√ 9 Pengertian Sains Menurut Para Ahli Terlengkap

Diposting pada

√ 9 Pengertian Sains Menurut Para Ahli Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Sains.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Sains? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ 9 Pengertian Sains Menurut Para Ahli Terlengkap
√ 9 Pengertian Sains Menurut Para Ahli Terlengkap

 


Pengertian Sains Menurut Para Ahli

 

1. Hardy dan Fleer

Sains yaitu

  • Sains sebagai kumpulan pengetahuan
  • Sains sebagai suatu proses
  • Sains sebagai kumpulan nilai
  • Sains sebagai suatu cara untuk mengenal dunia

 

2. Doran R.et al.

Sains ialah segala sesuatu yang dilakukan seluruh murid mulai dari aktivitas, ataupun bukan yang sudah mereka lalukan.

 

3. Sund

Sains yakni

  • Scientific Attitudes (Sikap Ilmiah) yaitu misalnya sebuah keyakinan nilai, gagasan, objektif, jujur, menghargai pendapat orang lian, dan sebagainya.
  • Scientific Processes or Methods (Metode Ilmiah) yakni segala cara khusus dalam memecahkan problem misalnya seperti mengamati fakta, membuat hipotesis, merancang dan melaksanakan eksperimen, mengumpulkan, dan menyusun data, mengevaluasi data, menafsirkan, dan menyimpulkan data, serta membuat teori dan mengkomunikasikannya.
  • Scientific Products atau Produk Ilmiah ialah yang terdapat fakta, konsep, prinsip, hukum, teori tentang fenomena alam dan juga sebagainya.

 

4. Webster’s New Collegiate Dictionary

Sains merupakan semua pengetahuan yang dicapai melalui studi atau praktek atau pengetahuan yang memiliki kebenaran dari pengoperasian ilmu misalnya yang diperoleh dan diuji melalui metode ilmiah.

 

5. Einstein

Sains adalah berbagai bentuk upaya atau kegiatan yang memungkinkan dari berbagai variasi atau engalaman inderawi mampu membentuk sebuah sistem pemikiran atau pola pikir yang secara rasional seragam.

 

6. UU No. 2 Tahun 2003

Sains sebagai mata pelajaran yang sangat penting dan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan manusia, yang dalam Undang-Undang dijelaskan bahwa pembelajaran Sains (Ilmu Pengetahuan Alam) diberikan pada jenjang pendidikan yang terdapat di Indonesia (SD/MI,SMP/MTS, maupun SMK) baik negeri maupun swasta.

Baca Juga :  √ Kalimat Aktif : Pengertian, Ciri, Jenis dan Contoh Terlengkap

 

7. Wigner

Sains yaitu gudang atau penyimpanan pengetahuan tentang gejala-gejala alam yang mencakup pengetahuan tentang dunia alamiah yang diperoleh dari interaksi indra dengan dunia tersebut.

 

8. Romano Harre

Sains ialah sekumpulan teori-teori yang telah diuji kebenarannya, menjelaskan tentang pola pola dan keteraturan maupun ketidakteraturan dari gejala yang diamati dengan seksama.

 

9. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

Sains merupakan salah satu ilmu pengetahuan pada umumnya, pengetahuan sistematis tentang alam dan dunia fisik termasuk di dalamnya botani, fisika, kimia, geologi, zoologi, dan sebagainya serta pengetahuan sistematis yang diperoleh dari sesuatu observasi, penelitian, dan uji coba yang mengarah pada penentuan sifat dasar atau prinsip sesuatu yang sedang diselidiki, dipelajari dan sebagainya.

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ 9 Pengertian Sains Menurut Para Ahli Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :