√ Tulang Tengkorak : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Terlengkap

Diposting pada

√ Tulang Tengkorak : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Terlengkap Hallo para pencari ilmu, jumpa kembali dalam artikel di seputarilmu.com. Kali ini akan membahas mengenai Tulang Tengkorak.

Ada yang sudah mengenal atau pernah mendengar mengenai istilah Tulang Tengkorak? Simak penjelasan terlengkapnnya di bawah ini.

 

√ Tulang Tengkorak : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Terlengkap
√ Tulang Tengkorak : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Terlengkap

 


Pengertian Tulang Tengkorak

Tulang Tengkorak merupakan salah satu tulang pembentuk kepala yang sangat terpenting dalam melindungi otak.

Sebagian besar penyusunan tulang tengkorak yakni oleh tulang yang berbentuk pipih dimana tulang tersebut saling berhubungan dan membentuk tengkorak.

Tulang tengkorak tersusun atas tulang pipi, tulang rahang, tulang mata, tulang hidung, tulang dahi, tulang ubun-ubun, tulang pelipis, dan tulang baji.

 


Fungsi Tulang Tengkorak

  • Mempertahankan organ-organ vital manusia, dan menopang tegak tubuh manusia (tulang punggung)
  • Penggerak, ketika otot-otot yang melekat pada tulang tertarik atas perintah dari otak, maka tulang akan bergerak, yang menyebabkan pergerakan tubuh pada manusia.
  • Produsen sel darah. Tulang sumsum melakukan tugas penting,yakni memproduksi sel darah. Sel darah merah pembawa oksigen, dan sel darah putih untuk melindungi melindungitubuh dari infeksi.

 


Struktur dan Bagian Tulang Tengkorak

 

1. Tulang Dahi (Frontal)

Yaitu suatu tulang yang terletak pada bagian wajah depan kepala dan melebar ke sampinghingga ke bagian tengah telingadi atas tulang pelipis. Tulang dahi berfungsi melindungi organ dalam kepala melalui depan.

Baca Juga :  √ Tulang : Pengertian, Fungsi, Macam, Bentuk dan Struktur Terlengkap

Tulang dahi bisa diraba dan diperhatikan karenaterletak di bagian luar. Mempunyai ukuran dan bentuk beragam, sesuai dengan bentuk wajah seseorang.

 

2. Tulang Baji (Sphenoid)

Berukuran cukup kecil, tulang baji berada di antara tulang dahi dan pelipis. Bentuknya pipih dan cenderung cekung ke dalam.

Tulang ini berfungsi mengamankan otak bagian sudut, atau tepatnya di sisi samping bagian wajah, yang mana otak adalah organ vital yang mengoperasikan semua aktifitas tubuh manusia yang harus dilindungi dari berbagai sudut.

 

3. Tulang Pelipis (Temporal)

Tepat di samping dahi dan mata, persis di atas tulang pipi, berbentuk melengkung, di depan telinga. Ada dua tulang pelipis yang masing-masing berada di kedua sisi sampingkepala.

Fungsinya juga sama seperti tulang-tulang kepala lainnya, yaitu melindungi otak adalah tujuan utama. Perlu diketahui, secara spesifik tulang pelipis adalah tempat dimana melekatnya otot-otot pendukung kinerja otak.

 

4. Tulang Tapis (Ethmoid)

Terletak di depantulang baji dan diantaratulang mata, dan bentuknya pipih, kecil, berjumlah dua.

Fungsi tulang tapis yaitu membentuk dinding belakang lekuk mata, membantu proses penglihatan, danmenjaga kesehatan rongga nasal (tulang hidung).

 

5. Tulang Kepala Belakang (Osipital)

Mempunyai bentuk seperti cawan, tulang kepala belakang berfungsi sebagai tempurung, melengkung dan berongga.

Bertugas melindungi otak di kepala belakang, dan organ-organ dalam telinga. Sangat penting peranannya, karena juga berfungsi meminimalisir dampak ketika terjatuh, terjadi benturan, dantraumapada kepala.

 

6. Tulang Ubun – Ubun (Parietal)

Bertempat di bagian tengah atas kepala dan melebar hingga ke setengah kepala. Sama saja fungsinya seperti tulang-tulang tengkorak lain, yakni melindungi otak.

Tulang ubun-ubunmenjadi sangat rawanpada bayi yang baru lahir, karena sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya, karena mempunyai peran menjaga otak tengah (mid brain) dan otak belakang.

Baca Juga :  √ Kingdom Animalia : Pengertian, Ciri, Klasifikasi & Contohnya Lengkap

 

Demikianlah penjelasan terlengkap mengenai √ Tulang Tengkorak : Pengertian, Fungsi, Struktur dan Bagian Terlengkap. Semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi para pencari ilmu. Terima Kasih.

 

Baca Juga Artikel :