Daur Hidup Kecoa

Diposting pada

SeputarIlmu.ComHallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Daur Hidup Kecoa.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Daur Hidup Kecoa? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Daur Hidup Kecoa Terlengkap


Daur Hidup Kecoa

Kecoa merupakan salah satu serangga dengan tubuh lonjong dan pipih. Memiliki warna cokelat gelap dengan tinggi kecoa dewasa sekitar 5 cm. Meskipun Kecoa tidak terlalu besar, itu sejenis serangga yang menggelikan dan menjijikkan.

Kecoa sebagian besar melakukan berbagai aktivitas pada malam hari dan sangat suka bersembunyi di tempat gelap oleh karena itu sangat sering muncul kecoa tiba-tiba dari sudut-sudut gelap seperti kolong tempat tidur, lemari atau tempat gelap lainnya.

Kecoa juga memiliki kepala tersembunyi di bawah pronotum kepala mereka dan hanya mempunyai satu mata dan sepasang mata majemuk serta memiliki dua sayap.


Siklus Hidup Kecoa

1. Telur

Kecoa ini memiliki siklus hidup atau metamorfosa yang tidak sempurna karena hanya terdapat tiga fase saja. fase pertama adalah telur, telur kecoa berbentuk seperti kapsul dengan ukuran yang kecil dan bewarna coklat pekat.

Kecoa biasanya bertelur pada daerah kumuh atau sampah atau bahkan di tempat yang tidak banyak dikunjungi orang karena akan lebih aman berbeda dengan daur hidup kupu-kupu yang jauh dari tempat kotor.

Telur kecoa memiliki cangkang yang keras dan tidak mudah pecah dengan memiliki semacam cairan tertentu yang merekat pada tempat telur tersebut.


2. Nimfa

Setelah telur menetas kemudian akan menjadi nimfa atau bayi kecoa. Bayi kecoa ini sangat kecil dan bewarna putih seperti kutu beras. Nimfa sudah bisa bergerak bebas dan kemudian lambat laun mengalami perubahan warna menjadi coklat.

Pada fase ini kecoa masih sangat rentan dan belum memiliki sayap. Kecoa juga bisa mengalami berbagai pergantian kulit sehingga menjadi kulit seperti kulit kecoa dewasa.

Namun nimfa sudah bisa mencari makanannya sendiri denga mencari makanan yang ada di sekitarnya. Nimfa kemudian menjadi kecoa muda dan sudah hampir menjadi kecoa dewasa.


3. Kecoa Dewasa

Setelah menjalani berbagai proses dari telur dan nimfa kemudian yang terjadi adalah kecoa menjadi kecoa muda dan berangsur menjadi dewasa yang telah memiliki sayap.

Kecoa bisa terbang baik kecoa betina maupun kecoan jantan. Perbedaan kecoa muda dengan kecoa dewasa adalah ukurannya saja yang lebih kecil dibandingkan dengan kecoa dewasa.

Pada fase ini kecoa sudah mandiri dan bisa mencari makanan serta melakukan pertahanan diri jika ada predator yang akan memangsanya.


Cara Membasmi Kecoa secara Alami

  • Bawang Putih – Cukup letakan bawang putih yang sudah dipotong dan letakan di daerah kecoa biasanya muncul. Kecoa sangat tidak suka dengan bawang putih karena mengandung anti bakteri yang bisa membuat kecoa lari terbirit-birit.
  • Air Panas – Mungkin agak sedikit sadis namun cara ini sangat ampuh untuk membunuh kecoa terutama pada kawanan kecoa yang berkumpul. Siramlah air panas pada kecoa dan kecoa pun akan langsung mati dan tidak akan menganggu anda lagi.
  • Mentimun – Kecoa juga tidak suka dengan mentimun, anda bisa menaruh mentimun didekat makanan supaya tidak dilewati oleh kecoa.
  • Air Sabun – Anda bisa menyiramkan air yang sudah dicampur dengan sabun cuci atau deterjen dan dalam sekejap kecoa akan langsung mati.
  • Obat Pembasmi Serangga – Gunakanlah pembasmi serangga yang ramah lingkungan dan tidak membahayakan kesehatan anda.

Fakta Menarik Kecoa

  • Kecoa bisa terbang
  • Menjadi salah satu terjadinya global warming
  • Mati dalam posisi telentang
  • Dapat hidup walaupun tanpa kepala
  • Penyebab penyakit asma
  • Tahan terhadap radiasi
  • Sebagai pembawa bibit penyakit

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Daur Hidup Kecoa Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :