√ 10 Pengertian Mantra Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 10 Pengertian Mantra Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Realitas Sosial.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Mantra? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 10 Pengertian Mantra Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 10 Pengertian Mantra Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Mantra Menurut Para Ahli

 

1. Wikipedia

Mantra merupakan sebuah bunyi, suku kata, kata, atau sekumpulan kata-kata yang dianggap mampu “menciptakan perubahan” (misalnya perubahan spiritual).

 

2. JS Badudu

Mantra yaitu berbagai kata-kata yang mengandung kalimat dan kekuatan gaib atau magis dan hanya diucapkan oleh orang-orang tertentu saja seperti dukun atau pawang.

 

3. Zakaria

Mantra yakni semua ucapan-ucapan dukun atau pawang yang mengandung magis bahasa.

Mantra berisi tantangan dan terhadap suatu kekuatan gaib, tetapi dapat juga berisi bujukan kepada kekuatan gaib agar tidak merusak manusia atau alam.

 

4. Ade

Mantra ialah beberapa bacaan atau doa-doa yang dapat memberikan semacam tenaga atau kekuatan yang laur biasa dan diluar jangkauan manusia.

 

5. Rizal

Mantra adalah segala puisi tua, keberadaannya dalam masyarakat melayu padamulanya bukan sebagai karya sastra, melainkan lebih banyak berkatan dengan adat dan kepercayaan.

 

6. Depdiknas

Mantra sebagai suatu perkataan atau ucapan yang memiliki kekuatan gaib, misalnya dapat menyembuhkan, mendatangkan celaka, dan sebagainya.

 

7. Sastrowardoyo

Mantra merupakan salah satu bentuk sastra lisan yang berkembang sangat subur di Riau.

 

8. Hasan

Mantra yaitu suatu hasil kesusastraan lama berupa puisi yang tidak tentu jumlah barisnya dan digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti untuk menyembuhkan penyakit atau membut orang sakit, untuk menaklukkan binatang buas dan lain sebagainya.

Baca Juga :  √ Prosa : Pengertian, Ciri, Jenis dan Perbedaan Terlengkap

 

9. Laelasari dan Nurlaila

Mantra yakni berbagai perkataan atau ucapan yang dapat mendatangkan daya gaib (misalnya dapat menyembuhkan, mendatangkan celaka, dan sebagainya).

 

10. Gazalba

Mantra ialah sekelompok bentuk sastra lisan yang ada dan berkembang di indonesia.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 10 Pengertian Mantra Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :