√ Kelenjar Endokrin : Pengertian, Fungsi dan Jenis Terlengkap

Diposting pada

√ Kelenjar Endokrin : Pengertian, Fungsi dan Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kelenjar Endokrin.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kelenjar Endokrin? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Kelenjar Endokrin : Pengertian, Fungsi dan Jenis Terlengkap
√ Kelenjar Endokrin : Pengertian, Fungsi dan Jenis Terlengkap

 


Pengertian Kelenjar Endokrin

Hormon ini berasal dari bahasa Yunani “horman” yang artinya menggerakkan. Hormon merupakan senyawa kimia organik yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin dan mempunyai fungsi tertentu atau spesifik dalam mengontrol sistem pada tubuh manusia.

Kelenjar Endokrin tidak mempunyai saluran, jadi hormon yang dihasilkan diangkut melalui sistem peredaran darah ke sel-sel yang dituju yang dimaksudkan untuk melangsungkan proses yang diperlukan oleh tubuh.

Kelenjar endokrin merupakan salah satu kelenjar tanpa saluran atau kelenjar buntu yang berfungsi untuk menghasilkan hormon manusia.

 


Fungsi Kelenjar Endokrin

 

1. Penghasil Hormon

Kelenjar endokrin berperan dalam menghasilkan berbagai macam jenis hormon yang nantinya akan disalurkan ke darah apabila dibutuhkan oleh jaringan tubuh tertentu.

 

2. Mengontrol Berbagai Kegiatan

Kelenjar endoktrin berperan dalam mengontrol aktivitas dari kelenjar tubuh agar dapat berfungsi dengan normal dan maksimal.

 

3. Merangsang Berbagai Kegiatan

Kelenjar endoktrin juga berperan dalam merangsang aktivitas kelenjar tubuh untuk kemudian disampaikan ke sistem saraf dan menciptakan suatu efek dari rangsangan tersebut.

 

4. Pertumbuhan Jaringan

Kelenjar endoktrin juga mempengaruhi pertumbuhan jaringan pada manusia agar jaringan tersebut berfungsi maksimal.

Baca Juga :  √ Hukum Pascal : Pengertian, Manfaat, Penerapan, Bunyi, Rumus & Contoh Soalnya Lengkap

 

5. Mengatur Metabolisme

Kelenjar endoktrin juga berperan dalam mengatur metabolisme dalam tubuh, sistem oksidasi tubuh serta bertugas untuk meningkatkan absorpsi glukosa dalam tubuh dan pada usus halus.

 

6. Metabolisme Zat

Kelenjar endoktrin berperan dalam mempengaruhi fungsi metabolisme lemak, vitamin, metabolisme protein, mineral, air dan hidrat aranga dalam tubuh untuk agar optimal.

 


Jenis – Jenis Kelenjar Endokrin

 

1. Kelenjar Hipotalamus

Hipotalamus merupakan salah satu jenis kelenjar endokrin yang terletak di bawah otak besar aau celebrum yang mempunyai fungsi untuk mengatur pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Hipotalamus ini mengeluarkan releasing hormon yang mempunyai fungsi untuk merangsang kelenjar hipofisis yang berguna bagi tubuh manusia.

 

2. Kelenjar Tiroid Dan Paratiroid

Kelenjar Tiroid ini juga berbentuk seperti H dan terletak di leher atas trakea serta menghasilkan hormon tiroksin.

Sementara itu kelenjar paratiroid merupakan 4 kelenjar pada bagian belakang kelenjar tiroid dan termasuk kelenjar endokrin terkecil yang ada dalam tubuh manusia. Kelenjar ini mempunyai fungsi untuk menghasilkan parathyroid hormone ( PTH ).

 

3. Kelenjar Adrenal

Adapun kelenjar adrenal ini terletak pada bagian atas setiap ginjal. Setiap kelenjar tersebut tersusun atas dua bagian, yaitu korteks dan juga medula.

Fungsi korteks pada ginjal untuk menghasilkan hormon jenis kortikoid, sedangkan fungsi medula pada ginjal untuk menghasilkan hormon jenis adrenalin.

 

4. Kelenjar Pankreas

Adapun kelenjar pankreas ini terdapat dalam pulau – pulau hangerlandas. Kelenjar ini terdiri atas dua tipe, yaitu alpa dan juga beta.

Adapun fungsi dari kelenjar jenis ini adalah untuk menghasilkan atau memproduksi hormon glucagon dan juga hormon insulin. Tanpa adanya insulin, keseimbangan metabolisme menjadi terganggu.

Baca Juga :  √ Gerak Melingkar Beraturan (GMB) : Pengertian, Ciri, Rumus dan Besarannya Terlengkap

 

5. Kelenjar Kelamin ( Gonad )

Sesuai dengan namanya, kelenjar gonad yaitu sebuah kelenjar yang mempunyai fungsi untuk menghasilkan kelenjar hormon kelamin. Untuk wanita, gonad ini terletak pada bagian ovarium.

Sedangkan pada pria gonad ini terletak pada bagian testis. Jika terjadi gangguan pada bagian kelenjar ini, maka rangsangan yang ada menjadi ikut terganggu ya sobat.

 

6. Kelenjar Pineal

Kelenjar pineal terletak pada tengah – tengah otak dan menghasilkan hormon timosin yang berfungsi untuk mengatur ritme biologis, misalnya saja pada saat tidur.

Pada saat malam hari, konsentrasi melantonin akan tinggi sehingga membuat seseorang akan mengantuk sehingga tidur.

Sedangkan pada siang hari, konsentrasi melantonin ini akan rendah sehingga membuat seseorang menjadi terjaga.

Oleh karena itulah fungsi hormon ini sangatlah berperan penting bagi aktivitas manusia sehari – hari.

 

7. Kelenjar Timus

Kelenjar timus ialah suatu kelenjar yang terletak di bagian atas rongga dada. Kelenjar ini mempunyai fungsi untuk menghasilkan hormone timosi yang berfungsi untuk pematangan limfosit T.

Adapun limfosit T ini merupakan sejenis sel darah putih yang berperan dalam membantu menjaga sistem kekebalan tubuh (imunitas).

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Kelenjar Endokrin : Pengertian, Fungsi dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :