√ 14 Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 14 Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Pendidikan Karakter.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Pendidikan Karakter? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 14 Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 14 Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli

1. Thomas Lickona

Pendidikan karakter merupakan salah satu tindakan yang disengaja untuk membantu seseorang supaya ia mampu memahami, memperhatikan dan untuk melakukan etika – etika yang lebih inti.

 

2. Kertajaya

Pendidikan karakter yaitu sebuah ciri khas yang dimiliki oleh suatu individu atau benda tertentu.

Ciri khas tersebut merupakan sifat asli dan mengakar pada kepribadian benda atau individu tersebut dan merupakan sebuah mesin yang mendorong bagaimana orang tersebut bertindak, berucap, bersikap dan bagaimana orang tersebut dalam merespon sesuatu.

 

3. Kamus Psikologi

Pendidikan karakter ialah suatu kepribadian yang ditinjau dari titik tolak etis atau moral, misalnya berkaitan dengan kejujuran seseorang dan sifat – sifat yang relatif tetap.

 

4. Suyanto

Pendidikan karakter merupakan semua cara berpikir dan berperilaku seseorang menjadi ciri khas pada setiap individu, untuk hidup dan bekerjasama baik dalam ruang lingkup keluarga, masyarakat, bangsa atau pun negara.

 

5. Wikipedia

Pendidikan karakter adalah segala bentuk kegiatan manusia di mana ada suatu tindakan yang dimaksudkan untuk mendidik generasi berikutnya.

 

6. T. Ramli

Pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak.

Tujuannya adalah untuk membentuk membentuk pribadi anak supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat dan warga negara yang baik.

Baca Juga :  √ Lembaga Pendidikan : Pengertian, Tujuan, Dan Macam Beserta Fungsinya Lengkap

 

7. Elkind

Pendidikan karakter ialah beberapa hal yang dilakukan guru, yang mampu mempengaruhi karakter peserta didik. Guru membantu membentuk watak peserta didik.

Hal ini mencakup keteladanan bagaimana perilaku guru, cara guru berbicara atau menyampaikan materi, bagaimana guru bertoleransi, dan berbagai hal terkait lainnya.

 

8. John W. Santrock

Pendidikan karakter merupakan berbagai pendekatan langsung untuk pendidikan moral dengan memberi pelajaran kepada peserta didik tentang pengetahuan moral dasar untuk mencegah mereka melakukan perilaku tidak bermoral atau membahayakan bagi diri sendiri maupun orang lain.

 

9. Rencana Aksi Nasional Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter yakni semua pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak yang bertujuan mengembangkan kemampuan seluruh warga sekolah untuk memberikan keputusan baik-buruk, keteladanan, memelihara apa yang baik dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati.

 

10. Saptono

Pendidikan karakter yaitu berbagai upaya yang dilakukan dengan sengaja untuk mengembangkan karakter yang baik (good character) berlandaskan kebijakan-kebijakan ini (core virtues) yang secara objektif baik bagi individu maupun masyarakat.

 

11. Adisusilo

Pendidikan karakter adalah suatu proses pembelajaran di sekolah yang bertujuan untuk mengembangkan watak atau tabiat siswa dengan cara melatih menghayati nilai-nilai dan keyakinan masyarakat sebagai kekuatan moral dalam kehidupan siswa.

 

12. Kusuma

Pendidikan Karakter sebagai pembelajaran yang mengarah pada penguatan dan pengembangan prilaku anak secara utuh yang didasarkan pada suatu nilai tertentu yang dirujuk oleh sekolah kepada lingkungannya.

 

13. Gunawan

Pendidikan Karakter ialah salah satu pendidikan untuk membentuk kepribadian seseorang melalui pendidikan budi pekerti, yang hasilnya terlihat dalam tindakan nyata seseorang, yaitu: tingkah laku yang baik, jujur, bertanggung jawab, menghormati hak orang lain, kerja keras dan sebagainya.

Baca Juga :  √ Aspek Geografi : Pengertian, Macam & Penjelasannya Lengkap

 

14. Zubaedi

Pendidikan karakter yakni beberapa upaya penanaman kecerdasan dalam berfikir, penghayatan dalam bentuk sikap, dan pengamalan dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang menjadi jati dirinya, diwujudkan dalam interaksi dengan Tuhannya, diri sendiri, masyarakat dan lingkungannya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 14 Pengertian Pendidikan Karakter Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :