√ 10 Pengertian Manajemen Laba Menurut Para Ahli Terlengkap

√ 10 Pengertian Manajemen Laba Menurut Para Ahli Terlengkap

√ 10 Pengertian Manajemen Laba Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Realitas Sosial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Manajemen Laba? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 10 Pengertian Manajemen Laba Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 10 Pengertian Manajemen Laba Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Manajemen Laba Menurut Para Ahli

 

1. Assih dan Gudono

Menajemen laba ialah sebuah proses yang dilakukan dengan sengaja dalam batasan General Addopted Accounting Principles ( GAAP ) untuk mengarah pada tingkatan laba yang dilaporkan.

 

2. Healy dan Wallen

Manajemen laba ini terjadi ketika manajer menggunakan judgement dalam laporan keuangan dan penyusunan transaksi untuk mengubah laporan keuangan, sehingga menyesatkan stakeholders tentang kinerja ekonomi perusahaan atau untuk mempengaruhi hasil yang berhubungan dengan kontrak yang tergantung pada angka akuntansi.

 

3. Ashari dkk

Manajemen laba merupakan salah satu area yang controversial dan penting dalam akuntansi keuangan.

 

4. Setiawati dan Na’im

Manajemen laba yakni sebuah campur tangan dalam proses pelaporan keuangan eksternal dengan memiliki tujuan untuk menguntungkan diri sendiri.

 

5. Fischer dan Rozenzwig

Manajemen laba yaitu beberapa tindakan manajer yang menaikkan ( menurunkan ) laba yang dilaporkan dari unit yang menjadi tanggung jawabnya yang tidak mempunyai hubungan dengan kenaikan atau penurunan profitabilitas perusahaan dalam jangka panjang.

 

6. Schipper

Manajemen laba adalah berbagai intervensi dengan tujuan tertentu dalam proses pelaporan keuangan eksternal untuk memperoleh beberapa keuntungan privat ( sebagai lawan untuk memudahkan operasi yang netral dari proses tersebut ).

Baca Juga :  √ Manajemen Laba : Pengertian, Tujuan, Faktor, Pola dan Teknik Terlengkap

 

7. General Accepted Accouting Principle (GAAP)

Manajemen laba ini mencakup berbagai usaha manajemen untuk memaksimumkan atau meminimumkan laba termasuk perataan laba, sesuai dengan keinginan manajer.

 

8. Widyaningdyah

Manajemen laba yakin

  • Dalam arti sempit, Manajemen laba (Earning management) berkaitan dengan pemilihan metode akuntansi. Manajemen laba adalah perilaku manager untuk bermain dengan komponen discretionary accruals dalam penentuan laba.
  • Dalam arti luas, Earning management adalah tindakan manajer untu meningkatkan/mengurangi laba yang dilaporkan saat ini atas unit yang menjadi tanggung jawab manaher tanpa mengakibatkan peningkatan/penurunan profitabilitas ekonomis jangka panjang unit tersebut.

 

9. Copeland

Manajemen laba dapat mencakup usaha manajemen untuk memaksimumkan atau meminimumkan laba termasuk perataan laba sesuai dengan keinginan manajer.

 

10. Muetia

Manajemen laba (Earning management) sebagai usaha pihak manajer yang disengja untuk memanipulasi laporan keuangan dalam batasan yang dibolehkan oleh prinsip akuntansi dengan tujuan memberikan informasi yang menyesatkan para pengguna laporan keuangan untuk kepentingan pihak manajer.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 10 Pengertian Manajemen Laba Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :

Send this to a friend