√ Daur Hidup Ikan Terlengkap

Diposting pada

√ Daur Hidup Ikan Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Daur Hidup Ikan.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Daur Hidup Ikan? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Daur Hidup Ikan Terlengkap
√ Daur Hidup Ikan Terlengkap

 


Daur Hidup Ikan

Ikan merupakan salah satu hewan bertulang belakang yang berdarah dingin atau vertebrata pikilotermik, yang habitatnya bisa kita temukan didalam air, seperti air laut, air sungai atau air payau.

 


Siklus Hidup Ikan

 

1. Telur

Awal daur hidup ikan dimulai dari telur (ova) yang telah berhasil dibuahi. Setelah telur dibuahi, embrio akan terbentuk sehingga disinilah ciri-ciri kehidupan suatu individu organisme dimulai.

Pada tahap ini proses metabolisme berlangsung. Sel mulai membelah. Selain itu jaringan dan organ tubuh mulai terbentuk hingga akhirnya eyespots dan ekor mulai terlihat di dalam telur.

Selanjutnya, ekor akan membungkus telur ke kepala. Dan saat waktu penetasan telah selesai, ekor embrio akan keluar dari shell. Embrio berubah menjadi larva yang berenang bebas di perairan.

 

2. Larva

Larva merupakan sebutan bagi ikan yang telah menetas. Ciri-ciri dari larva yang baru menetas ialah mempunyai kantung kuning telur. Kuning telur tersebut berfungsi sebagai sumber nutrisi selama beberapa hari sebelum mereka dapat memakan mangsa hidup.

Proses memakan kuning telur ini dapat bertahan selama 2-4 hari, yang kemudian disebut sebagai makan endogen. Setelah mulut larva terbentuk dan mata yang mulai berkembang, larva dapat memakan organisme atau partikel dalam air yang disebut makan eksogen.

Baca Juga :  √ Kata Tugas : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh Terlengkap

 

3. Ikan Dewasa

Ini merupakan akhir dari tahapan larva. Dimana karakteristik ikan dewasa sudah mulai tampak. Seperti fitur tubuh, warna, sirip, organ penuh, dan lain sebagainya.

Proses perkembangan tahapan fase di atas dipengaruhi oleh faktor internal (fisiologis) dan eksternal (lingkungan). Kedua faktor tersebut turut menunjang jalannya proses perkembangan ikan, mulai dari telur hingga menjadi dewasa.

Baik menjadi betina dewasa yang menghasilkan telur matang yang siap dibuahi atau ova maupun telur jantan yang mengeluarkan spermatozoid. Spermatozoid inilah yang berguna untuk membuahi telur.

 


Kandungan Gizi Ikan

  • Zat besi yang mudah diserap tubuh
  • Asam amino misal seperti taurin
  • Omega 3
  • Vitamin A, D, B6, B12
  • Selenium
  • Seng
  • Fluor
  • Yodium

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Daur Hidup Ikan Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :