√ 11 Pengertian Laba (Profit) Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 11 Pengertian Laba (Profit) Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Laba (Profit).

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Laba (Profit)? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 11 Pengertian Laba (Profit) Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 11 Pengertian Laba (Profit) Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Laba (Profit) Menurut Para Ahli

 

1. Mahmud M. Hanafi

Laba merupakan suatu ukuran keseluruhan prestasi dari sebuah perusahaan, yang didefinisikan Laba = Penjualan-Biaya.

 

2. M. Nafarin

Laba (income) yaitu suatu perbedaan antara pendapatan dengan keseimbangan biaya-biaya dan pengeluaran untuk sebuah periode tertentu.

 

3. Soemarso

Laba ialah selisih lebih dari pendapatan atas beban sehubungan dengan suatu kegiatan usaha. Apabila beban lebih besar dari pendapatan, maka selisihnya disebut sebagai rugi.

 

4. Themin

Laba yaitu suatu kenaikan dari sebuah manfaat ekonomi selama suatu periode akuntansi (misalnya pada kenaikan aset atau penurunan kewajiban) yang akan menghasilkan peningkatan ekuitas, selain yang dapat menyangkut transaksi dengan pemegang saham.

 

5. Harahap

Laba yakni sebuah perbedaan antara realisasi penghasilan yang berasal dari suatu transaksi perusahaan pada periode tertentu dikurangi dengan biaya yang akan dikeluarkan untuk mendapatkan penghasilan itu.

 

6. Baridwan

Laba yaitu beberapa kenaikan modal (aktiva bersih) yang berasal dari semua transaksi atau suatu kejadian lain yang dapat mempengaruhi badan usaha pada suatu periode kecuali yang timbul dari sebuah pendapatan (revenue) atau investasi oleh pemilik.

 

7. Hansen dan Mowen

Baca Juga :  √ Software : Pengertian, Jenis, Fungsi dan Contoh Terlengkap

Laba ialah salah satu laba operasi dikurangi pajak, biaya bunga, biaya riset, dan juga pengembangan.

Laba bersih dapat disajikan dalam suatu laporan rugi-laba dengan menyandingkan antara pendapatan dengan biaya.

 

8. Horngren

Laba yaitu kelebihan dari total pendapatan dibandingkan total bebannya. Laba disebut juga sebagai pendapatan bersih atau net earnings.

 

9. Darsono dan Ari Purwanti

Laba yakni suatu prestasi seluruh karyawan dalam suatu perusahaan yang dapat dinyatakan dalam bentuk uang yaitu selisih antara pendapatan dikurangi beban.

 

10. Kuswadi

Perhitungan laba yang diperoleh dari sebuah pendapatan dikurangi semua biaya.

 

11. Abdul Halim dan Bambang Supomo

Laba ialah sebuah pusat pertanggungjawaban yang masukan dan keluarannya dapat diukur dengan menghitung selisi antara pendapatan dan biaya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 11 Pengertian Laba (Profit) Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :