : Pengertian, Peranan, Manfaat dan Karakteristik Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :