√ 7 Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 7 Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Kesenjangan Sosial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Kesenjangan Sosial? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 7 Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 7 Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli

 

1. Max Weber

Kesenjangan sosial yaitu salah satu tindakan sosial akan menilai ketimpangan sosial sebagai hasil dari perbedaan kepentingan masing-masing individu yang diekspresikan dalam sistem perilaku dan tindakan.

 

2. Soerjono Soekanto

Kesenjangan sosial yakni sebuah ketidaksesuaian antara unsur- unsur kebudayaan atau masyarakat, yang membahayakan kehidupan kelompok sosial.

 

3. Abad Badruzaman

Kesenjangan sosial ialah berbagai ketidakseimbangan sosial yang ada di masyarakat sehingga menjadikan suatu perbedaan yang sangat mecolok.

 

4. Emile Durkheim

Kesenjangan sosial sebagai teoritisi struktural fungsional yang cenderung melihat ketimpangan sosial sebagai pembedaan fungsi dalam struktur sosial yang tak terhindarkan.

 

5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Kesenjangan sosial merupakan beberapa ketidakseimbangan, perbedaan, jurang pemisah yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

 

6. Robert Chambers

Kesenjangan sosial adalah segala gejala yang timbul dalam masyarakat karena adanya perbedaan batas kemampuan finansial dan yang lainnya diantara masyarakat yang hidup di suatu wilayah tertentu.

 

7. Wikipedia

Kesenjangan sosial ekonomi ini berkaitan dengan kesenjangan pendapatan, kekayaan, serta jurang pemisah antara kaya dan miskin yang mengacu pada persebaran ukuran ekonomi diantara individu dalam kelompok, kelompok dalam populasi atau antarnegara.

Baca Juga :  √ 15 Pengertian Semantik Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Cara Mengatasi Kesenjangan Sosial Ekonomi

  • Memberikan kesempatan yang sama pada masyarakat untuk mendapatkan pendidikan yang layak baik itu si kaya ataupun si miskin.
  • Menciptakan lapangan pekerjaan sebanyak mungkin.
  • Melakukan pemerataan pembangunan di semua daerah.

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 7 Pengertian Kesenjangan Sosial Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :