√ Mouse : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenis Terlengkap

Diposting pada

√ Mouse : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenis Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Mouse.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Mouse? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Mouse : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenis Terlengkap
√ Mouse : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenis Terlengkap

 


Pengertian Mouse

Mouse merupakan sebuah hardware komputer yang menerima input-an berupa gerakan, tekanan tombol (click), dan penggulungan (scroll) yang dapat digunakan untuk memilih teks, ikon, file, dan folder.

 


Sejarah Mouse

Mouse pertama kali ditemukan oleh Douglas Engelbart. Ia memperkenalkan mouse di tahun 1963 hal itu merupakan awal mula mouse dikenal oleh publik.

Kemudian Douglas Engelbart di tahun 1970 mengenalkann mouse yang dapat mengetahui keberadaan X-Y di monitor yang disebut sebagai X-Y position indicator.

Selanjutnya Xerox berhasil melakukan perbaikan mouse komputer yang lebih sempurnya dari penemuan Douglas Engelbart ini, dan secara komersial dipakai oleh apple dan microsoft.

Mouse mengalami perkembangan yang bisa dilihat dari bentuk fisiknya, mouse dulu menggunakan teknologi sensor mekanik atau mechanical mouse dan saat ini sudah menggunakan model optical mouse.

 


Fungsi Mouse

 

1. Menggerakkan Pointer ke Objek Tertentu

Untuk yang ini tak perlu dijelaskan panjang lebar karena kalian pasti sudah paham.

Mouse memang berperan sebagai pengontrol pointer yang ada di monitor. Sehingga kita bisa mengendalikannya mau digerakkan kemana sesuai kebutuhan.

 

Baca Juga :  Pengertian Akuisisi

2. Memilih Objek Tertentu

Setelah digerakkan ke suatu objek, maka kita bisa mengeksekusinya baik dengan klik kanan atau kiri tergantung kebutuhan.

Misal saja ketika akan membuka folder, maka kita bisa mengkliknya 2x dengan cepat. Atau jika ingin memunculkan pilihan lain, bisa dengan klik kanan.

 

3. Menjalankan Aplikasi

Di dalam sebuah komputer tentu ada banyak software yang terpasang. Dan untuk membukanya kita bisa menggunakan mouse.

Cukup dengan mengklik 2x pada ikon aplikasi tersebut, maka ia akan langsung terbuka dengan sendirinya.

 

4. Scrolling ke Atas dan Bawah

Selain klik kanan dan kiri, pada mouse juga ada yang namanya roller. Bagian ini berfungsi untuk menggeser halaman baik dari atas ke bawah atau sebaliknya.

Penggunaan roller tentu lebih efektif daripada harus menggeser sisi halaman secara manual.

 

5. Drag and Drop File

Mungkin tak banyak yang menggunakan fitur ini atau bahkan belum mengetahuinya. Ketika kalian ingin mengcopy atau memindah file, kebanyakan lebih suka menggunakan shortcut keyboard.

Padahal kita bisa langsung melakukan eksekusi menggunakan mouse. Tinggal seleksi filenya, kemudian klik dan tahan lalu seret ingin dipindahkan kemana.

 

6. Melihat Detail File

Untuk yang satu ini mungkin terlihat sepele tapi cukup bermanfaat. Cobalah untuk meletakkan pointer ke sebuah file.

Tunggu beberapa saat, pasti akan muncul informasi detail dari file tersebut. Ini akan lebih simple daripada harus membuka properties untuk mendapatkan informasi tersebut.

 

7. Zoom In dan Zoom Out

Pada beberapa bagian, kita bisa menggunakan roller untuk memperbesar atau mengecilkan tampilan di monitor.

Biasanya hal ini dikombinasikan dengan tombol CTRL agar roller bisa berfungsi untuk kebutuhan zoom.

Baca Juga :  √ Evaluasi : Pengertian, Tujuan, Jenis dan Fungsi Terlengkap

 


Jenis – Jenis Mouse

 

1. Jenis Mouse Berdasarkan Metode Pendeteksian Mouse

  • Mechanical Mouse yaitu salah satu jenis ini mempunyai bola dibagian bawah yang dapat bergerak kesegala arah. Pada saat bola tersebut bergerak, maka sensor pada mouse akan mendeteksi arah gerakan dan menerjemahkan ke monitor dengan gerakan yang sama. Mouse tipe ini masih sangat popular dijumpai sampai tahun 2008. Namun, untuk saat ini sudah sudah sangat jarang dijumpai.
  • Optomechanical Mouse ialah secara prinsipnya mouse ini sama dengan jenis sebelumnya. Hanya saja yang membedakan, selain terdapat bola diadalamnya juga terdapat sinar yang mempresentasikan posisi koordinat pointer.
  • Optical Mouse yakni sebuah jenis optical ini tidak menggunakan system mekanik sama sekali. Sebagai gantinya, pada tipe ini menggunakan sinar laser untuk mendeteksi pergerakannya. Dengan demikian kamu bisa menggunakan optical mouse tanpa mouse pad.

 

2. Jenis Mouse Berdasarkan Koneksi Mouse ke Komputer atau Laptop

  • Bus Mouse yakni sejenis mouse yang terkoneksi pada PC melalui bus, yang digunakan pada awal digunakannya komputer IBM. Mouse ini terkoneksi ke PC melalui perangkat bus yang terintegrasi pada ISA add-in card.
  • Serial Mouse ialah seperti namanya, mouse ini disambungkan melalui serial port, yaitu sebuah media komunikasi digital dimana informasinya dikirimkan secara bit per bit. Port yang umum digunakan adalah port tipe D dengan 9 pin (DB9M) yang terdapat pada bagian belakang motherboard. Mouse tipe ini pun sekarang ini sudah sangat jarang beredar.
  • PS/2 Mouse yaitu pada PS/2 mouse, digunakan konektor berupa 6-pin mini-din. Mouse ini booming mulai tahun 1987. Umumnya port yang diperuntukkan bagi mouse ini mempunyai warna hijau. Jenis ini juga sudah sangat jarang dijumpai di pasaran. Namun jika Anda membeli sebuah PC, Anda tidak perlu terkejut karena mungkin di sana masih ada yang menyertakan port untuk mouse tipe ini.
  • USB Mouse merupakan sama seperti mouse sebelumnya, mouse hanya berbeda di port-nya. Mouse ini menggunakan USB sebagai jembatan pengiriman sinyal dari mouse ke monitor. Mouse dengan USB ini pertama kali diproduksi pada tahun 1990-an. Kini jika Anda membeli mouse di took-toko komputer dan aksesorisnya, Anda akan mendapati banyak sekali mouse yang menggunakan USB karena lebih praktis.
  • Wireless Mouse adalah suatu tipe yang terakhir adalah wireless mouse. Tahun-tahun belakangan ini semua aksesoris digital tak terkecuali mouse tengah mengarah ke tren wireless. Mouse ini tidak memerlukan kabel untuk mentransmisikan sinyal pergerakan, melainkan melalui pesan wireless yang diterim receiver device pada chip. Keunggulan mouse ini adalah memberikan kesan rapi pada perangkat komputer kita. Keterserakan kabel bisa kita minimalisir.
Baca Juga :  √ Past Future Continuous Tense : Pengertian, Fungsi dan Rumus Terlengkap

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Mouse : Pengertian, Sejarah, Fungsi dan Jenis Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :