Retikulum Endoplasma

Diposting pada

SeputarIlmu.Com Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Retikulum Endoplasma.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Retikulum Endoplasma? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

√ Retikulum Endoplasma : Pengertian, Fungsi dan Jenis Terlengkap


Pengertian Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma merupakan salah satu organel dalam bentuk kumpulan kantung, seperti membran tubular, kandung kemih, dan kantung pipih, yang merambat dalam sitoplasma sel eukariotik.

RE juga ialah sebuah bagian dari sel yang terdiri dari sistem membran. Lubang atau saluran berfungsi untuk membantu pergerakan zat dari satu bagian sel ke sel lainnya.

RE itu sendiri terdiri dari ruang kosong yang ditutupi dengan membran setebal 4 nm (nanometer, 10-9 meter).


Fungsi Rerikulum Endoplasma

  • Mendukung sintesis protein dan juga untuk menyalurkan bahan genetika yang berada di antara inti sel dengan sitoplasma.
  • Berfungsi sebagai alat transportasi zat zat yang terdapat di dalam sel tersebut.
  • Memiliki fungsi untuk menjadi kalsium yang nantinya akan dikeluarkan dari Retikulum Endoplasma untuk kemudian menuju ke sitosol.
  • Memodifikasi protein yang disintesis oleh riboson untuk nantinya disalurkan ke kompleks golgi dan akhirnya akan dikeluarkan dari sel.
  • Mensintesis lemak serta juga kolesterol yang terjadi di hati, fungsi ini hanya dapat diberikan oleh Retikulum Endoplasma halus dan
  • Retikulum Endoplasma kasar.
  • Menetralkan suatu racun atau proses detoksifikasi pada Retikulum
  • Endoplasma dimana terletak di sel sel hati.
  • Berfungsi untuk menjadi sarana transportasi molekul molekul dan juga bagian sel yang satu ke bagian sel yang lainnya.

Jenis-Jenis Retikulum Endoplasma

1. Retikulum Endoplasma Kasar

Ialah salah satu jenis Retikulum Endoplasma yang memiliki tekstur kasar sebab di permukaan Retikulum Endoplasma kasar ini juga terdapat bintik bintik yang merupakan ribosom.

Dan memiliki peran di dalam sintesis protein maka dari itu fungsi utama dari Retikulum Endoplasma kasar ini adalah sebagai tempat untuk melakukan proses sintesis protein.


2. Retikulum Endoplasma Halus

Yakni kebalikan dari Retikulum Endoplasma kasar karena Retikulum Endoplasma halus ini memiliki permukaan yang halus dan tidak terdapat bintik bintik ribosom.

Yang berfungsi untuk membantu beberapa proses metabolisme yaitu sintesis lipid, metabolisme karbohidrat dan juga konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat obatan dan juga menjadi tempat melekatnya reseptor pada protein membrane sel.


3. Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik

Yaitu sebuah jenis khusus dari Retikulum Endoplasma halus yang bisa ditemukan pada otot licin dan otot lurik, yang mebedakannya dari Retikulum Endoplasma halus adalah adanya kandungan protein yang pada Retikulum Endoplasma halus mensitesis molekul.

Sedangkan pada Retikulum Endoplasma sarkoplasmik digunakan untuk menyimpan dan juga memompa ion kalsium, Retikulum Endoplasma sarkoplasmik ini memiliki peran untuk memicu kontraksi otot.


Struktur Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma merupakan jaringan membran luas cisternae (struktur seperti kantung) yang tertahan oleh sitoskeleton. Membran fosfolipid yang membungkus ruang, lumen dari sitosol, serta kontinu dengan ruang perinuklear.

Permukaan Retikulum Endoplasma Kasar, terpasang dengan ribosom untuk produksi protein dan memberikan penampilan kasar. Oleh karenanya disebut sebagai retikulum endoplasma kasar.

Retikulum Endoplasma Halus, terdiri dari tubulus, yang terletak berada di dekat pinggiran sel. Jaringan ini meningkatkan luas permukaan untuk penyimpanan enzim penting dan produk-produk dari enzim ini.

Retikulum Endoplasma Kasar mensintesis protein, sedangkan retikulum endoplasma halus mensintesis lipid dan steroid. Hal ini juga memetabolisme karbohidrat dan mengatur konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat, dan tempat melekat reseptor pada protein membran sel.

Retikulum Endoplasma memiliki luas yang bervariasi mulai dari membentang membran sel melalui sitoplasma serta membentuk koneksi kontinu dengan amplop nukleus.


Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Retikulum Endoplasma : Pengertian, Fungsi, Struktur & Jenisnya Lengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.


Baca Juga Artikel Lainnya :