Pengertian Manajemen Laba Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com – Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Manajemen Laba. Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Manajemen Laba? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

Pengertian Manajemen Laba Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Laba Menurut Para Ahli

1. Assih dan Gudono

Menajemen laba ialah sebuah proses yang dilakukan dengan sengaja dalam batasan General Addopted Accounting Principles ( GAAP ) untuk mengarah pada tingkatan laba yang dilaporkan.

2. Healy dan Wallen

Manajemen laba ini terjadi ketika manajer menggunakan judgement dalam laporan keuangan dan penyusunan transaksi untuk mengubah laporan keuangan, sehingga menyesatkan stakeholders tentang kinerja ekonomi perusahaan atau untuk mempengaruhi hasil yang berhubungan dengan kontrak yang tergantung pada angka akuntansi.

3. Ashari dkk

Manajemen laba merupakan salah satu area yang controversial dan penting dalam akuntansi keuangan.

4. Setiawati dan Na’im

Manajemen laba yakni sebuah campur tangan dalam proses pelaporan keuangan eksternal dengan memiliki tujuan untuk menguntungkan diri sendiri.

Baca Juga : Manajemen Laba

5. Fischer dan Rozenzwig

Manajemen laba yaitu beberapa tindakan manajer yang menaikkan ( menurunkan ) laba yang dilaporkan dari unit yang menjadi tanggung jawabnya yang tidak mempunyai hubungan dengan kenaikan atau penurunan profitabilitas perusahaan dalam jangka panjang.

6. Schipper

Manajemen laba adalah berbagai intervensi dengan tujuan tertentu dalam proses pelaporan keuangan eksternal untuk memperoleh beberapa keuntungan privat ( sebagai lawan untuk memudahkan operasi yang netral dari proses tersebut ).

7. General Accepted Accouting Principle (GAAP)

Manajemen laba ini mencakup berbagai usaha manajemen untuk memaksimumkan atau meminimumkan laba termasuk perataan laba, sesuai dengan keinginan manajer.

Baca Juga : Pengertian Manajemen Strategi Menurut Para Ahli

8. Widyaningdyah

Manajemen laba yakin

  • Dalam arti sempit, Manajemen laba (Earning management) berkaitan dengan pemilihan metode akuntansi. Manajemen laba adalah perilaku manager untuk bermain dengan komponen discretionary accruals dalam penentuan laba.
  • Dalam arti luas, Earning management adalah tindakan manajer untu meningkatkan/mengurangi laba yang dilaporkan saat ini atas unit yang menjadi tanggung jawab manaher tanpa mengakibatkan peningkatan/penurunan profitabilitas ekonomis jangka panjang unit tersebut.

9. Copeland

Manajemen laba dapat mencakup usaha manajemen untuk memaksimumkan atau meminimumkan laba termasuk perataan laba sesuai dengan keinginan manajer.

10. Muetia

Manajemen laba (Earning management) sebagai usaha pihak manajer yang disengja untuk memanipulasi laporan keuangan dalam batasan yang dibolehkan oleh prinsip akuntansi dengan tujuan memberikan informasi yang menyesatkan para pengguna laporan keuangan untuk kepentingan pihak manajer.

Baca Juga : Pengertian Sistem Informasi Manajemen Menurut Para Ahli

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai Pengertian Manajemen Laba Menurut Para Ahli Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.