√ 10 Pengertian Ekstrakurikuler Menurut Para Ahli dan Prinsip Terlengkap

Diposting pada

√ 10 Pengertian Ekstrakurikuler Menurut Para Ahli dan Prinsip Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Realitas Sosial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Ekstrakurikuler? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 10 Pengertian Ekstrakurikuler Menurut Para Ahli dan Prinsip Terlengkap
√ 10 Pengertian Ekstrakurikuler Menurut Para Ahli dan Prinsip Terlengkap

 


Pengertian Ekstrakurikuler Menurut Para Ahli

 

1. Usman dan Setyowati

Ekstrakurikuler ialah semua kegiatan yang dilakukan di luar jam pelajaran baik dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah dengan maksud untuk lebih memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan yang telah di miliki siswa dari berbagai bidang studi.

 

2. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 39 Tahun 2008 tentang Pembinaan Kesiswaan

Ekstrakurikuler yaitu salah satu jalur pembinaan kesiswaan. Kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti dan dilaksanakan oleh siswa baik di sekolah maupun di luar sekolah, bertujuan agar siswa dapat memperkaya dan memperluas diri.

 

3. Suryosubroto

Ekstrakurikuler merupakan segala kegiatan belajar yang dilakukan di luar jam pelajaran tatap muka, dilaksanakan di sekolah atau di luar sekolah untuk memperluas wawasan atau kemampuan yang telah dipelajari dari berbagai mata pelajaran.

 

4. Lutan

Ekstrakurikuler yakni berbagai bagian internal dari proses belajar yang menekankan pada pemenuhan kebutuhan anak didik.

Antara kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler sesungguhnya tidak dapat dipisahkan, bahkan kegiatan ekstrakurikuler perpanjangan pelengkap atau penguat kegiatan intrakurikuler untuk menyalurkan bakat atau pendorong perkembangan potensi anak didik mencapai taraf maksimum.

Baca Juga :  √ Fermentasi : Pengertian, Fungsi, Manfaat, Ciri, Jenis, Reaksi Kimia dan Contoh Terlengkap

 

5. Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 060/U/1993 dan Nomor 080/U/1993

Ekstrakurikuler adalah beberapa kegiatan yang diselenggarakan di luar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program sesuai dengan keadaan dan kebutuhan sekolah, dan dirancang secara khusus agar sesuai dengan faktor minat dan bakat siswa.

 

6. M. Yudha

Ekstrakurikuler sebagai suatu program di luar jam pelajaran sekolah yang dikembangkan untuk memperlancar program kurikuler dengan kegiatan ini dapat berjalan lancar.

 

7. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Ekstrakurikuler ialah suatu kegiatan luar sekolah pemisah atau sebagian ruang lingkup pelajaran yang diberikan diperguruan tinggi atau pendidikan menengah tidak merupakan bagian integral dari mata pelajaran yang sudah ditetapkan dalam kurikulum.

 

8. Zuhairini

Ekstrakurikuler yaitu sebuah kegiatan diluar jam terjadwal (termasuk pada waktu libur) yang dilakukan diluar sekolah dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan anatara berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat serta melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya.

 

9. M. Daryanto

Ekstrakurikuler yakni berbagai kegiatan untuk dapat membantu memperlancar pengembangan individu murid sebagai manusia seutuhnya.

 

10. Diraktorat Pendidikan Menengah Kejuruan

Ekstrakurikuler merupakan segala kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran tatap muka, dilaksanakan di sekolah atau diluar sekolah agar lebih memperkaya dan memperluas wawasan pengetahuan dan kemampuan yang telah dipelajari dari berbagai mata pelajaran dalam kurikulum.

 


Prinsip – Prinsip Ekstrakulikuler

  • Semua siswa, guru dan personil administrasi sekolah hendaknya ikut serta dalam usaha meningkatkan program.
  • Kerjasama dalam team adalah fundamental.
  • Perbuatan untukpartisipasi hendaknya dibatasi.
  • Proses lebih penting dari pada hasil.
  • Program hendaknya memperhitungkan kebutuhan khusus sekolah.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 10 Pengertian Ekstrakurikuler Menurut Para Ahli dan Prinsip Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

Baca Juga :  √ Bela Negara : Pengertian, Unsur, Tujuan, Fungsi dan Contoh Terlengkap

 

Baca Juga Artikel :