Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Presipitasi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Presipitasi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ 12 Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli Terlengkap


Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli

1. Sosrodarsono

Presipitasi ialah salah satu nama umum dari uap yang mengkondensasi dan jatuh ke tanah dalam rangkaian proses siklus hidrologi.

Pada umumnya, jumlahnya selalu dinyatakan dengan dalamnya presipitasi (mm).

Jika uap air yang jatuh berbentuk disebut hujan (rainfall) dan jika berbentuk padat disebut salju (snow).


2. Sigit Ari Wibowo

Presipitasi yakni suatu peristiwa jatuhnya air dari atmosfer menuju ke permukaan bumi. Bentuk zat cair yang turun dapat berupa embun, salju, kabut, dan hujan.


3. Triatmodjo

Presipitasi adalah berbagai turunan air dari atmosfer ke permukaan bumi yang dapat terdiri dari embun, salju, hujan es dan hujan.

Presipitasi untuk daerah tropis, hujan memberikan peran atau fungsi yang besar. Hal itu tampak dimana seringkali hujanlah yang dianggap presipitasi.


4. Endang Tituk dkk

Presipitasi yaitu segala peristiwa terjadinya proses pengendapan antigen terlalut oleh antibodi.

Hal itu, maka presipitasi pada akhirnya antigen terlalut tersebut tidak bergerak dan semakin mudah untuk ditangkap oleh sel fagosit.


5. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Presipitasi merupakan

  • Proses pengendapan, baik dari dalam larutan maupun dari udara permukaan ke permukaan bumi;
  • Berbagai kandungan kelembapan udara yang berbentuk cairan atau bahan padat, seperti hujan, embun salju; buatan Met hujan yang berasal dari berbagai jenis awan yang dipilih sebagai hasil usaha manusia.

6. Dalam Siklus Hidrologi

Presipitasi sebagai turunnya air dari atmosfer bumi menuju permukaan bumi dalam bentuk yang berbeda-beda.


7. Dalam Kimia

Presipitasi yaitu beberapa proses mengendapnya kandungan zat larutan yang disebabkan adanya reaksi kimia.

Selain itu, ternyata dalam kimia presipitasi daat dipercepat dengan cara mengurangi kadar zat pelarutnya atau dengan menambahkan agen presipitasi seperti TCA. Hal tersebut merupakan salah satu yang dimanfaatkan dalam pengolahan limbah cair.


8. Dalam Biologi

Presipitasi yakni semua proses yang pengendapan terjadi ketika suatu zat terpisah dari larutannya.

Misalnya presipitasi antibodi yang mana antibodi mengendapkan molekul antigen dengan bentuk gumpalan yang tidak larut. Olehnya itu, antigen-antigen dicerna dan ditelan oleh sel-sel fagosit.


9. Wikipedia

Presipitasi ialah setiap hasil dari kondensasi uap air yang terjadi di atmosfer. Pada saat uap air di atmosfer mengalami jenuh lalu air terkondensasi, maka keluarlah dari larutan tersebut atau terpresipitasi.


10. Chay Asdak

Presipitasi merupakan peristiwa jatuhnya air atau curahan air dari atmosfer menuju permukaan bumi atau laut dengan wujud yang berbeda-beda, yang berupa curah hujan di wilayah dengan iklim tropis serta curah hujan atau salju di wilayah dengan iklim sedang.


11. Wibowo dkk.

Presipitasi adalah sebuah fenomena turunnya air yang berasal dari atmosfer menuju permukaan bumi dalam bentuk yang beragam, seperti air hujan, es, salju, embun hingga hujan es atau kabut.


12. Ersin Seyhan

Presipitasi sebagai jeluk (ke dalam) cairan yang terakumulasi di atas muka bumi jika seandainya tidak terjadi kehilangan.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 12 Pengertian Presipitasi Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel :