√ Daur Hidup Siput (Keong Emas) Terlengkap

Diposting pada

√ Daur Hidup Siput (Keong Emas) Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Daur Hidup Siput (Keong Emas).

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Daur Hidup Siput (Keong Emas)? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Daur Hidup Siput (Keong Emas) Terlengkap
√ Daur Hidup Siput (Keong Emas) Terlengkap

 


Daur Hidup Siput (Keong Emas)

Keong emas berasal dari Amerika Selatan (Argentina, Suriname, Brasilia dan Guatemala) dan salah satu negara yang mengimpor keong ini ialah Filipina diantara tahun 1982 sampai tahun 1984 melalui taiwan.

Keong mas memiliki telur yang berkelompok dengan warna cir khas merah jambu atau kita bisa melihatnya seperti buah murbei.

Keong mas selama hidupnya mampu menghasilkan telur sebanyak15 sampai 20 kelompok kelompok, dengan tiap kelompok telur berjumlah kurang lebih 500 butir, dengan persentase penetasan pada telur lebih dari 85%. Jumlah ini cukup untuk menghabiskan 1 petak sawah dalam satu malam loh.

 


Siklus Hidup Siput (Keong Emas)

 

Telur → Masa Inkubasi (7 – 14 hari) → Menetas → Dewasa Tubuh (15 – 25 hari) → masa pertumbuhan (49 – 59 hari) → dewasa kelamin → masa reproduksi (60 hari – 3 tahun).

 

Keong mas ini membutuhkan waktu setiap fase telur sekitar 1 sampai 2 minggu, pada pertumbuhan awal membutuhkan waktu 2 sampai 4 minggu lalu keong mas siap kawin kembali pada umur 2 bulan.

Keong mas dewasa berwarna kuning kemasan. Dalam satu kali siklus hidupnya memerlukan waktu antara 2 – 2,5 bulan. Keong mas dapat mencapai umur kurang lebih 3 tahun. Waktu yang cukup lama untuk sejenis hama tanaman padi.

Baca Juga :  √ Struktur Sosial : Pengertian, Ciri, Fungsi, Unsur, Bentuk dan Contoh Terlengkap

Keong mas biasanya mudah juga ditemukan pada tempat seperti di kolam, rawa, sawah irigasi, saluran air dan areal yang selalu tergenang air yang tenang.

Jika musim kemarau keong mas akan mengubur diri dalam tanah yang lembab selama itu juga keong mas akan berpuasa dan akan menyusut. Keong mas akan aktif kembali jika tanah sudah tergenang air.

 


Faktor Siklus Hidup Siput atau Keong Mas

  • Ketersediaan makanan
  • Suhu lingkungan perairan
  • Masa inkubasi keong (bergantung pada jenisnya)

 


Karakteristik Siput atau Keong Emas

  • Bisa bertahan hidup pada lingkungan yang ekstrim sekaligus seperti air yang terpolusi atau kurang kandungan oksigen.
  • Memakan beragam tumbuhan seperti ganggang, azola, rumput bebek, eceng gondok, bibit padi dan tumbuhan berdaun sukulen lainnya.
  • Keong mas makan dengan cara memakan permukaan tanaman dengan lidahnya yang kasar juga memakan bahan organik yang sedang berdekomposisi.
  • Keong mas selama hidupnya mampu menghasilkan telur sebanyak 15 sampai 20 kelompok kelompok, dengan tiap kelompok telur berjumlah kurang lebih 500 butir, dengan persentase penetasan pada telur lebih dari 85%.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Daur Hidup Siput (Keong Emas) Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :