√ Toleransi : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Ciri, Jenis dan Contoh Terlengkap

Diposting pada

√ Toleransi : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Ciri, Jenis dan Contoh Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Toleransi.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Toleransi? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Toleransi : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Ciri, Jenis dan Contoh Terlengkap
√ Toleransi : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Ciri, Jenis dan Contoh Terlengkap

 


Pengertian Toleransi

Istilah “toleransi” ini berasal dari bahasa Latin “Tolerare” yang artinya menahan diri, sabar, atau membiarkan sesuatu yang terjadi.

Toleransi merupakan salah satu sikap yang saling menghargai dan menghormati antar individu atau kelompok di dalam masyarakat meskipun terdapat perbedaan di dalamnya, baik itu perbedaan pendapat, pandangan, agama, ras, budaya, dan perbedaan lainnya.

 


Tujuan Toleransi

  • Meningkatkan Rasa Persaudaraan – Sikap ini ialah suatu sikap yang terdapat pada toleransi yang mampu membangkitkan kasih sayang dalam dirinya, sehingga timbul perasaan rasa persaudaraan kepada anak-anak bangsa dalam hidup bermasyarakat.
  • Meningkatkan Rasa Nasionalisme – Sebagai sikap yang berfifat positif dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari yang akan berdampak pada nasionalisme.
  • Meningkatkan Kekuatan Iman – Merupakan dalam sikap toleransi yang mampu menghormati antar agama lain dalam bentuk keyakinan seseorang sehingga seseorang akan terhubung dengan kepercayaan dan keyakinan iman yang kuat.
  • Memudahkan Mencapai Mufakat – Yaitu salah satu sikap yang sangat penting ketika akan mempertimbangkan untuk mencapai tujuan yang akan dicapai sehingga akan timbul rasa saling menghormati perbedaan satu sama lain.
  • Memudahkan Pembangunan Negara – Yakni sebuah sikap dengan masing-masing individu yang akan memudahkan proses pembangunan suatu negara dengan gagasan negara lebih kuat.
Baca Juga :  √ Primordialisme : Pengertian, Ciri, Dampak dan Jenis Terlengkap

 


Manfaat Toleransi

  • Menciptakan keharmonisan dalam hidup bermasyarakat
  • Adanya rasa kekeluargaan
  • Memunculkan rasa kasih sayang satu sama lainnya
  • Menciptakan suatu kedamaian, rasa tenang dan aman

 


Ciri – Ciri Sikap Toleransi

  • Dapat menghargai serta dapat menghormati orang lain walaupun berbeda agama dan keyakinan.
  • Akan lebih mudah menghargai pendapat atau usulan dari orang lain.
  • Dapat menjunjung tinggi serta tidak memandang suku, ras dan agama, untuk melakukan hal-hal yang baik.
  • Dapat memberikan kebebasan pada setiap orang untuk melakukan beribadah sesuai dengan keyakinan dan kepercayaan meskipun perbeda agama.

 


Jenis – Jenis Toleransi

 

1. Toleransi Agama

Hal yang paling utama yang dibutuhkan dan biasanya digunakan dalam toleransi yaitu dalam beragama. Agama ini menjadi segmen penting dalam setiap kehidupan masyarakat.

Dengan penuh keyakinan masyarakat melaksanakan agama, dengan terdapat perbedaan yang tidak diikuti pada toleransi ini dapat menimbulkan perpecahan dan peperangan dalam masyarakat.

 

2. Toleransi Budaya

Budaya merupakan salah satu bentuk toleransi yang sangat penting untuk dipahami oleh masyarakat, budaya yang tidak sama menyebabkan terdapat adat dan istiada yang berbeda pula.

Oleh sebab itu harus terdapat regulasi yang mengatur keanekaragaman yang ada.

Contoh aturan yang dapat disebut sebagai regulasi toleransi dalam budaya adalah seperti terdapatnya semboyan “Masyarakat Indonesia” yang berada di Pancasila “Bhenika Tunggal Ika”.

Tujuan dari semboyan itu adalah agar tercipta kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat.

 

3. Toleransi Politik

Toleransi politik merupakan salah satu bagian dari toleransi, perbedaan pilihan dalam kepemimpinan menjadi salah satu sumber masalah sosial.

Sumber ini disebabkan karena tidak adanya sikap saling menghargai pilihan masing-masing individu dalam masyarakat, seperti ketika pemilihan yang dilakiukan lembaga politik dalam pilihan Kepala Daerah atau bahkan dalam pilihan kepala desa.

Baca Juga :  Retikulum Endoplasma

 


Contoh Sikap Toleransi

  • Menghargai agama lain yang berbeda
  • Menghargai pendapat orang lain yang berbeda dari kita
  • Membiarkan orang menganut kepercayaannya
  • Tidak memaksakan atau mendiskriminasi orang lain yang berbeda pendapat atau pemikirannya.
  • Ketika ada orang salah dalam mengerjakan sesuatu tidak melakukan bullying atau mendeskriminasinya

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Toleransi : Pengertian, Tujuan, Manfaat, Ciri, Jenis dan Contoh Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :