√ 7 Pengertian Gangguan Jiwa Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 7 Pengertian Gangguan Jiwa Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Realitas Sosial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Gangguan Jiwa? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 7 Pengertian Gangguan Jiwa Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 7 Pengertian Gangguan Jiwa Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Gangguan Jiwa Menurut Para Ahli

 

1. Pedoman Penggolongan dan Diagnosis Gangguan Jiwa (PPDGJ II)

Gangguan jiwa yaitu suatu sindrom atau pola perilaku dan atau psikologi seorang individu yang secara klinik memiliki arti dan secara khas berkaitan dengan suatu distress atau gejala penderitaan dalam satu atau lebih fungsi yang penting dari seorang individu.

 

2. Ardani

Gangguan jiwa yakni sekumpulan keadaan yang tidak normal baik yang berhubungan dengan keadaan secara fisik ataupun secara mental.

Akan tetapi, ketidaknormalan tersebut bukan disebabkan oleh sakit atau rusaknya bagian anggota badan tertentu meskipun terkadang gejalanya dapat terlihat oleh keadaan fisik.

 

3. Nasir dan Muhith

Gangguan jiwa ialah segala fungsi mental yang meliputi emosi, pikiran, prilaku, perasaan, motivasi, kemauan, keinginan, daya tarik diri, dan persepsi sehingga mengganggu dalam proses hidup di masyarakat.

 

4. American Psychiatric Association

Gangguan jiwa merupakan sebuah pola psikologis atau perilaku yang penting secara klinis yang terjadi pada seseorang dan dikaitkan dengan adanya stres atau disabilitas (yaitu kerusakan pada satu atau lebih area yang penting) atau disertai peningkatan resiko kematian yang menyakitkan, nyeri, disabilitas atau kehilangan kebebasan yang sangat.

Baca Juga :  √ Nutrisi : Pengertian, Manfaat, Macam dan Jenis Terlengkap

 

5. Townsend

Gangguan jiwa adalah berbagai respon maladaptive terhadap stressor dari lingkungan dalam/luar ditunjukkan dengan pikiran, perasaan, dan tingkah laku yang tidak sesuai dengan norma lokal dan kultural dan mengganggu fungsi sosial, kerja, dan fisik individu.

 

6. Ancok

Gangguan jiwa sebagai semua rasa kesulitan yang harus dihadapi oleh seseorang karena hubungannya dengan orang lain, kesulitan karena persepsinya tentang kehidupan dan sikapnya terhadap dirinya sendiri-sendiri.

 

7. Sigmund Freud

Gangguan jiwa terjadi erjadi karena tidak dapat dimainkan tuntutan dorongan instinctive yang sifatnya seksual dengan tuntutan super ego (tuntutan normal sosial).

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 7 Pengertian Gangguan Jiwa Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :